3 Cara Cleaning Printer Lengkap Terjamin Efektif

3 min read

cara mengatasi printer bergaris

Cara cleaning printer segala merk yang kami jelaskan di bawah ini bisa kalian lakukan utamanya bila head printer dirasa tengah bermasalah. Kalian pasti pernah mencetak dokumen/foto dan hasilnya buram, banyak bercaknya maupun hasil dari printer tersebut bergaris.

Itu sebagai tanda bahwa head printer bermasalah dan harus segera dilakukan tindakan pembersihan agar berfungsi normal kembali.

Ada dua tindakan yang bisa kalian lakukan untuk membuat daya tahan head printer tetap prima. Pertama adalah tindakan pencegahan dengan merawatnya sebaik mungkin, dan kedua adalah tindakan penyembuhan apabila head printer terlanjur bermasalah.

Di bawah ini kami membahas beberapa cara membersihkan printer merk HP, Canon dan Epson secara baik dan benar.

Cara Cleaning Printer

Head printer merupakan suatu komponen yang memiliki peran sangat vital. Head printer berfungsi untuk mengeluarkan tinta saat proses pencetakan dokumen maupun foto tengah berlangsung.

Jadi baik tidaknya hasil dokumen/foto yang dicetak tergantung pada keadaan head printer yang kalian gunakan. Kesimpulannya, apabila head printer bermasalah, maka hasil cetakan juga tidak akan maksimal.

Head printer bisa dibilang nyawanya printer, jadi apabila head printer eror maka printer tersebut bisa dibilang hampir kehilangan fungsinya. Peran vital dari head printer bisa dilihat dari harganya yang hampir menyamai harga printer utuh.

Oleh karena itu, penting untuk diketahui bahwa merawat head printer dengan benar adalah sebuah kewajiban agar printer awet dan bisa bekerja secara optimal.

Nah, agar printer tetap awet meskipun sudah digunakan dalam waktu yang lama, kalian harus tahu cara perawatan yang benar.

  • Pertama yakni jangan pernah mencetak dokumen/foto yang banyak dalam waktu bersamaan, kalian harus memberi jeda agar head printer tidak panas.

Cara Cleaning Printer

  • Kedua, kalian harus rutin membersihkan head printer dengan cairan khusus agar laju tinta tetap lancar.

Pertama yakni jangan pernah mencetak dokumen/foto yang banyak dalam waktu bersamaan, kalian harus memberi jeda agar head printer tidak panas.

  • Selanjutnya yang ketiga, jangan asal dalam menggunakan tinta karena kualitas tinta yang baik juga akan lebih mudah diterima head printer.

Selanjutnya yang ketiga, jangan asal dalam menggunakan tinta karena kualitas tinta yang baik juga akan lebih mudah diterima head printer.

  • Terakhir, jangan pernah gonta-ganti merek tinta karena akan berpengaruh terhadap awet tidaknya head printer.
  • Sebagai tips tambahan, cara lain agar head printer bisa kembali berfungsi secara normal yaitu dengan cleaning maupun deep cleaning. Dua cara ini bisa dilakukan langsung melalui komputer/laptop yang tersambung dengan printer. Untuk cara-cara cleaning yang detail nan spesifik akan kami jelaskan pada sub berikutnya.

Baca juga: Cara Print Bolak Balik

Cara Cleaning Printer Epson

Cara Cleaning Printer Epson
Cara Cleaning Printer Epson

Cleaning printer atau head cleaning printer merupakan usaha pembersihan sisa tinta yang mengendap di bawah cartridge. Begitu sisa tinta tuntas dibersihkan, tinta akan keluar dengan lancar kembali dan hasil cetak akan memuaskan. Prosedur pembersihan head printer di bawah ini dikhususkan spesifik untuk seri Epson L360 dan Epson L120.

  • Pertama sambungkan printer Epson dengan komputer/laptop (printer harus berada dalam keadaan hidup)

Cara Cleaning Printer Epson

  • Klik menu “Start” lalu pilih “Device & Printers” (untuk Windows Vitas ke atas) atau klik “Start” lalu “Control Panel” lalu pilih “Printers & Fax” (khusus Windows XP)
  • Selanjutnya kalian akan dibawa ke jendela yang memuat beberapa perangkat dan printer yang pernah terhubung dengan komputer/laptop tersebut. Kalian bisa memilih printer Epson mana yang akan dibersihkan
  • Selanjutnya klik printer tersebut kemudian pilih “Printer Preferences” untuk membuka jendela setting printer Epson
  • Selanjutnya pilih tab “Maintenance”
  • Selanjutnya klik “Head Cleaning” lalu pilih “Cleaning”
  • Klik opsi “Start” untuk memulai proses pembersihan head printer
  • Tunggu hingga proses permbersihan selesai dan kalian tidak boleh menggunakan printer sama sekali selama proses tersebut
  • Setelah proses pembersihan printer selesai, kalian bisa pilih “Nozzle Check” untuk mengetes hasil cetakan setelah dibersihkan
  • Selesai, setelah head printer dibersihkan, cetakan akan kembali normal

Bila proses cleaning di atas tidak berpengaruh sama sekali terhadap hasil cetakan, kalian bisa memilih opsi “Power Cleaning” atau “Deep Cleaning”. Caranya hampir sama dengan di atas, yaitu pada opsi “Head Cleaning” kalian harus memilih “Power Cleaning”. Setelah “Power Cleaning” dilakukan, kalian harus mengistirahatkan printer setidaknya selama 24 jam terlebih dulu sebelum digunakan kembali.

Cara Cleaning Printer HP

Perhatikan opsi pembersihan head printer di bawah ini khusus untuk kalian pengguna printer seri HP 2135.

  • Awal mula sambungkan printer HP dengan komputer/laptop

Cara Cleaning Printer HP

  • Buka dan jalankan aplikasi HP Deskjet, apabila belum punya kalian bisa mengunduhnya dari Google
  • Pada menu upper bar HP Deskjet, kalian bisa pilih “Print” lalu “Maintain Your Printer”
  • Begitu muncul jendela, kalian bisa pilih opsi “Device Service” kemudian klik “Clean Ink Cartridge” untuk memulai proses pembersihan head printer
  • Selanjutnya sistem akan memulai proses pembersihan head printer. Tunggu hingga proses pembersihan selesai dan jangan sentuh printer untuk alasan apapun
  • Begitu proses pembersihan selesai, akan muncul pop up window, di sana kalian bisa memilih “Print” untuk mengecek berhasil tidaknya head cleaning. Apabila cleaning sudah dibersihkan sebanyak 3 kali dan tidak ada hasilnya, maka kalian bisa pilih opsi “Second Level Clean”
  • Selesai, jika head printer tidak ada masalah seharusnya hasil cetakan sudah sempurna seperti sedia kala.

Cara Cleaning Printer Canon

Canon merupakan merk printer populer dan banyak orang menggunakannya terutama jenis atau seri Canon IP2770. Lakukan prosedur pembersihan head printer di bawah ini jika hasil cetak printer kalian mengalami gangguan.

  • Pertama kali sambungkan printer Canon dengan komputer terlebih dahulu
  • Apabila sudah, kalian bisa klik “Start Menu” lalu “Device & Printers”
  • Selanjutnya pilih printer yang ingin kalian bersihkan
  • Klik kanan pada nama printer tersebut dan pilih opsi “Printer Properties” untuk membuka jendela pengaturan printer Canon
  • Selanjutnya pilih “Maintenance” lalu pilih “Cleaning” (sebagai catatan, opsi ini bisa kalian pilih apabila kalian baru pertama kali melakukan head cleaning.
  • Pilih cartridge/head printer mana yang ingin kalian bersihkan (tinta hitam/tinta warna) lalu pilih “Execute”
  • Selanjutnya cartridge akan dibersihkan dan tunggu hingga proses selesai. Jangan gunakan printer pada saat pembersihan ini agar tidak mengganggu prosesnya
  • Begitu proses pembersihan selesai, kalian bisa pilih “Nozzle Check” untuk mengecek hasil cetakan setalah head printer dibersihkan
  • Apabila sudah dilakukan head cleaning namun tidak ada efeknya, kalian bisa melakukan “Deep Cleaning”. Caranya pada tab “Maintenance” kalian pilih “Deep Cleaning” dan tunggu hingga 24 jam untuk melakukan “Nozzle Check”

Kesimpulan

Cara cleaning printer HP, Canon dan Epson sangat mudah dan bisa kalian lakukan secara mandiri. Intinya ada dua cara head cleaning yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan sisa tinta pada cartridge/head printer, yaitu cleaning dan power/deep cleaning. Power/deep cleaning bisa kalian lakukan kalau cara cleaning saja tidak ampuh untuk memperbaiki hasil cetakan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *