Penyebab komputer mati sendiri

3 min read

penyebab komputer mati sendiri

Banyak orang yang mencari tahu penyebab komputer mati sendiri dan itu bukan tanpa alasan. Karena masalah ini sebenarnya termasuk yang cukup banyak dialami. Kamu pun mungkin termasuk salah satu korban dan lalu mencari sampai akhirnya ketemu ulasan ini. kesal jelas akan saat bekerja maupun bermain main game di komputer, tiba-tiba PC yang kamu gunakan mati. hal ini tentunya jelas akan menggangu pekerjaan yang kamu lakukan.

Jelas kalau ini terus dibiarkan bisa berefek juga ke komputernya jadi semakin rusak. Sehingga meskipun komputer bisa hidup sendiri dan jalan normal lagi setelahnya, jangan Kamu abaikan. Lebih baik simak beberapa cara mengatasikomputer shutdown sendiri yang dibahas di bawah ini.

Overheating

penyebbab komputer mati sendiri
overheating

Diantara penyebab komputer mati sendiri, ini yang paling klasik dan sering terjadi. karena sebenarnya memang ini salah satu sistem dari komputer, yang otomatis mati ketika sudah terlalu panas. Terutama bagian prosesor, memang sudah sejak awal disetting begitu.

Tapi bukan berarti juga karena ini bagian asli sistem kemudian dibiarkan saja begitu. Karena itu sebenarnya bagian dari peringatan sistem ke pemakai, supaya bisa memperbaiki cara penggunaan. Berikut beberapa hal yang bisa jadi pemicu overheating :

  • Program terlalu berat

Inilah kenapa sering/suka komputer shutdown sendiri saat main game. Kebanyakan aplikasi game menuntut memori yang lumayan besar ketika dibuka. Bahkan beberapa game sampai menyita bergiga-giga.

Biasanya ketika main, komputer shutdown sendiri teruss hidup sendirimengulang booting dari awal. Bahkan beberapa kasus tidak mau nyala sendiri, sehingga harus dinyalakan manual. Kalau sudah seperti itu, jangan dipaksakan terus dan usahakan ganti komputer spek yang lebih tinggi.

  • Pendingin bermasalah

Ini juga bisa jadi penyebab komputer mati sendiri karena dengan pendingin rusak, otomatis tidak ada yang mengurangi panas komputer. Baru dipakai beberapa menit komputer sudah panas dan misal diteruskan, pasti komputer shutdown sendiri karena kepanasan.

  • Pasta Prosesor Kering

Kalau Kamu pernah lihat ada pasta putih yang dioleskan ke atas prosesor, itu yang dimaksud disini. pasta yang nantinya menyalurkan panas dari prosesor ke fan pendingin. Kalau sudah kering maka otomatis panas tertimbun di prosesor.

Cara mengatasi masalah ini jelas dengan mengganti dengan pasta yang baru dan masih lunak. Itupun sebisa mungkin pakai pasta yang bagus kualitasnya. Kalau jelek bisa cepat kering dan akhirnya kembali jadi biang kerok komputer shutdown sendiri.

Baca juga: sebab Komputer restart sendiri & solusinya

Komponen Hardware Rusak

Komponen Hardware Rusak
Komponen Hardware Rusak

Meskipun seringnya karena overheating, jawaban apa penyebab komputer tiba-tiba mati sendiri tak melulu soal itu. Karena komponen hardware yang rusak juga bisa jadi pokok masalahnya. Sehingga jangan cepat menyimpulkan dan coba simak dulu beberapa sebab  di bawha ini.

  • Ketika VGA Rusak

Biasanya kalau komponen ini rusak, monitor akan berubah blue screen sebelum akhirnya komputer shutdown sendiri. Tapi sebab blue screen juga bisa macam-macam, sehingga supaya tak salah diagnosa, catat atau foto tulisan yang muncul ketika blue screen.

Cara mengatasi masalah ini tak selalu harus dengan ganti yang baru, karena bisa jadi juga masalahnya cuma kotor. Sehingga lebih baik Kamu cek dulu, kalau setelah dibersihkan tetap saja begitu, kemungkinan memang rusak, terutama kalau memang sudah lama dipakai.

  • RAM Rusak

Ini juga bisa jadi salah satu penyebab komputer mati sendiri karena memang diatur otomatis begitu. RAM tak bisa menyimpan memori sehingga program aplikasi juga tak bisa jalan. Bahkan kalau sudah benar-benar parah, ini bisa jadi penyebab layar tampil kosong.

Misal masalahnya cuma karena kotor dan solusinya dengan membersihkan, mungkin ringan hanya tinggal membongkar. Tapi kalau ternyata setelah dibersihkan tetap rusak, ya berarti memang cara mengatasi dengan ganti RAM baru.

  • Hardisk Rusak

Komponen ini yang bertugas mengatur aliran data di komputer, jadi otomatis langsung berefek kalau bermasalah. Termasuk disini jadi salah satu sebabkomputer shutdown sendiri. Kasus yang sudah benar-benar parah komputer bahkan tak bisa masuk windows dan monitor kosong.

Ini bisa karena memang hardisknya sudah lama dipakai, kena virus, overload atau terbentur. Kalau memang kurang beruntungnya Kamu yang alami ini, sebaiknya cepat ganti yang baru. Daripada nantinya komputer benar-benar rusak dan data berhargamu ikut hilang.

Pelajari juga: Cara mempercepat kinerja komputer

Terkena Virus Ganas

Terkena Virus Ganas
Terkena Virus Ganas

Virus memang termasuk masalah yang biasa dialami pemakai komputer, tapi bukan berarti bisa disepelekan. Karena ada virus-virus yang memang dampaknya bisa serius, salah satunya membuat komputer sering mati sendiri terus nyala sendiri.

Ada virus yang memang lemah sehingga cuma berefek kecil ke file komputer, entah tergandakan atau tersembunyi. Tapi virus sejenis malware bisa merusak sampai ke dalam sistem sehingga membuat prosesor kewalahan dan akhirnya overheating.

Kalau memang yang Kamu alami masalah ini, segera selamatkan data di komputer. Kalau perlu bisa diinstall ulang sistem operasinya, lalu install antivirus yang bagus kualitasnya. Kalau tak ingin install ulang, Kamu bisa coba dalam kondisi safe mode.

Tegangan Naik-Turun

tegangan naik turun
tegangan naik turun

Masalah ini juga bisa jadi penyebab komputer mati sendiri, karena aliran listrik langsung berpengaruh ke komputer. Idealnya komputer bisa dapat tegangan yang stabil dan itu pun harus mencukupi kebutuhan. Kalau daya yang diterima kurang, komponen komputer tak bisa berfungsi dan saat itu otomatis mati.

Kalau masalah ini sering/suka terjadi di lingkungan Kamu, coba pakai stabilizer atau UPS supaya tegangannya bisa dibuat lebih stabil. Karena kalau dibiarkan berlarut-larut, komponen komputer Kamu yang bisa jadi korbannya. Meskipun setelah itu nyala sendiri, bukan berarti komputer baik-baik saja.

Masalah Benturan Program

Masalah Benturan Program
Masalah Benturan Program

Kebanyakan masalah ini terjadi ketika driver yang dipasang di komputer tak cocok. Karena idealnya antara hardware dan software bisa terhubung baik, supaya bisa berjalan normal. Memang program bisa tetap berjalan, tapi berefek salah satunya komputer shutdown sendiri.

Sebaiknya kalau kebetulan Kamu membeli komputer dengan kondisi driver belum terpasang atau baru saja install ulang OS, cari tahu dulu driver yang cocok. Kalau pun masih tetap bingung, lebih baik tanya orang yang ahli untuk dapat saran dan cara mengatasinya yang tepat.

Prinsipnya, kalau tiba-tibakomputer shutdown sendiri, Kamu tak usah panik dan fokus cari tahu apa penyebabdan cara mengatasinya. Meskipun memang nantinya bisa nyala sendiri dan berjalan normal, jangan lalu dianggap masalahnya selesai.

Kalau memang bingung untuk cari tahu penyebab komputer mati sendiri, tak usah sungkan tanya ke orang yang ahli atau bawa komputer ke tempat servis. Daripada Kamu berspekulasi justru bisa memperparah kondisi komputer. Semoga bermanfaat!

Belajar juga: bagaimana cara remote pc dari komputer

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *