Cara Mengunci Komputer

3 min read

cara mengunci komputer

Ketika seseorang mulai menyimpan file-file yang berharga, biasanya terpikir untuk mencari cara mengunci komputer. Supaya orang lain tak bisa masuk melihat ataupun mengambilnya. Karena tak dipungkiri meskipun tak punya niat jahat, kadang ada orang yang ‘kurang sopan’ ketika meminjam.

Untuk sebagian orang, meskipun file di komputer mereka bukan data-data strategis, merasa tetap butuh area privasi. Mereka tak ingin siapapun nantinya bisa tahu apa saja yang disimpan. Bahkan dengan kakak atau adik kandung sendiri, ingin tetap ada batasan.

Kalau Kamu salah satu yang seperti itu, tak usah bingung karena disini akan dibahas sampai tuntas bagaimana cara mengunci komputer. Kamu juga bakal dapat tips-tips berharga supaya file di komputer benar-benar aman dari tangan yang jahil.

Cara Membuat Password di Komputer

cara mengunci komputer
Cara Membuat Password di Komputer

Supaya komputer kamu bisa terkunci dan tidak sembarang orang bisa masuk, bisa membuat password sehingga orang yang tidak tahu terhenti hanya sampai tampilan login awal. Tenang saja karena caranya sangat gampang di poin bawah ini :

  • Masuk ke menu Control Panel

Entah Kamu pakai windows 7, windows 8 ataupun windows 10, caranya sama. Klik tombol start, lalu tuliskan saja “control panel” di kolom pencarian. Lalu dobel klik.

  • Setelah itu bakal muncul beberapa menu, Kamu bisa pilih User Account and Family Safety
  • Klik tulisan “Create a password for your account” untuk Kamu membuat password baru

Kalau Kamu pakai beberapa akun di komputer, maka bisa Kamu klik dulu akun mana yang ingin di password. Umumnya yang dilindungi adalah akun utama (akun yang punya akses penuh ke komputer) dan yang dibiarkan tanpa password adalah akun guest (untuk tamu).

  • Kalau sudah di klik, akan muncul kolom untuk membuat password.

Kamu bisa isi dengan password yang sudah disiapkan. Usahakan jangan password yang berhubungan dengan identitas Kamu supaya tak mudah ditebak. Ulangi ketik password di kolom kedua sama persis.

  • Kolom terakhir yang perlu diisi untuk membuatpassword adalah kolom hint.

Apa yang Kamu tulis di kolom ini akan tampil setiap kali tombol hint diklik. Posisinya ada di bawah kolom password setiap kali akan login masuk. Karenanya bisa dipakai untuk petunjuk misalkan Kamu lupa dengan passwordnya. Tapi usahakan hanya berbentuk clue saja.

Kalau sudah selesai Kamu bisa klik tombol “Create Password” dan tahap pertama cara mengunci komputer selesai disini. Setelahnya jangan sembarangan memberi tahu password yang sudah Kamu buat, supaya komputer bisa benar-benar aman.

Baca juga: Tentang komputer restrart sendiri dan solusinya

Cara Mengunci Layar Komputer

cara mengunci layar komputer
Cara Mengunci Layar Komputer

Meskipun Kamu sudah membuat password tapi tidak tahu cara mengunci layar hal itu juga kurang aman. Karena komputer tetap terbuka sampai sleep otomatis dan tentu saja siapapun akhirnya bisa mengakses isinya.

Karenanya penting juga untuk Kamu tahu bagaimana cara mengunci layar komputer, khususnya untuk mengunci ketika komputer ingin ditinggalkan sebentar. Sehingga nantinya posisi komputer langsung tertutup atau kembali ke tampilan login.

Ada beberapa alternatif cara mengunci layar komputer yang bisa Kamu pakai di bawah ini :

  • Cara mengunci komputerdengan keyboard

Untuk Kamu yang pakai windows versi Vista dan atasnya bisa pakai cara cepat mengunci layar. Yaitu dengan tekan tombol windows dan L bersama-sama. Komputer akan langsung ganti ke tampilan awal login sehingga orang yang ingin memakai harus mengisi password dulu.

  • Cara cepat mengunci komputer dengan keyboard

Selain cara pertama itu, Kamu juga bisa pakai kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete. Setelahnya akan muncul pilihan dan Kamu bisa pilih Lock. Komputer bakal langsung terkunci layarnya.

  • Cara mengunci lewat tombol Start

Kamu yang pakai windows 10 cuma perlu klik tombol start, klik foto akun di kiri bawah, lalu pilih lock dan komputer langsung terkunci. Sedangkan Kamu yang pakai windows 8, setelah klik start, klik akun di kanan atas (sebelah tombol shut down) dan pilih Lock.

  • Cara mengunci komputer pakai Shortcut

Memang cara ini lumayan rumit di awal tapi nantinya justru praktis, sehingga Kamu cuma perlu klik shortcut setiap kali ingin kunci layar. Di bawah ini caranya :

  • Buat shortcut di desktop depan dengan klik kanan, pilih shortcut
  • Kamu tuliskan C:\Windows\System32\rundll32.exe user32.dll,LockWorkStation di kolom yang tersedia, lalu klik Next
  • Ketik nama shortcut, misalnya “Kunci Layar” di kolom, lalu klik Finish
  • Shortcut “Kunci Layar” yang Kamu buat akan muncul di layar depan. Sehingga kalau ingin mengunci komputer tinggal praktekkan cara cepat .

Pelajari juga: cara membuat aplikasi komputer

Cara Mengganti Password

cara mengunci komputer
Cara Mengganti Password

Meskipun komputer sudah terkunci dengan cara di atas, tapi penting juga Kamu tahu bagaimana cara mengganti password. Selain untuk antisipasi pembobolan, cara ini juga bisa Kamu pakai misalkan ada orang yang sudah terlanjur tahu password yang Kamu buat.

Tidak usah khawatir karena cara ini berlaku untuk Kamu yang pakai windows 7, windows 8 ataupun windows 10. Di bawah ini langkah-langkahnya :

  • Masuk ke menu Control Panel, lalu masuk ke menu User Account and Family Safety (seperti ketika cara membuat password)
  • Bedanya dengan langkah cara mengunci komputer, disini Kamu pilih “Change Your Password”
  • Setelahnya akan tampil tiga kolom. Pertama untuk password kamu yang lama, kedua dan ketiga untuk password Kamu yang baru.
  • Kamu juga bisa isi kolom hint untuk petunjuk, misalkan Kamu lupa password yang baru.

Ini lumayan penting, karena biasanya orang lupa dengan password baru dan terbiasa password lama.

Kalau Kamu merasa isi komputer benar-benar strategis dan ingin benar-benar aman, password bisa Kamu ganti secara rutin. Supaya tetap bisa ingat, jangan lupa isi kolom hint untuk petunjuk. Tentu saja cuma isi dengan clue, jangan passwordnya.

Cara Mengunci Folder di Komputer

Cara Mengunci Folder di Komputer
Cara Mengunci Folder di Komputer

Poin satu ini juga diulas supaya komputer Kamu bisa benar-benar aman. Terutama kalau komputer dipakai bersama-sama, tapi masing-masing ingin supaya file yang disimpan tidak bisa dibuka orang lain. Bisa pakai cara ini untuk mengunci folder-folder tertentu saja.

Sebenarnya cara mengunci folder di komputerbisa pakai aplikasi khusus. Tapi disini cuma dijelaskan cara mengunci tanpa aplikasi apapun. Tapi sayangnya ini cuma bisa dipraktekkan Kamu yang pakai windows 10 Pro. Di bawah ini caranya :

  • Pilih folder di komputer yang ingin dikunci, klik kanan, pilih properties.
  • Lalu pilih tombol Advanced
  • Setelahnya Kamu checklist pilihan Encrypt Content to secure Data, lalu klik OK.
  • Setelahnya klik Apply, Kamu bisa pilih apakah ingin mengunci semua folder di direktori itu atau cuma satu folder itu saja. Kalau sudah pilih, bisa klik OK.

Belajar juga: Tentang troubleshooting komputer

Sekarang komputer Kamu sudah benar-benar aman dengan cara mengunci komputerperlindungan berlapis. Tapi tentu saja jangan sampai lupa password yang Kamu pakai, karena nanti bisa repot kalau Kamu lupa, susah untuk membobol komputer. Selamat mencoba ya!

 

 

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *