Interaksi manusia dan komputer

4 min read

Interaksi manusia dan komputer

Hampir setiap hari tentunya kita selalu melakukaninteraksi dengan lingkungan tempat kita tinggal. Tetapi, tahukah kamu kalau dengan teknologi semacam komputer kita juga melakukan interaksi? Interaksi manusia dan komputer bahkan memiliki cabang ilmunya tersendiri.

Disiplin ilmu interaksi manusia dengan komputer tentunya memiliki tujuan dalam upaya membuat manusia lebih dimudahkan dengan adanya teknologi.

Pada kesemptan kali ini, kami akan mengulas mengenai interaksi manusia dan komputer (IMK). Mulai dari pengertian, konsep, sejarah, faktor, hingga tujuan dari studi IMK tersebut.

 

Apa yang Dimaksud dengan Interaksi Manusia dan Komputer?

interaksi manusia dan komputer
Apa yang Dimaksud dengan Interaksi Manusia dan Komputer?

Interaksi manusia dan komputer (IMK) yang dalam bahasa inggris disebut Human Computer Interaction (HCI) merupakan studi yang mempelajari mengenai hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antar pengguna komputer (user) supaya dapat digunakan dengan mudah.

Istilah komputer yang digunakan dalam pembahasan kali ini merupakan hardware dan software. Hardware yang dimaksud bukan hanya personal computer atau laptop, melainkan semua yag memiliki antar muka (interface) termaksuk handphone.

User atau manusia dalam hal ini dapat seorang individu ataupun kelompok dalam suatu organisasi yang berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan teknologi komputer.

Terdapat 3 komponen penting dalam studi interaksi manusia dan komputer :

  • Pengguna

Manusia sebagai pengguna merupakan komponen yang berperan penting. Dalam hal ini yang dimaksud dengan pengguna adalah manusia secara individu maupun group.

  • Komputer

Dalam studi ini, yang dimaksudkan dengan komputer adalah semua teknologi baik personal computer maupun yang berskala besar. Jika kita membahasa desain aplikasi, maka aplikasi tersebut menjadi bagian dari komputer dalam studi ini.

  • Interaksi

Studi ini memastikan interaksi antara manusia dengan komputer bisa berjalan lancar.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa interaksi manusia dan komputer (IMK) merupakan suatu sistem interaksi atau interface (antarmuka) yang mampu memenuhi kebutuhan user dengan menawarkan kemudahan.

Sejarah Interaksi manusia dan komputer

Sejarah Interaksi manusia dan komputer
Sejarah Interaksi manusia dan komputer

Saat komputer pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat umum, komputer masih sulit untuk digunakan dan tidak praktis. Karena ukurannya yang besar dan biaya yang dikeluarkan sangat mahal hingga hanya orang tertentu yang memilikinya seperti para ilmuwan dan perusahaan.

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan komputer semakin pesat hingga ukurannya pun semakin kecil hingga lebih praktis untuk dibawa kemana-mana. Begitupula dengan biayanya yang relatif terjangkau oleh masyarakat luas.

Kemanjuan teknologi inilah yang mempengaruhi rancangan sistem. Sistem yang dirancang harus mampu memenuhi kebutuhan pemakainya. Pada tahun 70-an mulai muncul studi teknik antarmuka pemakai (userinterface) yang disebut dengan ManMachine Intercation (MMI).

Studi tersebut terus dikembangkan hingga muncul istilah Human Computer Interaction (HCI) atau Interaksi manusia dan komputer pada tahun 80-an. Hingga kini studi ini semakin berkembang lagi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan manusia.

Hingga pada tahun-tahun berikutnya mulai berkembang antar muka Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan lingkungan kerja

 

Konsep Dalam Interaksi manusia dan komputer

konsep interaksi komputer dan manusia
konsep interaksi komputer dan manusia

Interaksi manusia dan komputer merupakan hal yang berkaitan dengan desain, implementasi, dan penilaian sistem komputer untuk kegunaan manusia beserta fenomena yang terkait dengannya.

Sistem interaksi merupakan bagian dari sistem komputer yang dibuat untuk memudahkan manusia melakukan interaksi dengan komputer dalam memanfaatkan kemampuan pengolahan data pada komputer itu sendiri.

Kosep dasar dari interaksi manusia dan komputer berpegang bahwa prorgam yang dibuat harus berdasarkan kebutuhan pengguna komputer dan program tersebut dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna (user friendly) meski pengguna tidak paham secara mendalam mengenai ilmu komputer.

 

Tujuan Dibuatnya Interaksi manusia dan komputer

Tujuan Dibuatnya Interaksi manusia dan komputer
Tujuan Dibuatnya Interaksi manusia dan komputer

Setiap disiplin ilmu yang ada pastinya memiliki tujuantersendiri. Begitu pula dengan disiplin ilmu Interaksi manusia dan komputer. Selain harus mudah digunakan, ternyata ada beberapa hal lain tujuan dari studi ini. Berikut beberapa tujuan dari studi ini :

  • Mudah digunakan (usable): Mampu membuat software atau program yang mudah digunakan oleh pengguna (user friendly) baik software untuk pc ataupun mobile sehingga pengguna dapat mengoperasikannya dengan mudah.
  • Efisien: Menghindari kebingungan dalam penggunaan sebuah program atau aplikasi.
  • Efektifitas (efectiveness) : meningkatkan efektifitas dalam bekerja.
  • Aman: dapat digunakan oleh pengguna tanpa adanya rasa takut dalam menggunakan sebuah program atau aplikasi.
  • Fungsional: dapat membuat prorgam sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Cara mengatasi komputer yang lemot sedang asik kamu gunakan.

Bidang-Bidang yang Mempengaruhi Perkembangan IMK

Bidang-Bidang yang Mempengaruhi Perkembangan IMK
Bidang-Bidang yang Mempengaruhi Perkembangan IMK

Dalam mewujudkan suatu program yang sesuai dengan kebutuhan manusia, maka diperlukan beberapa bidang ilmu pengetahuan untuk meneliti hal tersebut. Karena tentunya setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda hingga dapat mempengaruhi pola perilaku interaksi terhadap komputer.

Berikut beberapa bidang ilmu pengetahuan yang turut membantu dalam perkembangan interaksi manusia dan komputer.

  • Teknik Eletronika

Bidang ini membantu kita untuk mempelajari aspek yang berhubungan dengan perangkat keras (hardware) pada komputer supaya kita lebih dapat memfungsikan perangkat tersebut lebih baik dengan pengetahuan yang benar.

  • Psikologi

Pada bidang psikologi, dilakukan pendalaman akan perilaku, persepsi (pencerapan), pengolahan kognitif, dan keterampilan motorik orang yang akan menggunakan program yang akan dibuat. Hal ini dilakukan karena para pengguna tentunya memiliki karakter yang berbe-beda.

  • Ilmu Komputer

Ilmu komputer sangat diperlukan untuk membatu kita mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan perangkat lunak (software) komputer.

  • Perancangan Grafis dan Tipografi

Penampilan dari interface yang dibuat harus mampu menarik dan lebih mudah dimengerti bagi para pengguna karena visual dapat membantu menggambarkan sesuatu jauh lebih baik.

  • Ergonomik

Ergonomi berhubungan dengan lingkungan fisik seperti komponen fisik, penantaan tempat, dan lainnya yang dapat membantu kita untuk mendapatkan lingkungan kerja yang sesuai.

  • Antropologi

Antropolgi berperan memberikan gambaran tentang cara kerja anggota dalam sebuah kelompok agar dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing.

  • Linguistik

Linguistik berguna untuk membantu menjembatani kesenjangan bahasa antara manusia dan komputer.

  • Sosiologi

Ilmu sosiologi dapat membantu mengkaji dampak sosial dari interaksi yang terjadi atas manusia dan komputer.

 

Prinsip Utama dalam Mendesain Antarmuka (Interface)

Prinsip Utama dalam Mendesain Antarmuka (Interface)
Prinsip Utama dalam Mendesain Antarmuka (Interface)

Untuk menciptakan desain antarmuka yang baik, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa hal yang menjadi prinsip dasar mendesain antarmuka pada interaksi manusia dan komputer

  • Kapabilitas Pengguna

Sebuah software harus seolah-olah mengenal pengunanya, mengenal karakteristik penggunanya, dan sifat sampai kebiasaan pengguna. Pembuat program atau desainer harus mampu membuat program yang merepresentasikan pengguna yang memiliki bermacam karakteristik.

  • Konsistensi

Software engineer harus memperhatikan hal yang bersifat konsisten pada saat merancang aplikasi agar pengguna tidak mengalami kesulitan pada saat berpindah posisi atau lokasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Terutama konsistensi pada warna, struktur menu, font, dan format desain.

  • Sederhana

Interfaceyang memiliki banyak menu bukan berarti interface yang baik. Pengguna akan merasa jenuh dan bosan dengan informasi yang dihasilkan terlalu panjang dan berbelit.

 

Interaksi manusia dan komputer merupakan sebuah studi yang dilakukan untuk membuat sebuah program atau aplikasi yang user friendly dengan beberapa ketentuan yang dipengaruhi oleh beberapa bidang ilmu.

Maka dari itu, adanya program atau aplikasi yang mudah untuk kita gunakan sekarang merupakan wujud dari disiplin ilmu interaksi manusia dan komputer.

Pelajari, aplikasi edit foto di koputer yang bisa kamu terapkan sekarang.

Mengenali Sistem komputer

Sabi
4 min read

Tentang Pranata komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *