Cara Membuat Video di Komputer

3 min read

Cara membuat video di komputer

Seiring Youtube semakin banyak diminati, cara membuat video di komputer juga semakin banyak dicari. Meskipun tidak punya basic kemampuan di bidang komputer, mereka tetap optimis juga bisa membuatnya. Apalagi ketika semakin banyak orang yang ingin jadi Yutuber.Sama sekali tak masalah, karena memang sebenarnya siapapun bisa membuat video asalkan mau belajar. Orang-orang yang ahli membuat video pun dulunya pasti tidak bisa.

Sehingga Kamu pun juga bisa, apalagi sekarang banyak aplikasi edit video yang gampang dipakai.

Tak mengagetkan sekarang anak kecil pun bisa membuat video foto dengan lagu cuma dalam hitungan menit. Banyak pilihan aplikasi edit video untuk android yang bisa dipakai. Cara edit videonya pun sama gampangnya seperti stalking di media sosial.

Jelas artikel ini bukan cuma untuk Kamu yang ingin jadi youtuber ahli, tapi juga para pebisnis. Karena video sekarang sudah jadi strategi marketing online yang ampuh dan banyak dikejar. Bahkan perusahaan besar rela alokasikan uang banyak hanya demi menyewa jasa pembuat konten video profesional.

Disini akan diulas tentang cara membuat video di komputer yang bisa langsung Kamu coba sendiri. Tapi yang dimaksud disini bukan berarti mulai tahapan membuat rekaman video ya. Karena asumsinya disini bahan video sudah tersedia tinggal dirangkai jadi satu.

Membuat Video Foto Dengan Lagu

cara membuat video di komputer
cara membuat Video foto dengan lagu

Kita mulai dari yang sederhana dulu, membuat video dari gabungan foto-foto yang nantinya diiringi lagu. Ada banyak aplikasi yang bisa Kamu pilih, tapi disini kita jelaskan caranya dengan aplikasi Freemake Video Converter.

Kalau Kamu mungkin pernah dengar bahwa software edit video profesional butuh spek komputer yang tinggi, tenang saja, aplikasi ini tergolong ringan. File masternya saja cuma 27 MB dan bisa Kamu download gratis di situs resminya.

Terus bagaimana cara pakainya? Simak di bawah ini :

  • Setelah aplikasi Kamu buka, klik “foto”. Otomatis direktori file akan muncul dan saatnya Kamu pilih foto mana saja yang mau dimasukkan.
  • Pilih beberapa foto sekaligus sambil pencet tombol Ctrl, kalau sudah selesai, klik tombol Open.
  • Sekarang giliran masukkan file lagu yang mau dipakai untuk backsound video. Kamu bisa klik “No Sound” lalu pilih “Add audio” untuk masukkan lagu untuk pengiringnya.
  • Kalau sudah pilih lagu, klik tombol Open.
  • Video sudah jadi dan Kamu bisa mainkan dulu sebelum di simpan. Kalau ada yang kurang pas, bisa Kamu edit pakai toolbar di bawahnya. Kamu bisa menambah gambar lagi, menghapus yang sudah dimasukkan, mengacaknya ataupun mengubah urutannya.
  • Kamu juga bisa atur kecepatan slideshow, ganti lagu lain ataupun pilih model slideshow.

Mudah sekali kan cara membuat video di komputer ini? Kalau masih tak percaya, coba rasakan sendiri.

Baca juga: Sebab komputer restart sendiri & solusinya

Cara Mengedit Video di Komputer

Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro

 

Nah kalau sudah bisa membuat video, saatnya belajar cara edit video. Sehingga ini bisa Kamu pakai kalau bahan video sudah ada tapi masih mentah dan belum rapi. Tak usah khawatir juga karena aplikasi yang dibahas disini juga termasuk yang gampang pemakaiannya, yaitu Adobe Premiere Pro.

Pastinya sebelum praktek Kamu install dulu aplikasi Adobe Premiere Pro, banyak link downloadnya di internet. Kalau sudah di install, Kamu bisa mulai praktekkan cara di bawah ini :

  • Setelah Kamu buka aplikasinya, klik “Create New Project”
  • Kamu beri nama file hasil edit videonya dulu, sekaligus pilih lokasi Kamu menyimpannya. Kalau sudah, pilih jenis video yang mau Kamu buat. Lalu klik OK
  • Mulai dulu dengan Kamu masukkan file-file video dari direktori komputer ke dasbor aplikasi edit video ini. Caranya cuma dengan menggeser ke kolom di panel Project.
  • Supaya mudah atur videonya, lebih baik Kamu beri nomor atau tanda ke video-video itu. karena sering mereka yang baru belajar cara membuat video di komputer menyepelekan poin ini dan akhirnya justru bingung sendiri.
  • File yang di panel Project digeser ke panel Sequence dan otomatis akan muncul dua jenis format file, yaitu audio dan video. Kalau Kamu ingin videonya nanti pakai suara dari audio lain, Kamu bisa hapus audionya dulu. Caranya klik kanan file video itu, klik Unlink, lalu delete audio yang sudah terpisah dengan videonya
  • Kalau Kamu ingin memotong sebagian video, bisa pencet C lalu enter di adegan yang mau dipotong. Hapus bagian yang Kamu mau.
  • Kamu bisa putar preview video di aplikasi edit ini supaya bisa langsung tahu kalau ada bagian yang kurang pas.

Kalau semuanya sudah pas dan Kamu ingin menyimpan filenya, maka perlu melewati proses rendering dulu. Caranya :

  • Klik menu File, pilih Export dan Media
  • Lalu akan muncul pilihan format video. Kamu bisa pilih “Use Maximum Render Quality” kalau ingin dapat kualitas video yang paling bagus
  • Setelahnya klik Export lagi dan Kamu tinggal menunggu sampai proses rendering selesai

Pelajari juga: cara membuat aplikasi komputer

Cara Membuat Watermark Video di PC

Cara Membuat Watermark video di pc
Cara Membuat Watermark video di pc

Cara membuat video di komputer yang juga penting untuk dibahas adalah teknik untuk membuat watermark. Tulisan transparan yang terus akan muncul seiring video diputar. Kalau Kamu tanya kenapa butuh itu, jelas penting supaya video buatanmu nantinya tak gampang disalahgunakan orang.

Terutama ini dibutuhkan untuk video yang memang digunakan keperluan komersil misalkan konten Youtube, video marketing, dan lain-lain. Di bawah ini nih cara edit video supaya ada watermarknya dengan Adobe Premiere Pro :

  • Setelah buka aplikasi edit Adobe Premiere Pro, klik New Project
  • Setelah beri nama, klik OK
  • Sebaiknya Kamu pilih Widescreen 32 kHz dan lalu masukkan video yang mau Kamu beri watermark
  • Pilih Change Sequence Settings, klik menu Title, lalu New Title, pilih Default Still, klik OK
  • Klik icon T untuk buat watermarknya
  • Kamu bisa bebas letakkan watermarknya sesuai selera, di atas, di bawah, kanan atau kiri pakai icon tanda Cursor
  • Kalau sudah mantap pilihannya, tutup dengan klik tanda X merah
  • Setelahnya pindahkan Title watermark dari project ke atas video yang mau diberi watermark
  • Kamu tarik saja Titlenya supaya watermark bisa full di atas vide, dengan begitu orang semakin susah untuk mencurinya
  • Kalau sudah selesai, Kamu bisa simpan hasilnya dengan klik File, pilih Export, pilih Media
  • Klik centang di pilihan Match Sequence Settings, klik Export
  • Kamu tinggal tunggu sampai proses rendering selesai

Terlusuri juga: Cara mempercepat kinerja komputer

Dengan tiga teknik dasar ini saja Kamu sudah bisa membuat video kreasimu sendiri dan siap diupload di akun Youtube atau platform lain. Kalau Kamu ingin jadi orang yang ahli, bisa eksplorasi fitur-fitur lain yang ada di aplikasi edit video, supaya semakin menguasai cara membuat video di komputer.

 

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *