Meningkatkan Keamanan komputer

4 min read

keamanan komputer

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat manusia terbiasa berinteraksi dengan komputer dan internet. Internet pun pada akhirnya menjadi kebutuhan pokok masyarakat luas. Meskipun begitu, masih banyak yang belum memahami pentingnya menjaga keamanan komputer. Dengan kemajuan teknologi banyak kegiatan manusia yang menjadi lebih mudah dan cepat.

Kalau dulu kita harus pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli sesuatu, kini kita hanya perlu mengetikkan benda yang kita butuhkan dan barang akan segera tiba dalam beberapa hari.

Dengan begitu, transaksi online akan semakin meningkat. Hal ini menyebabkan banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan kesempatan untuk melakukan tindak kriminal. Sebelum kita menjadi korban dari kejahatan di era digital ini, tidak ada salahnya kita mengetahui tujuan dan cara meningkatkan keamanan komputer.

 

Apa Itu Keamanan komputer?

keamanan komputer
keamanan komputer

Keamanan komputer menurut para ahli, dalam buku yang dituliskan oleh John D. Howard dengan judul “An Analysist of Security Incident on The Internet” menyatakan bahwa keamanan komputer merupakan tindakan pencegahan yang berasal dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab.

Sedangkan menurut Gollman, dalam bukunya yang berjudul “Computer Security” pada tahun 1999 mengatakan bahwa keamanan komputer merupakan upaya pencegahan diri dan pendeteksi terhadap tidakan mengganggu yang berasal dari sumber yang tidak dikenal yang tidak bertanggung jawab.

Dalam bahasa inggris keamanan komputer atau yang biasa kita sebut dengan cybersecurity adalah keamanan informasi yang diimplementasikan pada komputer dan jaringannya dengan tujuan membantu user untuk mendeteksi adanya penipuan berbasis informasi dalam sebuah sistem.

Keamanan komputer merupakan salah satu cabang teknologi yang biasa kita kenal dengan nama keamanan informasi yang berfungsi untuk melakukan perlindungan informasi terhadap pencurian, modifikasi, interupsi, dan gangguan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk meningkatkan keamanan komputer, dilakukan pendekatan seperti membatasu akses fisik terhadap komputer, menerapkan mekanisme pada perangkat keras dan sistem operasi serta membuat program yang dapat diandalkan.

 

Tujuan Keamanan komputer
Tujuan Keamanan komputer

 

Menurut para ahli dalam computer security Garfinkel dan Spafford, komputer dapat dikatakan aman jika perangkat lunak yang dimilikinya dapat bekerja sesuai harapan. Tujuan dari keamanan komputer:

  • Availability

Keamanan komputer berhubungan dengan ketersediaan sebuah data saat dibutuhkan.

  • Integrity

Sebuah informasi tidak dapat dirubah kecuali oleh pemilik informasi tersebut

 

  • Privacy

Pencegahan informasi supaya tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak memiliki hak atasnya

 

  • Autentication

Dilakuakan saat pengguna melakukan login dalam sebuah sistem menggunakan nama user dan password

 

  • Confidentiality

Data dapat diberikan kepada pihak lain dengan tujuan khusus tetapi penyebarannya tetap dijaga.

 

Ancaman Yang Terjadi Pada Komputer

Ancaman Yang Terjadi Pada Komputer
Ancaman Yang Terjadi Pada Komputer

Berikut beberapa ancaman yang dapat menyerang komputer:

  • Sniffing

Program yang merupakan versi trial 10 hari ini merupakan program yag dibuat untuk melakukan pembacaan data yang berasal dari sumber yang tak dikenal.

 

  • Spoofing

Spoofing juga dikenal sebagai pemalsuan alamat IP attacker. Spoofing akan membuat target menganggap alamat IP attacker merupakan alamat IP berasal dari host dalam network, bukan diluar network.

 

  • Finger Exploit

Finger exploit digunakan untuk sharing informasi dalam sebuah jaringan yang dikenal di anatara pengguna di dalamnya.

 

  • Brute Force

Brute Force adalah metode untuk melakukan penjebolan keamanan dengan menggunakan password.

 

  • Password Cracking

Ini merupakan metode yang digunakan hacker untuk melawan perlindungan password yang dienskrip dalam sebuah sistem.

Vrius merupakan program yang dibuat untuk merusak, memanipulasi, dan mengubah suatu file.

 

 

Cara Meningkatkan Keamanan komputer

Cara Meningkatkan Keamanan komputer
Cara Meningkatkan Keamanan komputer

Komputer merupakan perangkat yang sering digunakan dalam keseharian. Begitupula dengan internet. Berselancar di dunia maya merupakan hal yang wajar dilakukan untuk mencari informasi maupun hiburan. Tetapi, komputer yang tersambung dengan jaringan internet mempunyai resiko berupa ancaman data dan privasi penggunanya.

Dengan peran teknologi yang semakin penting dalam kehidupan keseharian, kita patut bersikap waspada dengan ancaman cybersecurityyang mengancam data pribadi kita. Berikut ini kami berikan beberapa cara untuk meningkatkan keamanan komputer  supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Menggunakan Anti Virus

Anti virus merupakan aplikasi penting yang harus dimiliki setiap komputer untuk meningkatkan keamanan komputer. Untuk pengguna Windows 10, kini tak udah bingung lagi dengan anti virus karena windows telah menyediakannya tanpa kalian harus mengunduh.

 

  • Jangan Melakukan Pembayaran Online Sembarangan

Salah satu hal yang sering dilakukan pada saat menggunakan komputer adalah belanja online. Banyaknya kemudahan yang didapatkan membuat masyarakat sangat mudah melakukan transaksi online.

 

Berhati-hatilah dalam melakukan pembayaran secara online. Gunakan market place yang terpercaya dan jangan mudah memberikan informasi data diri kepada orang lain. Apalagi komputer yang kalian gunakan juga digunakan bersama dengan yang lainnya.

 

  • Ganti Password

Setiap komputer tetunya memiliki fitur keamanan berupa pemberian password. Fitur ini sangat baik untuk diaktifkan. Rutin melakukan penggantian password dapat meminimalisir terjadinya kehilangan informasi pribadi dalam komputer.  Gunakanlah kombinasi password yang unik agar tidak mudah diketahui orang lain. Dan jangan pula berbagi password dengan sembarang orang.

 

  • Gunakan Incognito Mode

Incognito mode merupakan fitur pada web untuk menonaktifkan cache browsing dan history. Fitur ini sangat berguna saat mengakses data penting menggunakan internet terutama di tempat umum.

 

  • Gunakan Firewall

Firewall bertugas untuk mengawasi seluruh data yang keluar masuk dari dan ke komputer kalian. Pengawasan ini berguna untuk memastikan file yang masuk dalam komputer kalian merupakan file yang aman, begitupula file yang keluar bukan file yang diambil dengan paksaan.

 

Jika terjadi pengiriman data keluar tanpa ijin dari pemilik komputer, maka firewall akan segera menghalangi proses pengiriman data dan emblokir pemohon file. Selain itu, firewall juga mampu menyaring virus, penyadapan email, dan spyware yang dapat merekam penginputan data pada komputer.

 

  • Update Patch OS Bila Tersedia

Operating system(OS) merupakan sistem operasi komputer yang kalian gunakan seperti Windows, Mac, IBM, dan lainnya.  Pengembangakn OS dilakukan secara berkala karena adanya perbaikan dan peningkatan keamanan.

 

  • Gunakan Access Control List (ACL)

Access Control List merupakan penyortiran paket data yang keluar masuk jaringan komputer berdasarkan kategori melalui router.ACL berisi daftar IP, MAC, subnet, atau port yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkn untuk melewati jaringan.

 

  • Waspada Spam Pada Email

Kalian pasti sering mendapatkan pesan yang berisi promosi atau iklan dari berbagai media sosial. Pesan spam seperti ini akan membahayakan data privasimu dalam komputermu jika langsung kallian buka. jangan membuka link yang ada dalam pesan spam sembarangan.

keamanan komputer
keamanan komputer dari berbagai ancaman virus dan serangan malware

Jika kamu mendapatkan pesan spam, verifikasilah dahulu pesan tersebut apakah sudah benar. Kalian bisa menggunakan google untuk mengecek situs resmi dari pesan tersebut. Lalu hapus dan jangan membagikan pesan tersebut

Pelajari juga: cara bagaimana mengembalikan file yang terhapus 

Meningkatkan keamanan komputer adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap orang yang selalu berinteraksi dengan komputer. Terlebih lagi oleh mereka yang melakukan setiap kegiatan dengan komputer untuk memenuhi kebutuhannya, seperti belanja online, membuat akun, melakuakn transaksi dan lainnya.

Banyaknya data privasi yang kita simpan dalam komputer membuat kita harus waspada pada bahaya-bahaya yang mengancam. maka dari itu dianjurkan untuk meningkatkan keamanan komputer sebelum terjadinya hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *