Cara Print Label Undangan

Kamu layak tahu cara print label undangan, jaga-jaga ketika memiliki hajatan dan harus mengundang banyak orang.

Nama dan alamat undangan biasanya ditulis manual, namun untuk hajatan tertentu semisal pernikahan, lebih praktis jika identitas tersebut dicetak dalam label langsung.

Undangan pernikahan biasanya banyak dan menggunakan kertas eksklusif jadi lebih pas menggunakan label dicetak otomatis.

Begitu label dicetak, kamu tinggal menempelkan label pada kolom identitas undangan. Cara ini lebih praktis bisa menghemat waktumu untuk menyiapkan keperluan hajatan penting lain.

Persiapan Cara Print Label Undangan

Sebelum pencetakan label undangan dilakukan, kamu harus menyiapkan printer, komputer/laptop, label 121/103, penggaris dan daftar identitas undangan.

Penggaris ini nantinya digunakan untuk mengetahui ukuran panjang dan lebar label secara akurat, agar hasil cetakan sesuai tata letaknya.

Tak ada perbedaan mencolok membuat label di Word 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019. Kamu bisa bebas mencetak label undangan di Word 2013 dan lainnya karena caranya sama, dengan tab Mailings.

Cara mencetak label di Word 2016, di Word 2019 dan seri lainnya kami jelaskan berikut ini.

Cara Print Label Undangan tanpa MS. Excel

Tutorial ini kami lakukan di MS. Word 2010 dengan mempertimbangkan banyaknya penggunanya. Prosedur ini dilakukan untuk membuat list undangan lengkap yang kamu butuhkan.

  • Pertama buka MS. Word 2010 lalu klik tab “Mailings” lalu “Select Recepients” dan pilih menu “Type New List”

Cara Print Label Undangan tanpa MS. Excel

  • Pada jendela “New Address List” pilih “Customize Columns”

 cara membuat label undangan di word 2010

  • Selanjutnya kamu dibawa ke jendela “Customize Address List”

cara membuat label undangan 103 di word 2007

  • Selanjutnya hapus semua judul kolom yang ada, dengan klik “Delete” lalu “Yes” hingga semua “Fields Names” habis
  • Sekarang kamu bisa menambahkan field baru dengan cara “Add” lalu ketikkan “Nama” lalu “OK”. Lakukan sekali lagi dengan cara yang sama untuk field “Alamat” lalu klik “OK”
  • Selanjutnya isi semua nama dan alamat orang-orang yang ingin kamu undang di field “Nama” dan “Alamat” yang baru saja kamu buat
  • Jika semua daftar undangan beserta alamatnya sudah dimasukkan, kemudian klik “OK” untuk menyimpannya. Tentukan nama file tersebut dan simpan di lokasi yang mudah ditemukan.
  • Apabila kamu ingin memperbaiki daftar undangan tersebut cukup klik tab “Mailings” lalu “Edit Recepient List” lalu pilih nama file yang ingin disunting di “Data Source” kemudian klik “Edit”

Pembuatan Cara Print Label Undangan

Di samping selesai membuat list undangan pada MS. Word langsung, kamu butuh lanjutkan untuk membuat label yang juga sama-sama di MS. Word sebagai berikut.

  • Buka MS.Word, kemudian klik tab “Mailings” lalu “Start Mail Merge” lalu “Labels” dan pilih “New Labels”

format label undangan 103 doc

  • Selanjutnya kamu akan dibawa ke jendela “Label Details” dimana kamu bisa memberi nama pun mengatur ukuran label yang ingin kamu cetak. Apabila kamu menggunakan label 103, maka ukuran lebih detailnya bisa langsung dilihat saja di bawah ini.
Top margin2Label height32
Side margin2Label widht64
Vertical pitch34Number across3
Horizontal pitch67Number down4
Page sizeCustom
Page width205Page height140
  • Apabila kamu kurang yakin dengan ukuran label, maka bisa mengukurnya menggunakan penggaris yang telah kamu siapkan. Begitu kamu sudah yakin dengan ukurannya maka bisa pilih “OK”
  • Selanjutnya klik kanan pada kress yang berada di pojok kanan atas lalu pilih “Border and Shading” lalu pilih “All Borders”. Hal ini akan memudahkanmu dalam mengatur layout label sebelum dicetak. Setting-an label yang kamu buat telah siap masuk tahapan selanjutnya ya.

Memasukkan List Undangan MS. Word

  • Sekarang saatnya memasukkan list undangan ke dalam hasil layout labelmu. Caranya gampang langsung saja akses tab “Mailings” lalu “Select Recepients” lalu “Use Existing List” lalu pilih data yang telah kamu buat di atas sebelumnya dan klik “Open”
  • Selanjutnya masukkan data ke label dengan cara “Insert Merge Field” lalu “Nama” dan “Insert Merge Field” lalu “Alamat”. Kamu juga bisa menyisipkan “Di” di antara “Nama” dan “Alamat”
  • Selanjutnya klik “Rules” lalu “Next Record” hingga label terisi semua
  • Atur tata letak label dengan cara “CTRL+A” lalu “CTRL+E”

format label undangan 103 doc

  • Selanjutnya kamu bisa pratinjau dengan klik “Preview Results” dan pastikan sampai kamu merasa sudah puas dengan hasilnya sebelum proses cetak selanjutnya ya.

Prosedur Finishing Print Label

Begitu list undangan masuk semuanya ke hasil layout label, proses printing bisa segera dilakukan. Caranya langsung saja mudah dengan klik tab “Mailings” lalu “Finish and Merge” kemudian “Print Documents”.

Kamu bisa pilih “All” saat ingin mencetak semua daftar undangan, atau “Current Record” jika hanya ingin mencetak daftar undangan yang aktif di MS. Word.

Disarankan tidak mencetak semuanya sekaligus, cobalah kesesuaian layout dulu dengan mencetak 1 lembar saja. Apabila tata letak sesuai, sekarang kamu bisa mencetak semuanya sekaligus.

Metode Print Label Undangan MS. Excel

  • Agak berbeda dengan metode sebelumnya, kali ini kamu harus membuat list identitas undangan pada laman MS. Excel seperti biasa. Setelah dirasa lengkap, jangan lupa simpan dan letakkan di tempat yang mudah ditemukan nantinya.
  • Jangan lupa buat juga layout label MS. Word persis seperti tutorial tabel pada metode sebelumnya di atas.

Metode Print Label Undangan MS. Excel

  • Selanjutnya mulai masukkan list undangan MS. Excel ke dalam hasil layout label MS. Word dengan memulai klik tab “Mailings” lalu “Select Recipients” lalu “Use Existing List”. Dari sini kamu bisa mencari lokasi penyimpanan daftar undangan di MS. Excel tadi.

Metode Print Label Undangan MS. Excel

  • Apabila sudah ketemu, klik daftar undangan dalam format MS. Excel tersebut lalu klik “Open”
  • Selanjutnya pada tab “Mailings” klik “Insert Merge Field” lalu klik semua “Nama” dan “Alamat” yang muncul kemudian tambahkan kode “Next Record” di “Rules”. Kamu juga bisa menyisipkan tulisan “Di” di antara nama dan alamat.
  • Agar layout semakin rapi, kamu bisa “CTRL+A” lalu “CTRL+E” alias rata tengah.
  • Selanjutnya klik masih di tab “Mailings” pada “Preview Result” untuk melihat daftar undangan yang sudah disiapkan. Kamu bisa sekalian mengecek apakah semua nama dan alamat sudah berhasil diimpor ke file MS. Word.
  • Selanjutnya kamu klik tab “Home” lalu “Border and Shading” kemudian “No Borders”. Semua list identitas dari MS. Excel-mu telah berhasil dimasukkan ke setting layout label sesuai seleramu ya.
  • Untuk prosedur printing bisa kamu lakukan persis seperti tutorial pada metode yang telah dibahas sebelumnya di atas.

Kesimpulan

Cara print label undangan bisa kamu lakukan dengan menggunakan metode MS. Word murni maupun dengan metode campuran MS. Excel.

Perbedaan keduanya terletak pada saat proses pembuatan list identitas undangan. Selamat mencoba metode terfavoritmu ya.

 

Leave a Comment