Topologi Jaringan Komputer

4 min read

topologi jaringan komputer

Topologi jaringan komputer memiliki beberapa jenis yang bisa diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Topologi jaringan komputer merupakan suatu cara yang digunakan agar komputer yang satu bisa terhubung dengan komputer yang lainnya. Ternyata, ada segudang informasi unik dan menarik tentang topologi jaringan komputer, apa sajakah itu?

Berikut ini adalah 7 informasi unik dan menarik mengenai topologi jaringan komputer :

1. Pengertian Topologi Jaringan Komputer

topologi jaringan komputer
Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer sudah sering kita dengar dan kita lihat pengaplikasiannya. Topologi jaringan komputer memiliki pengertian suatu sistem yang diterapkan agar komputer bisa saling terhubung melalui suatu jaringan. Proses penghubungan komputer ini bisa dengan menggunakan kabel ataupun tanpa kabel.

Topologi jaringan komputer adalah suatu metode brilian yang ditemukan untuk bisa menghubungkan antar komputer. Ketika komputer tersebut saling terhubung, maka komputer-komputer itu bisa melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dari satu komputer ke komputer lainnya.

2. Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

 Topologi Jaringan Komputer
macam macam Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer mempunyai definisi sistem yang digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer agar bisa melakukan proses terima dan transfer data. Topologi jaringan komputer mempunyai beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Pada pengaplikasiannya, ada beberapa macam-macam topologi jaringan yang bisa digunakan pada komputer. Misalnya topologi star, topologi ring, topologi bus, topologi tree, dan topologi peer to peer. Jenis-jenis dari topologi tersebut merupakan jenis yang umum digunakan pada komputer.

3. Pengertian Masing-Masing Jenis Topologi Jaringan Komputer

Berikut ini adalah pengertian dari macam-macam topologi jaringan komputer :

Topologi Ring (Topologi Cincin)

topologi jaringan komputer

Berdasarkan namanya, bentuk dari topologi ini dibuat menyerupai cincin atau berbentuk lingkaran. Komputer disusun dengan membentuk lingkaran dan kemudian dihubungkan satu sama lain agar bisa melakukan proses transfer dan terima data.

Topologi ring perlu untuk menggunakan LAN Card agar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya bisa saling terhubung. Topologi jaringan komputer ini merupakan salah satu dari beberapa jenis topologi jaringan yang menguntungkan. Salah satu yang menjadi keuntungan dari topologi ring adalah biaya pemasangan yang murah.

Topologi Bus (Topologi Bus atau Topologi Model Lurus)

topologi jaringan komputer

Jika kamu sering kali menemukan komputer-komputer yang disusun rapi memanjang di beberapa tempat seperti di laboratorium komputer, sistem tersebut dinamakan dengan topologi bus. Topologi bus merupakan salah satu jenis topologi yang sederhana.

Topologi jaringan komputer dengan model bus ini dipasang dengan menggunakan jaringan yang menggunakan kabel coaxial. Sistem dari topologi ini adalah memanjang sehingga bisa memudahkan penggunaan komputer dan juga memudahkan ketika melakukan transfer serta terima data.

Topologi Star (Topologi Bintang)

topologi jaringan komputer
Topologi Star (Topologi Bintang)

Topologi star atau topologi bintang dibuat dengan komputer beserta komponen penyusun jaringannya dibuat dengan bentuk menyerupai bintang. Pada topologi jenis ini menggunakan hub sehingga bisa menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya.

Topologi jaringan star merupakan salah satu jenis topologi jaringan favorit yang banyak digunakan karena mempunyai banyak sekali kelebihan. Tidak hanya bisa menggunakan hub saja, topologi jaringan dengan model bintang ini juga bisa menggunakan switch untuk menghubungkan antar komputer.

Topologi Tree (Topologi Pohon)

topologi jaringan komputer
Topologi Tree (Topologi Pohon)

Pernahkah kamu melihat kumpulan komputer yang disusun sedemikian rupa dan mempunyai bentuk unik seperti sebuah pohon? Sesuai dengan bentuknya, topologi jenis ini memiliki nama topologi tree. Topologi tree merupakan penggabungan dari dua jenis topologi lainnya, yaitu topologi star dan topologi bus.

Topologi dengan jenis tree ini biasanya digunakan untuk melakukan interkoneksi dan dapat digunakan dengan pusat yang berbeda-beda. Topologi tree merupakan jenis topologi yang banyak digunakan juga pada pembuatan jaringan komputer dikarenakan susunannya yang hierarki membuatnya menjadi mudah untuk dikontrol.

Topologi Peer To Peer (Topologi PTP)

topologi jaringan komputer
Topologi Peer To Peer (Topologi PTP)

Jika kamu ingin membuat suatu jaringan komputer untuk bisa menghubungkan sedikit komputer saja (2 komputer) maka kamu bisa memilih untuk menggunakan topologi peer to peer. Topologi peer to peer ini memang dikhususkan untuk digunakan pada komputer dengan jumlah yang sedikit saja, yaitu dua komputer.

Pemasangan dari topologi peer to peer pun mudah untuk dilakukan karena model yang sederhana membuat topologi dengan jenis ini sangat mudah untuk dibuat karena hanya perlu menggunakan satu buah kabel saja agar komputer satu bisa terhubung dengan komputer dua.

Pelajari juga cara melihat ip komputer mu dan ip komputer orang lain.

4. Keuntungan dan Kekurangan Dari Masing-Masing Topologi

Masing-masing dari topologi jaringan komputer tentunya mempunyai keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu, penggunaan dari topologi jaringan ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing topologi jaringan komputer :

  • Topologi Ring (Topologi Cincin)

Keuntungan : Waktu akses data lebih optimal, aliran data lebih cepat, dapat melayani pergerakan daya yang padat, bisa diakses dari kanan dan kiri server, terhindar dari collision.

Kekurangan : Jika ada satu komputer yang tidak berfungsi akan mempengaruhi kinerja seluruh komputer, konfigurasi ulang yang sulit, dan jaringan bisa menjadi kacau.

  • Topologi Bus (Topologi Bus atau Topologi Model Lurus)

Keuntungan : Pemasangan yang sederhana, biaya pemasangan murah, pemasangan kabel yang tidak rumit, bisa menjangkau jaringan yang luas.

Kekurangan : Topologi jaringan yang lambat, sulit menganalisa troubleshoot, sinyal elektrik yang lemah dikarenakan barrel connector, tidak cocok untuk jaringan data yang padat.

  • Topologi Star (Topologi Bintang)

Keuntungan : Jika ada komputer yang rusak tidak akan mempengaruhi keseluruhan jaringan komputer, proses pemasangan mudah, jika melakukan penambahan dan pengurangan tidak akan mengganggu komputer lainnya, bisa menggunakan berbagai tipe kabel.

Kekurangan : Perlu lebih banyak kabel, jumlah terminal yang terbatas, port yang ada tergantung pada hub, jika jaringan data padat maka bisa mengakibatkan penyampaian data menjadi lambat.

  • Topologi Tree (Topologi Pohon)

Keuntungan : Jika ada kesalahan atau kerusakan mudah untuk ditemukan dan diperbaiki.

Kekurangan : Kabel yang digunakan jumlahnya cukup banyak, sering terjadi tabrakan data, tingkat jaringan yang rendah sehingga mengakibatkan kelambatan.

  • Topologi Peer To Peer (Topologi PTP)

Keuntungan : Jenis topologi ini murah dan mudah instalasinya serta setiap komputer bisa menjadi client atau server.

Kekurangan : Troubleshooting rumit, keamanan yang sering bermasalah, jaringan yang sulit dikembangkan.

5. Cara Membuat Topologi Jaringan Komputer

Cara membuat topologi jaringan komputer yang pertama yaitu terlebih dahulu kamu harus mengetahui kebutuhan transfer data yang ingin kamu aplikasikan kepada komputer. Ketika sudah mengetahui jenis topologi mana yang ingin kamu buat, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan seperti hub, switch, dan kabel-kabel tertentu yang diperlukan untuk proses instalasi.

6. Karakteristik Topologi Jaringan Bus yang Banyak Digunakan

Topologi bus merupakan jenis topologi yang banyak digunakan. Hal ini dikarenakan topologi bus mempunyai karakteristik pemasangan jaringan yang mudah dan murah. Tampilan dari topologi ini juga sederhana sehingga dianggap mudah dalam pemasangannya. Paket-paket data di dalam topologi jaringan ini juga saling bersimpang sehingga tidak diperlukan hub.

Selain itu, topologi jaringan jenis ini juga sangat ekonomis dalam pemasangannya. Node-node yang digunakan pun dihubungkan dengan kabel.

7. Topologi Mana yang Terbaik Untuk Digunakan?

Seluruh topologi jaringan tentunya mempunyai keuntungan dan kekurangannya tersendiri. Untuk mengetahui topologi jaringan komputer mana yang terbaik untuk digunakan, ada baiknya kamu untuk lebih banyak mencari informasi terlebih dahulu mengenai topologi jaringan komputer sehingga bisa menemukan topologi jaringan komputer mana yang terbaik.

Disamping topologi di atas yang telah kita pelajari bersama, perlu kamu ketahui apa saja hardware komputer yang mendukung komputer bisa kita gunakan hingga saat ini.

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *