Hardware Komputer

3 min read

hardware komputer

Di Dalam dunia perkomputeran, selain adanya perangkat lunak, juga terdapat perangkat keras atau lebih dikenal dengan hardware. Tujuan Hardware komputer sendiri merupakan komponen fisik yang bisa membentuk sebuah sistem komputer itu sendiri. Hardware ini juga mempunyai sifat yang berbeda dengan software dimana bisa dilihat, mempunyai bentuk yang nyata dan bisa diraba.

Didalam sistem komputer sendiri, anda akan menemukan adanya banyak hardware  yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

Tetapi secara umum, hardware sendiri dibagi menjadi 4 bagian dimana bagian-bagian tersebut adalah perangkat masukan, perangkat keluaran, perangkat aksesoris dan perangkat untuk pengolahan data. Untuk lebih jelasnya, penulis akan menjelaskan beberapa macam perangkat hardware tersebut bersama dengan fungsinya. 

Macam-macam perangkat keras dan fungsinya

Hardware Komputer
Macam-macam perangkat keras dan fungsinya

Beriku ini 7 Komponen Hardware Komputer dan Fungsi-fungsinya. Dari mulai pengerian, jenis hingga fungsinya lengkap yang bisa membantu kamu untuk lebih tau lagi tentang perangkat keras komputer. Berikut ulasannya:

  1. Motherboard (papan induk)

Motherboard ini merupakan perangkat keras pada sistem komputer dimana mempunyai fungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam komponen pada komputer seperti:

  • Prosesor 

Prosesor merupakan sebuah IC yang memiliki fungsi untuk mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem yang terdapat pada komputer dan digunakan sebagai otak atau pusat dari komputer dimana mampu melakukan perhitungan ataupun menjalankan tugas.

  • Ram 

RAM atau random access memory merupakan tempat yang digunakan untuk penyimpanan data sementara ketika sebuah komputer sedang dijalankan dan dapat diakses dengan cara random. RAM Juga bisa mempercepat kinerja PC.

  • Slot memori

Merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan memori dimana letaknya bersebelahan dengan socket prosesor. Jumlah slot memori ini sendiri bisa lebih dari satu.

  • Selain itu masih ada komponen lainnya yang terdapat didalam motherboard seperti chipset BIOS, battery CMOS, Power connection, port USB, storage drive connector dan masih banyak lagi.
  1. Hard disk 

Jenis hardware berikutnya yang terdapat didalam komputer adalah harddisk atau dikenal dengan HDD. Ini merupakan perangkat keras pada komputer yang mempunyai fungsi sebagai media penyimpanan sekunder.

didalam hardisk sendiri anda bisa menemukan adanya lebih dari satu piringan dimana mempunyai fungsi untuk menampung data-data dengan menggunakan sistem magnetis. Ini berbeda dengan RAM yang menyimpan data ataupun instruksi secara sementara.

Beberapa fungsi dari harddisk diantaranya adalah sebagai berikut

  • Digunakan untuk menyimpan music
  • Berfungsi untuk menyimpan dokumen
  • Berfungsi untuk menyimpan gambar ataupun video

Seluruh dokumen tersebut akan tersimpan secara permanen walaupun komputer dimatikan. Terdapat 3 jenis hdd yang ada di pasaran yakni IDE (integrated drive electronics), ATA (advanced technology attachment) dan SATA/ serial advanced technology attachment.

  1. PC Cooler atau heatsink 

Perangkat keras yang satu ini memiliki fungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh sebuah PC ketika tengah dioperasikan. Agar proses untuk mendinginkan panas yang terdapat pada komputer bisa berlangsung optimal maka heatsink dipasang di atas prosesor.

Selain itu heatsink tersebut juga akan diberikan gel atau pasta agar bisa menempel dengan baik. Selain itu, hardware komputer yang satu ini juga akan dilengkapi dengan kipas yang bisa mempercepat adanya proses pendinginan. Hardware ini sendiri biasanya terbuat dari bahan aluminium.

  1. Monitor 

Jenis hardware yang selanjutnya adalah monitor. Ini merupakan perangkat keras yang masuk ke dalam golongan output dimana berfungsi untuk menampilkan hasil dari pengolahan data yang bisa berupa grafis. Setiap monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda.

Jenis-jenis monitor diantaranya adalah sebagai berikut

  1. CRT atau cathode ray tube merupakan monitor yang eksis di tahun 2000-an. Jenis monitor ini pasti sering kamu temui bukan?
  2. Monitor LCD merupakan monitor yang tersusun oleh cairan Kristal sehingga bisa menghasilkan kualitas warna yang lebih bagus dibandingkan dengan monitor CRT. Varian cahayanya juga lebih bervariatif.
  3. Monitor LED merupakan jenis monitor yang dianggap sebagai penyempurnaan dari monitor LCD. Kualitas warnanya juga cenderung lebih bagus dimana dilengkapi dengan beragam fitur menarik seperti adanya teknologi touch screen.
  4. Monitor plasma ini juga jenis monitor yang mungkin sudah pernah kamu jumpai. Monitor ini mempunyai gambar dengan kualitas LCD sudut pandang CRT dimana mempunyai bentuk yang cukup ramping dibandingkan dengan monitor lainnya.
  5. Ssd 

Bagian perangkat keras yang  selanjutnya yang wajib kamu ketahui adalah SSD. SSD atau Solid State Drive adalah inovasi terbaru dari penyimpanan harddisk. Dimana ini menjadi media penyimpanan yang menggunakan jenis memori solid state dalam proses penyimpanan data.

Ssd sendiri mempunyai fungsi yang sama dengan Harddisk  tetapi bedanya data yang terdapat pada SSD akan disimpan melalui Chip-chip yang mempunyai kecepatan dan reliabilitas lebih tinggi dibandingkan dengan USB. Ssd ini sendiri juga mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan HDD.

Bukan hanya itu saja, SSD ini juga menawarkan akses komputer yang lebih cepat. SSD juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang mementingkan perlindungan data terhadap guncangan

  1. Keyboard 

Contoh Hardware Komputer yang berikutnya adalah Keyboard. Keyboard ini sendiri merupakan sebuah papan kunci yang dimasukkan ke dalam golongan alat input. Keyboard sendiri terdiri dari huruf maupun angkat. Keyboard mempunyai beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Keyboard qwerty merupakan jenis keyboard yang mempunyai tata letak huruf yang membentuk tulisan QWERTY. Keyboard ini ditemukan pada tahun 1878 dan jenis keyboard ini paling banyak digunakan di dunia.
  • Keyboard DVORAK merupakan keyboard yang ditemukan di tahun 1932 dengan susunan kata dan angka yang lebih menekankan pada jari kanan sehingga bisa mengurangi adanya kelelahan saat mengetik.
  • Keyboard KLOCKENBERG merupakan keyboard yang terpisah antara bagian kiri dan kanan. Kedua keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat untuk membuat penggunanya nyaman.
  • Keyboard alphabetic merupakan keyboard yang disusun berdasarkan urutan Alfabet dimana A-Z
  1. Printer

Selain macam-macam perangkat Hardware Komputer keras diatas, masih ada lagi perangkat keras dalam komputer yakni printer. Printer ini sendiri masuk ke dalam golongan alat output layaknya monitor. Tetapi bedanya, printer ini mempunyai fungsi untuk mencetak hasil dari pengolahan data dimana bisa berupa teks atau gambar.

Teks atau gambar tersebut dicetak kedalam kertas agar bisa menjadi hardcopy. Pada awal perkembangannya, printer ini memang mempunyai fungsi untuk mencetak dokumen saja, tetapi seiring dengan adanya perkembangan zaman, printer mempunyai fungsi scanning.

Berikut ini beberapa jenis printer

  1. Printer inkjet

Merupakan printer yang paling umum digunakan dimana printer ini akan menyemprotkan tinta yang terdapat pada kertas untuk bisa membentuk gambar ataupun dokumen. Kualitas dari printer ini sudah cukup baik

  1. Printer dot matrix

Merupakan printer yang memanfaatkan sistem pembentukan karakter dengan cara menekan jarum yang terdapat pada pita di atas kertas sehingga mampu membentuk karakter tertentu.

  1. Printer laserjet

Merupakan printer yang banyak digunakan saat ini. Jenis printer ini memanfaatkan laser sebagai media untuk mencetaknya. Laser ini juga menggunakan drum dengan sambungan listrik.

Demikian beberapa jenis hardware yang mampu membentuk Hardware Komputer jaringan komputer. Dengan memahami jenis-jenis hardware computer diatas anda bisa mendapatkan pengetahuan yang berharga.

Silahkan pelajari topologi jaringan komputer, & penting sekali buat kamu untuk mengetahui cara belajar komputer secara otodidak.

Cara Membuat Password Komputer

Sabi
3 min read

Cara Mempercepat Komputer

Sabi
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *