Cara Mempercepat Kinerja Komputer

3 min read

cara mempercepat kinerja komputer

Seperti yang tertera di bagian judul, artikel ini akan menguak tentang trik-trik cara mempercepat kinerja komputer yang sudah terbukti ampuh. Dikumpulkan dari ulasan orang-orang yang sudah membuktikannya secara langsung pada komputer mereka.Faktanya memang komputer cenderung menurun performanya terutama jika sudah cukup berumur.

Tak heran kalau banyak orang yang ingin mengembalikan kondisinya supaya bisa secepat seperti awal kali digunakan. Mungkin juga Kamu salah satunya hingga sampai menemukan artikel ini.

Komputer yang lemot jelas jadi satu masalah yang serius, apalagi untuk yang butuh banyak menggunakan komputer. Karena akhirnya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya lebih lama. Belum termasuk juga aspek fisik yang pasti jadi tambah capek.

Tapi beruntung karena Kamu sudah ketemu artikel ini, karena ulasannya pasti akan sangat bermanfaat. Berbagi cara untuk mengatasi PC yang lemot menyebalkan itu. Sehingga, tak usah galau, simak saja lebih lengkapnya disini.

Memperbesar Kapasitas RAM komputer

Cara Mempercepat Kinerja Komputer
Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan Menambah RAM Komputer

Diantara sekian komponen yang membentuk sebuah PC, RAM jadi salah satu yang berpengaruh langsung ke performa komputer. Semakin besar kapasitas RAM, semakin tinggi juga performanya, khususnya juga di kecepatan. Karenanya jadi salah satu cara mempercepat kinerja komputer.

Berikut beberapa teknik menambah kapasitas RAM komputeryang bisa Kamu coba :

  • Memakai Flashdisk

Memang tak banyak yang tahu kalau flashdisk bisa dipakai untuk RAM tambahan. Kamu bisa buktikan sendiri dengan langkah di bawah ini :

  • Kamu buka direktori file, terus klik kanan di flashdisk, pilih Properties
  • Pilih tab Ready Boost, pilih use this device
  • Kamu tentukan berapa persen memori flashdisk yang mau dipakai, isikan di kolom persentase
  • Klik OK

Tapi perlu Kamu tahu kalau cara ini berefek ke flashdisk tidak bisa dipakai lagi untuk menyimpan data. Jadi pakai flashdisk yang memang sudah tidak mau digunakan lagi.

  • Pasang RAM tambahan

Pasang RAM fisik juga salah satu cara mempercepat kinerja komputer yang ampuh. Tapi tentu saja juga perlu dicek dulu kondisi motherboard tempat RAM dipasang. Apakah memang ada slot RAM yang tersisa atau tidak.

Selain itu juga perlu dicek dulu apakah spesifikasi komponen lain mendukung untuk menambah kapasitas RAM komputer. Karena kalau tidak cocok dan dipaksakan justru malah merusak PC. Sebaiknya untuk cara ini Kamu konsultasikan dan minta bantuan orang ahli.

  • Virtual Memory Hardisk

Ini juga bisa jadi cara untuk mempercepat performa komputer, dengan mengambil sebagian kapasitas hardisk. Sehingga jelas Kamu kalau ingin pakai cara ini perlu pastikan dulu ada cukup memori hardisk yang bisa digunakan. Di bawah ini caranya :

  • Klik kanan My Computer, pilih Properties
  • Pilih tab Advanced System Settings, ke tab Advanced, klik tombol Settings
  • Pilih tab Advanced, klik tombol Change
  • klik pada “Automatically manage paging file size for all drivers” supaya hilang checklistnya
  • pilih partisi yang mau Kamu pakai
  • tulis memory yang ingin dipakai, misal 4000 MB untuk 4 Giga
  • klik OK

Mengurangi Beban PC

mengurangi beban komputer
mengurangi beban komputer

PCyang lemot salah satunya juga karena terlalu banyak beban yang perlu ditanggung, entah itu file atau aplikasi. Sehingga salah satu cara mempercepat kinerja komputer yang perlu Kamu coba adalah ini. Hal-hal yang sudah tidak penting dan tidak dibutuhkan lagi lebih baik disingkirkan.

Di bawah ini beberapa cara untuk mengurangi beban PCyang lemot :

  • Uninstall Program yang tak berguna

Sering sekali kasus PC lemot karena aplikasi komputer menumpuk. Padahal yang dipakai sebenarnya cuma sedikit, tapi karena tidak pernah di uninstall, sehingga malah jadi beban. Kalau kamu juga salah satunya, cara ini cocok sekali.

Caranya Kamu buka Control Panel, kalau pakai windows 10, windows 7 atau windows 8 bisa langsung search saja. Setelah itu masuk ke menu Programs, pilih Uninstall a program. Kamu klik kanan program yang sudah tak penting lagi, pilih uninstall.

  • Hapus File di Recycle Bin

Setiap file yang Kamu hapus dari direktori komputer sebenarnya masih belum benar-benar hilang, cuma dipindah ke Recycle Bin. Sehingga seperti tong sampah, kalau tidak kamu buang, justru akan menimbun sampah dan ini juga bisa jadi beban untuk PC.

Sehingga menghapus permanen file di Recycle Bin bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi beban PC. Kamu tinggal masuk ke Recycle Bin lewat shortcut di desktop depan, lalu Ctrl + A, terus pencet tombol Delete.

  • Pakai Disk Cleanup

Cara ini bisa Kamu pakai juga untuk meringankan beban PC, karena nantinya menghapus file-file sementara yang tidak begitu dibutuhkan. Kamu bisa klik kanan drive yang mau dibersihkan, pilih Properties, terus pilih Disk Cleanup, tanpa pakai aplikasi mempercepat komputer apapun.

Memakai Software Bantuan

Memakai Software Bantuan
Memakai Software Bantuan

Nah, ini dia cara mempercepat kinerja komputer yang juga bisa Kamu coba. Yaitu dengan install aplikasi khusus untuk mengatasi PC yang lemot, menghapus file-file yang menghambat dan lainnya. Berikut beberapa software mempercepat komputer yang bisa Kamu pasang :

  • Antivirus

Terkadang komputer yang lemot bukan karena kapasitas RAM, prosesor ataupun masalah file yang menumpuk. Tapi karena ada banyak virus yang bersarang, akhirnya mengganggu kerja sistem. Karena itu Kamu bisa antisipasi supaya virus tak berulah dengan install antivirusnya.

Penting Kamu ingat, kalau setelah di install, antivirus butuh diupdate rutin. Sehingga usahakan sesekali Kamu koneksikan PC ke internet, terus update antivirusmu. Komputer jadul sekalipun kalau Kamu telaten merawatnya juga bisa tetap bagus kinerjanya.

  • Software mempercepat PC

Kalau Kamu cari di internet, ada banyak pilihan aplikasi komputer untuk membantu atasi PCyang lemot. Masing-masing punya strategi yang beda-beda, ada yang lebih banyak membantu bersihkan sampah, mengurangi program, repairing, dan lainnya.

Kamu bisa coba aplikasi seperti Ccleaner, iolo System Mechanic, Iobit Advanced SystemCare, Advanced System Optimizer, dan lain-lain. Prinsipnya supaya bisa efektif, Kamu pun perlu rajin pakai aplikasi komputer itu. Kalau setelah dipasang terus nganggur, sama saja tak berguna.

Selain cara-cara di atas, lebih baik lagi kalau Kamu juga selektif pakai program. Tak usah aktifkan aplikasi komputer yang tak benar-benar penting, misal gadget desktop yang jarang dipakai, efek visual yang berlebihan, aplikasi yang otomatis running di startup, dan lainnya.

Kamu bisa pilih salah satu saja, atau bahkan pakai semuanya kalau ingin hasil yang lebih optimal. Entah itu Kamu pakai windows 7, windows8 atau windows10, prinsipnya sama. Sehingga silakan Kamu pilih mana saja cara mempercepat kinerja komputer yang mau dipakai.

 

 

 

Cara Remote PC dari Android

Sabi
3 min read

komputer restart sendiri

Sabi
3 min read

Cara Mengunci Komputer

Ketika seseorang mulai menyimpan file-file yang berharga, biasanya terpikir untuk mencari cara mengunci komputer. Supaya orang lain tak bisa masuk melihat ataupun mengambilnya. Karena...
Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *