komputer restart sendiri

3 min read

komputer restart sendiri

Rasanya jengkel memang ketika lagi asyik kerja di depan komputer, tak ada angin atau hujan tiba-tiba komputer restart sendiri. Apalagi kalau aplikasi yang dipakai bukan tipe yang dilengkapi fitur autosave. Mau tak mau harus ikhlas ulang kerjaan lagi, padahal sudah susah payah. Meskipun Kamu termasuk orang yang suka nonton film horor, tolong tak usah mencoba menghubungkan fenomena ini dengan hal-hal mistis. Karena ini sama sekali bukan hal yang aneh sebenarnya di dunia komputer.

Sehingga kalau Kamu termasuk orang yang mengalami ini, dimana komputer tiba-tiba mati dan booting sendiri dari awal, tak perlu galau. Karena ada banyak hal yang bisa jadi penyebab gangguan itu dan Kamu cuma perlu simak artikel ini untuk dapat solusi ampuh mengatasinya.

Masalah Suhu CPU

komputer rstart sendiri
Masalah Suhu CPU

Ini adalah penyebabkomputer restart sendiri yang lumayan sering terjadi, yaitu suhu CPU terlalu panas. Sebenarnya justru bagus kalau komputer tiba-tiba mati, karena itu tanda kalau sistem komputer masih normal kerjanya.

Komputer memang sejak awal diatur otomatis restart ketika sudah terlalu panas, supaya komponen lainnya tak rusak. Biasanya kasus ini terjadi saat main game atau aplikasi yang lumayan berat dan durasinya juga lama. Sehingga kalau tidak ingin mengalami ini, segera istirahatkan ketika mulai panas.

Masalah lain yang juga bisa jadi biangnya adalah fan pendingin yang rusak. Sehingga akhirnya proses pendinginan terhambat dan komputer cepat panas meski dipakai untuk program yang ringan. Cara mengatasi dengan dibersihkan atau diganti dengan fan pendingin yang baru kalau memang sudah rusak.

Masalah Tegangan Listrik

komputer rstart sendiri
Masalah Tegangan Listrik

Ini juga termasuk penyebab komputer tiba-tiba restart, sayangnya justru sering terabaikan. Kalau tegangan yang diterima komputer kurang, sistem otomatis akan restart. Jelas ini bakal sering terjadi kalau tegangan listrik di tempatmu termasuk yang labil naik turun.

Akhirnya dengan kondisi yang seperti itu, akan sering komputer restart sendiri, dan bisa jadi masalah yang lebih fatal karena komponen lainnya ikut rusak. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa pakai UPS atau stabilizer, yang bisa membuat tegangan masuk ke komputer tetap stabil.

Masalah ini juga bisa muncul karena kipas power supply macet yang lalu membuatnya overheat. Bisa langsung Kamu cek dengan memegang bagian power supply. Kalau ternyata sangat panas meskipun kipas terdengar berputar, bisa jadi memang kipas rusak.

Masalah Bagian VGA

komputer rstart sendiri
Masalah Bagian VGA

Salah satu tanda yang bedakan penyebab VGA dengan lainnya adalah layar blue screen sebelum restart. Berlaku sama untuk Kamu yang pakai windows XP, windows 7 atau windows 10. Biasanya itu juga dipertegas dengan tulisan yang muncul ketika blue screen.

Masalah ini bisa terjadi karena VGA tidak berfungsi normal dan salah satunya kalau fan pendingin rusak. Karena ada beberapa seri VGA yang sepaket dengan fan. Kalau komputermu yang pakai VGA jenis ini, coba diperbaiki dari fan pendingin dulu, kalau tetap bermasalah berarti perlu ganti VGA.

Masalah Suhu Processor

komputer rstart sendiri
Masalah Suhu Processor

Penyebab komputer restart sendiri yang satu ini mirip masalah pertama. Karena sistem komputer juga diatur otomatis restart kalau prosesor sudah terlalu panas. Sehingga jelas satu-satunya cara mengatasi masalah ini adalah mencegah supaya prosesor tidak terlalu panas.

Sebelum memutuskan perbaikan, cek dulu kondisi prosesor untuk memastikan lewat langkah di bawah ini :

  • Masuk ke menu BIOS
  • Masuk ke menu Hardware Monitor
  • Pakai program monitoring temperatur

Kalau memang disitu terlihat panas prosesor tidak wajar, praktekkan solusi di bawah ini :

  • Cek kondisi fan pendingin, kalau sudah sangat kotor, dibersihkan. Kalau kondisinya sama setelah dibersihkan berarti fan perlu diganti.
  • Cek bagian pasta penyalur panas prosesor, kalau sudah tipis, kering apalagi menggumpal maka diganti baru. Sebaiknya pakai pasta yang kualitasnya bagus, supaya prosesor awet.

Kamu juga bisa mengatur penempatan komputer untuk solusi prosesor tak cepat panas. Usahakan di dalam ruangan yang dilengkapi AC atau jika tidak memungkinkan bisa pakai kipas angin. Hindarkan dari jendela atau lubang ventilasi yang membuat komputer bisa terkena sinar matahari secara langsung.

Masalah Hardisk Rusak

komputer rstart sendiri
Masalah Hardisk Rusak

Salah satu tanda komputer restart sendiri karena hardisk yang rusak adalah dari layar yang tampil blue screen. Mirip memang dengan masalah karena VGA, bedanya di keterangan tulisan dan kalau hardisk rusak dan tak terbaca biasanya tidak bisa lanjut booting saat masuk windows.

Solusi untuk masalah ini tidak harus selalu dengan mengganti hardisk. Harganya juga tidak murah, sehingga bisa dicoba dengan diperbaiki dulu. Khususnya juga bisa dicek bagian kabel data penghubungnya. Karena terkadang masalahnya cuma karena kabel datanya kendur atau rusak.

Biasanya hardisk rusak karena bad sector, yaitu rusak di bagian cakram kerasnya. Supaya masalah ini tak Kamu alami, usahakan rutin merawat hardisk. Ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk mengecek kondisi hardisk dan lakukan defrag secara rutin.

Masalah RAM Rusak

komputer rstart sendiri
Masalah RAM Rusak

Kalau komputer restart sendiri karena RAM rusak, juga muncul blue screen. Bahkan beberapa kasus kalau kondisinya sudah benar-benar parah, komputer tak menyala sama sekali. pada beberapa kasus lain komputer terus menerus restart dan tak mau masuk ke windows.

Kalau masalahnya RAM yang rusak, bisa Kamu coba bersihkan bagian pin-pinnya. Cara memperbaiki bisa dengan penghapus karet untuk pensil atau tisu dan minyak kayu putih. Kalau kesulitan untuk mencopot RAM atau tak bisa memasangnya lagi, lebih baik minta bantuan yang ahli.

Ini juga bisa terjadi meski RAM kondisinya masih bagus, tapi dipaksa untuk menangani terlalu banyak program. Kalau solusi masalah ini, bisa Kamu pertimbangkan untuk tambah kapasitas RAM. Tentunya sebelum itu Kamu cek dulu apakah bisa didukung komponen lainnya.

Masalah Driver Software

Masalah Driver Software
Masalah Driver Software

Misal kamu pakai windows 7 tapi kemudian memakai aplikasi yang spesifikasinya dengan windows 10, itu juga bisa jadi penyebab komputer restart sendiri. Karena software aplikasi tidak cocok dengan OS yang dipakai, sehingga akhirnya berdampak ke komputer tiba-tiba restart.

Solusi kalau Kamu termasuk yang mengalami ini jelas dengan mencari ganti software yang cocok spesifikasinya. Sebelum Kamu install, bisa dicari tahu dulu spesifikasi komputer dan sistem operasi yang dibutuhkan.

Dampak ini juga bisa muncul kalau Kamu pakai driver yang tidak kompatibel. Sehingga membuat hardware dan sistem operasi terganggu koneksinya. Masalah ini juga ditandai layar blue screen mirip masalah VGA dan Hardisk. Tapi untuk pastinya bisa Kamu cek di Devices Manager.

Berikut cara cek kondisi driver di Devices Manager :

  • Kamu buka direktori file
  • Klik kanan pada My Computer
  • Pilih Device Manager
  • Lihat di daftar, ada yang bertanda peringatan kuning atau tidak
  • Jika ada berarti memang driver yang dipasang tidak cocok. Cara mengatasi dengan mengganti driver yang cocok.

Sehingga kalau Kamu mengalami masalah komputer restart sendiri, tak perlu panik. Coba analisa dengan sabar untuk tahu masalah intinya dan lakukan solusi yang tepat seperti yang sudah diuraikan di atas.

 

 

Cara Remote PC dari Android

Sabi
3 min read

Cara Mengunci Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *