4 Cara Print Bolak Balik Praktis dan Terlengkap

3 min read

Bisa dibilang jika kamu concern dengan cara print bolak-balik, maka kamu akan ikut berjasa menyelamatkan hutan. Ya, dengan print bolak-balik, artinya kamu bisa menghemat kertas sekaligus meminimalisir penebangan kayu di luar sana.

Apalagi sekarang sudah digalakkan bahwa segala hal harus berbasis online, jadi penggunaan kertas sepantasnya bisa dikurangi.

Cara print bolak-balik dapat kamu lakukan untuk mencetak dokumen dalam bentuk Word, Excel hingga PDF bolak-balik asalkan memiliki printer yang cocok. Jika tidak, kamu juga bisa cetak dokumen bolak-balik secara manual meskipun agak ribet dan membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Untuk lebih jelasnya tentang cara mencetak dokumen bolak-balik, maka bisa langsung saja menyimak ulasan lengkap di bawah ini ya.

Cara Print Bolak-balik

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mencetak dokumen PDF, Excel dan Word bolak-balik, yaitu cara otomatis dan cara manual.

Kamu bisa mencetak dokumen bolak-balik hanya jika printer yang kamu gunakan memiliki fitur tersebut. Fitur tersebut bisa kamu lihat ketika kamu mengecek setting alias pengaturan printer, tepatnya di opsi “Print on Both Sides”

Tidak bisa kita pungkiri, bahwa printer yang mendukung fitur printing bolak-balik alias duplex printing lebih mahal daripada printer biasa. Nah, jika kamu tidak punya printer tersebut, maka harus melakukan cara manual.

Jadi kamu harus bolak-balik kertas di printer secara manual dan menekan tombol “Print” atau “CTRL+P” setiap kali akan mencetak tentunya.

Apa Printer-mu Mendukung Fitur Duplex Printing ?

Banyak orang tentunya bertanya-tanya apakah printer yang mereka miliki memiliki fitur duplex printing, yang memungkinkan untuk cetak dokumen bolak-balik. Sebenarnya mudah sekali untuk mengecek apakah ada fitur tersebut atau tidak. Beberapa cara cek yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Cek melalui buku manual yang disertakan ketika membeli printer baru. Cek spesifikasinya apakah bisa mendukung fitur duplex printing atau tidak.

  • Kamu juga bisa mengecek ketersediaan fitur duplex printing melalui internet, kamu cukup memasukkan seri printermu dan kata kunci yang sesuai di kolom pencarian internet.

  • Terakhir, kamu bisa mengetahui ada tidaknya fitur duplex printing langsung ketika kamu ingin mencetak dokumen. Caranya cukup klik “Print/CTRL+P”, dan di jendela printing tepatnya di setting kamu bisa melihat apakah ada opsi “Print on Both Sides”. Jika ada, maka printermu memang mendukung fitur cetak bolak-balik secara otomatis tersebut.

Cara Print Bolak-balik dengan Cara Otomatis

Beruntung jika kamu telah memiliki perangkat yang mendukung duplex printing atau cetak bolak-balik otomatis. Prosedur mudah pengoperasiannya bisa langsung disimak berikut ini.

  • Pertama buka file dokumen yang ingin kamu cetak

Pertama buka file dokumen yang ingin kamu cetak

  • Klik tombol “Office Button” yang berada di pojok kiri atas lalu pilih opsi “Print”. Kamu juga bisa langsung mengetikkan perintah di keyboard dengan memencet tombol “CTRL+P”
  • Selanjutnya kamu akan dibawa ke jendela printing, di sini apabila printer mendukung duplex printing maka akan muncul opsi “Print on Both Sides” di “Setting”
  • Selanjutnya atur halaman sesuai yang kamu inginkan, jika sudah tinggal klik “Print”
  • Selesai, dokumen berhasil dicetak secara otomatis dengan format bolak-balik

Cara Print Bolak-balik dengan Cara Manual

Jika memang bujetmu belum mencukupi untuk mengakses perangkat penyedia fitur duplex printing, kamu tetap bisa lakukan cetak dokumen bolak-balik secara manual seperti berikut ini.

  • Buka dokumen yang ingin kamu cetak.

  • Klik “Office Button” lalu “Print” atau bisa juga dengan memencet keyboard “CTRL+P”.

  • Klik tanda panah arah bawah pada “Print One Sided” lalu pilih opsi “Manually Print on Both Sided”, dimana kamu bisa membolak-balik kertas secara manual.

  • Selanjutnya begitu satu sisi telah dicetak, akan ada perintah untuk membalik kertas ke sisi yang belum tercetak.
  • Lakukan ini hingga semua pages dokumen tercetak semuanya.

Cara Cetak Bolak-balik di PDF

Mencetak dokumen PDF bolak-balik secara otomatis berbeda dengan dokumen Word. Cara cetak PDF ini bisa kamu lakukan hanya jika printer sudah mendukung duplex printing tentunya. Caranya ialah sebagai berikut, pertama buka dokumen PDF tersebut. Selanjutnya klik “File” lalu “Print” atau bisa “CTRL+P”.

Selanjutnya di halaman print kamu bisa mulai pilih “Booklet” pada kolom “Page Size & Handling”. Kemudian ubah Booklet subset dari “One Side” ke “Both Side” lalu tekan “Print”. Sangat simpel dan mudah untuk kamu praktikkan sendiri tentunya. Selamat mencobanya ya.

Cara Print Halaman Ganjil Genap secara Terpisah

Cara ini ampuh diterapkan khususnya bagi mahasiswa yang mengerjakan skripsi maupun paper. Biasanya skripsi maupun paper ada nomer halamannya, jadi apabila kamu ingin mencetaknya bolak-balik secara praktis maka bisa menggunakan cara ini.

  • Buka dokumen yang ingin kamu cetak
  • Masuk ke halaman print dengan klik “CTRL+P”
  • Selanjutnya pilih “Only Print Odd Pages” di bawah “Settings” kemudian klik “Print”
  • Jika semua halaman ganjil sudah dicetak, masukkan kertas kembali ke printer lalu klik “Only Print Even Pages” lalu klik “Print”

Printer yang Dapat Digunakan untuk Print Bolak-balik

1. Epson L605

Printer ini mendukung duplex printing secara otomatis dan memiliki kecepatan cetak hingga 13.7 ipm atau 14 lembar per menit. Printer ini juga bisa tersambung otomatis nirkabel melalui jaringan Wi-Fi dan Ethernet. Epson L605 dibanderol sekitar 4,2 juta rupiah.

2. Epson L655

cara print bolak balik Epson L655

Berikutnya ada printer Epson seri L655 yang mendukung print bolak-balik secara otomatis. Epson L655 juga memiliki kecepatan cetak yang luar biasa, yaitu mencapai 13.7 ipm atau 14 lembar per menit.

Printer ini juga sudah dilengkapi dengan Fax dan ADF Capabilty serta sambungan Wi-Fi dan Ethernet. Epson L655 ini dibanderol sekitar 5,5 juta rupiah.

3. Canon LBP6230dncara print bolak balik Canon LBP6230dn

Berikutnya ada printer keluaran Canon yang juga mendukung duplex printing otomatis, yaitu seri LBP6230dn. Printer ini memiliki kecepatan cetak hingga 25 ppm untuk kertas jenis A4.

Cetak bulanan yang dianjurkan dengan Canon LBP6230dn ini adalah 500 hingga 1.500 halaman/kertas. Printer ini dibanderol cukup terjangkau, yaitu sekitar 2.4 juta rupiah.

4. Canon LBP6780x

cara print bolak balik Canon LBP6780x

Printer dengan kemampuan duplex printing selanjutnya adalah Canon LBP6780x. Yang hebat dari printer ini ialah terkait dengan kecepatannya 40 ppm kala digunakan print dokumen hitam putih, plus dilengkapi dengan Gigabit Ethernet.

Kamu bisa mencetak 1.500 hingga 5.000 halaman menggunakan printer ini. Jika kamu tertarik, maka perlu diketahui bahwa Canon LBP6780x ini dibanderol sekitar 11.3 juta rupiah.

Kesimpulan

Untuk cara print bolak-balik pada ragam jenis dokumen seperti di atas kamu punya opsi secara otomatis ataupun manual. Apabila kamu ingin mencetak dokumen secara otomatis, maka printer harus sudah mendukung duplex printing.

Beberapa printer terbaik yang telah mendukung duplex printing seperti yang kami rekomendasikan di atas misalnya adalah Canon LBP6780x, Epson L655 dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *