Cara Menghidupkan Komputer

4 min read

cara menyalakan komputer laptop

Untuk sebagian orang, cara menghidupkan komputer adalah hal mudah yang dilakukan. Namun faktanya beberapa orang membutuhkan panduan tadi karena belum pernah menggunakan perangkat tersebut. Tentang komputer juga harus kamu ketahui bagaimana seluk danbeluknya. Tujuan, dan misi kamu menggunakan komputer itu apa, agar ketika belajar komputer itu penuh dengan rasa nyaman dan bahagia karena suka dengan komputer.

Penggunaan komputer, seperti yang kalian tahu, kini dapat dijumpai di berbagai bidang. Dari pemakaian personal di rumah sampai ke perusahaan-perusahaan besar. Jadi kalau sampai tak tahu bagaimana cara menyalakan komputer, pekerjaan kalian pun tak bisa diselesaikan, bukan?

Nah, lewat text prosedur berikut ini ada empat cara yang bisa dipraktikan buat menghidupkan komputer kalian!

Cara 1: Cara Menghidupkan komputer desktop dan laptop

Cara Menghidupkan komputer desktop dan laptop
Cara Menghidupkan komputer desktop dan laptop

Metode ini adalah versi paling umum. Kalian pastikan dulu komputer sudah terhubung ke sumber daya agar komponen perangkat berjalan normal. Jika kalian pakai laptop, maka daya baterainya harus terisi atau disambungkan ke pusat tenaga listrik kalau hampir habis.

Sudah memastikan komputer kalian mendapatkan pasokan listrik stabil? Sekarang, temukan tombol daya atau power pada komputer. Untuk komputer desktop, biasanya tombol itu terletak di bagian depan atau belakang CPU, sementara pada laptop berada di bagian kanan, kiri, atau depan bodi perangkat.

Selanjutnya cukup tekan tombol daya tadi. Pada komputer baru atau terawat, LED dan monitor akan serta-merta menyala disertai dengan bunyi kipas memutar. Hal ini juga berlaku pada laptopRefresh laptop maupun komputer untuk ‘menyegarkan’nya kalau sebelumnya digunakan lumayan lama.

Cara 2: untuk Windows 8/8.1 dan Windows 10

untuk Windows 8 8.1 dan Windows 10
untuk Windows 8/8.1 dan Windows 10

Sebenarnya, kalian tak akan menemukan perbedaan dari metode ini dengan metode sebelumnya. Hanya saja kalau komputer memakai sistem operasi Windows 8/8.1 atau Windows 10, ada cara menghidupkan komputer untuk Safe Mode yang bisa kalian aktifkan.

Apa, sih, Safe Mode? Secara garis besar, mode ini bakal menghidupkan komputer seminimal mungkin dengan menjalankan program yang kalian anggap penting saja. Safe Mode direkomendasikan untuk PC atau laptop yang sudah tua atau kalau kalian pengin menghemat penggunaan baterai.

Mengaktifkan Safe Mode relatif singkatkok. Lakukan langlah-langkah pada Cara 1. Begitu layar utama muncul, klik ikon Windows dan pilih ikon daya. Tahan opsi Restart bersamaan dengan tombol Shift. Cara ini akan mengantarkan kalian pada tiga opsi baru.

Pilihlah opsi Troubleshoot pada layar, lalu klik Advanced Options untuk memilih Startup Settings. Klik Restart terlebih dahulu. Nanti, saat menu Startup Settings kembali muncul, langsung pilih opsi Enable Safe Mode dan tunggu komputer restarting dan beroperasi dalam mode aman.

Cara 3: untuk Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7

untuk Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7
untuk Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7

Metode yang satu ini masih diterapkan dengan keyboard. Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah menemukan tombol F8 pada papan ketik untuk mengaktifkan Safe Mode. Sementara kalau ada tombol Fn, tekan bersamaan dengan F8.

Jika dilakukan dengan benar, layar komputer akan menampilkan daftar pilihan. Tekan tombol panah ke bawah pada keyboard, lalu pilih opsi Safe Mode. Komputer atau laptop HP  kalian akan beroperasi pada mode tersebut saat hidup kembali. Mudah, kan?

Cara 4: untuk Mac OS

untuk MacOS
untuk Mac OS

Apa kalian menggunakan komputer berbasis mac OS? Untuk mengaktifkan Safe Mode, langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah menemukan tombol Shift pada papan ketik. Biasanya tombol ini berada di bagian kiri keyboard pada kebanyakan komputer Mac.

Kemudian, tekan tombol Shift cukup lama sampai logo Apple muncul di layar komputer. Terdapat bilah abu-abu yang menandakan proses pengaktifkan ke Safe Mode. Setelah cara menghidupkan komputer selesai, kalian bisa pakai komputer dalam mode aman.

Disamping kita di sini belajar komputer bagaimana cara menyalakannya, kamu juga bisa belajar bagaimana cara meredupkan layar komputer & pengetahuan komputer.

Tip saat menyalakan komputer ke Safe Mode

Tip saat menyalakan komputer ke Safe Mode
Tip saat menyalakan komputer ke Safe Mode

Walau terkesan mudah, mengaktifkan Safe Mode bisa berbeda pada beberapa orang karena sejumlah alasan. Misalnya, kalian diminta memasukkan kata sandi atau password terlebih dulu setelah komputer menyala.

Ada pun kendala yang dialami berkaitan dengan pengaturan bahasa. Kalau kalian kurang lihai memainkan komputer dalam bahasa Inggris, tak ada salahnya mengalihkannya dulu atau minta bantuan dari teman. Selain itu, kalian bisa keluar dari Safe Mode dengan restart komputer.

Mengapa tombol daya tak mau berfungsi?

Mengapa tombol daya tak mau berfungsi
Mengapa tombol daya tak mau berfungsi

Seperti yang beberapa kali disebut, tombol daya atau power punya peran penting dalam menghidupkan komputer maupun laptop. Kalau tiba-tiba tombol tersebut tak menyala, maka ada beberapa faktor pemicu yang menyebabkannya, antara lain:

  • Kebocoran baterai. Baterai bocor atau kerusakan pada sel adalah penyebab yang mempengaruhi performa tombol daya. Jika memungkinkan, ganti baterai yang bermasalah dengan yang terbaru. Selain itu, menghidupkannya dengan adaptor bawaan juga bisa dipraktikan;
  • Tegangan listrik kurang stabil. Inilah alasan kalian harus selalu memastikan pasokan listrik ke komputer tetap terjaga. pasalnya, tegangan listrik yang tak stabil kadang berdampak pada tombol daya. Manfaatkan stabilizer supaya aliran listrik tetap terjaga;
  • Kerusakan perangkat kerasMematikan antivirus secara tak langsung berpotensi merusak hardware. Akibatnya, sejumlah komponen komputer ikut terganggu, termasuk tombol daya. Jika sudah begini, kalian perlu memeriksalan laptop atau komputer ke teknisi tepercaya;
  • Masalah pada tombol daya. Terakhir, tombol daya juga rentan akan masalah seperti bagian yang patah, berdebu, atau memang sudah rusak berat. Kalian bisa menanganinya dengan cara membersihkan tombol daya, mengganti switch power, atau memasang yang baru.

Masalah saat mematikan komputer

Tak hanya dalam cara menghidupkan komputer, ada kalanya masalah muncul saat kalian mematikan perangkat tersebut. Beberapa kesalahan yang perlu kalian hindari mencakup:

  • Mematikan langsung  dari tombol daya. Kadang saking lamanya proses yang berlangsung, beberapa orang memilih mematikan laptop atau komputer lewat tombol daya. Padahal cara ini malah akan merusak komponen, lho;
  • Mencabut kabel dari stop kontak. Sebenarnya, tindakan mematikan komputer secara paksa kurang direkomendasikan, termasuk saat kalian mencabut kabel langsung dari stop kontak. Hal ini malah akan mengganggu aliran listrik pada perangkat;
  • Tidak menutup aplikasi atau program. Kesalahan berikutnya yang umum terjadi adalah tidak menutup aplikasi atau program yang dijalankan. Selain merusaknya, gangguan juga merembet ke komponen komputer lain dan menyulitkan perangkat untuk beristirahat;
  • Langsung mematikan saat komputer baru menyala. Tidak sedikit pengguna yang melakukan shutdown otomatis saat komputer baru dinyalakan, padahal sistem belum benar-benar termuat. Ada baiknya kalian tunggu beberapa menit kalau memang tak akan segera memakai komputer.

Dalam beberapa kasus, seperti misalnya tombol daya bermasalah, kalian bisa menggunakan metode alternatif untuk mematikan laptop maupun komputer. Salah satunya dengan/lewat CMD atau Command Prompt yang relatif mudah.

Aktifkan CMD dengan menekan ikon Windows + R, lalu ketik CMD dan tekan Enter. Setelah kotak dialog muncul, ketik shutdown.ex –s, lalu tekan Enter. Komputer atau laptop akan otomatis mati dan bisa kalian aktifkan lagi kalau perlu untuk memastikan tak ada masalah pada perangkat.

Semoga informasi seputar cara menghidupkan komputer ini menambah wawasan kalian seputar teknologi, ya!

Hardware Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *