Cara Melihat DVR dari Komputer

3 min read

cara melihat dvr dari komputer

DVR atau Digital Video Recorder merupakan alat untuk merekam video dalam bentuk digital. DVR sendiri banyak digunakan pada CCTV. Cara melihat DVR dari komputer pun tak jauh berbeda dengan alat perekam lainnya. DVR ini memiliki alat penyimpanan tersendiri yang dapat memungkinkan penggunanya untuk melihat hasil rekamannya pada monitor.

Sayangnya masih banyak yang kebingungan dengan bagaimana cara mengetahui DVR dari komputer serta bagaimana cara kerjanya.

Pada artikel akan dibahas mengenai DVR, mulai dari pengertian, cara melihat, dan fungsinya pada perangkat keamanan CCTV. Langsung saja simak pembahasaanya.

Apa itu DVR?

 

Digital Video Recorder
Digital Video Recorder

DVR seperti yang diketahui merupakan singkatan dari Digital Video Recorder. Alat ini merupakan perangkat elektronik yang dapat merekam video ke dalam bentuk digital. Durasi perekama DVR pun bisa mencapai berbulan-bulan. Itulah sebabanya DVR banyak digunakan dalam CCTV.

Tak hanya banyak digunakan pada CCTV, DVR juga banyak dijumpai untuk merekam siaran TV. Fitur yang dimilikinya pun cukup beragam. Bahkan terdapat fitu yang mampu menghubungkan DVR ke internet, sehingga alat ini bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Lalu Apa Fungsi DVR pada CCTV?

Pada CCTV, DVR merupakan elemen yang wajib ada. Selain berfungsi untuk merekam, DVR juga memiliki berbagai fitu yang berguna untuk sistem kemananan. Fitu seperti tanggal dan waktu perekaman yang terdapat dalam kamera akan mempermudah sistem keamanan untuk melihatnya.

DVR telah memiliki memori penyimpanan sendiri. Hal ini tentunya sangat berguna untuk CCTV. Apalagi dengan adanya sistem kontrol jarak jauh yang ditawarkan DVR akan membuat fungsi CCTV menjadi lebih baik.

Pengguna kamera CCTV bahkan tak perlu berdiam diri di depan monitor untuk mengwasi bangunan atau tempat publik. Karena dengan menggunakan DVR memungkinkan untuk menyimpan hasil rekaman pada memori.

Kamera ini juga mampu merekam dalam jangka waktu yang lama. Sebagai kamera pengawas, CCTV tentunya membutuhkan hal tersebut. Menggabungkan DVR dengan CCTV sebgai salah satu alat elektronik kemaanan tentunya akan menghasilkan banyaknya keuntungan.

Cara Melihat DVR dari Komputer

Terdapat beberapa cara mengetahui DVR dari komputer dan berbagai media lainnya yang dapat dilakukan. Kalian bahkan bisa melihat DVR menggunakan jaringan internet untuk memantau CCTV secara online. Berikut adalah beberapa cara melihat DVR:

1.      Melihat DVR melalui Komputer

Cara melihat DVR dari komputer dapat dilakukan secara langsung. Hal ini karena DVR pada CCTV biasanya dihubungkan langsung kepada sebuah komputer. Tujuannya adalah memudahkan pemantauan pada sistem kemanan CCTV.

Cara melihat DVR dari komputer
Cara melihat DVR dari komputer

Kalian juga bisa menghubungkan DVR ke laptop pakai HDMI untuk melihat hasil rekamannya.Selain itu kalian juga bisa melihat DVR melalui komputer dengan menggunakan memori hasil rekaman yang telah dipindah ke flashdisk.

2.      Melihat DVR dari Windows

Melihat DVR dari Window berbeda dengan cara melihat DVR dari komputer yang terhubung. Pada Windows perlu diketahui nomor IP dari DVR. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghubungkan kanel LAN DVR ke router menggunakan jaringan LAN.

Melihat DVR dari Windows
Melihat DVR dari Windows

Sebelumnya pastikan kalian mengetahui IP dari DVR. Setelah mengetahui IP DVR, siapkan komputer yang terhubung dengan router yang sama. Ketik IP kamera di PC pada browser kalian. Lalu login sebagai admin.

3.      Melihat DVR melalui samrtphone

Melihat DVR melalui samrtphone
Melihat DVR melalui samrtphone

Cara melihat DVR dari smasrtphone serupa dengan melihat DVR dari Windows. Perbedaannya kalian harus mendownload aplikasi khusus yang dapat menghubungkan smartphone dengan DVR milik kalian.

Komputermu lemot? Baca: Cara mempercepat komputer

Cara Mengetahui IP DVR CCTV

Sebelumnya dijelaskan untuk dapat melihat rekaman DVR dari jarak jauh perlu mengetahui nomer IP pada DVR CCTV. Adapun cara untuk melihat nomer IP DVR kalian adalah sebagai berikut:

1.      Menggunakan Software Internet Camera Admin

Cara Mengetahui IP DVR CCTV
Cara Mengetahui IP DVR CCTV

Software ini bisa mendeteksi IP DVR yang terkoneksi internet. Tak hanya menunjukakan nomer IP, informasi yang diberikan juga cukup lengkap. Informasi tersebut meliputi nama dan model kamera, serta MAC addres.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada alamat IP, gateway dan port yang terhubung. Kalian bisa mendownload aplikasi ini di Google Play Store.

2.      Mennggunakan IP Finder

Mennggunakan IP Finder
Mennggunakan IP Finder

Software lain yang bisa digunakan untuk mengetahui IP DVR kalian adalah IP Finder. Aplikasi ini dapat menemukan alamat IP dari berbagai jenis kamera melalui jaringan internet.

Fitur yang dimiliki sama dengan aplikasi sebelumnya, yaitu dapat melacak nomer IP serta mengatur alamat IP, gateway, dan port. Kalian bisa mencari aplikasi ini di Google untuk mendownloadnya.

3.      Mencari nomor IP di Browser

Selain menggunakan aplikasi software, kalian juga bisa menemukan nomor IP CCTV lewat browser. Caranya pun cukup mudah.

Mencari nomor IP di Browser
Mencari nomor IP di Browser

Pertama masuk pada situs What Is My IP. Pada website tersebut kalian bisa melakukan penyelidikan untuk menemukan nomer IP pada DVR CCTV publik.

Baca juga: Cara mengganti password komputer

Cara Melakukan Back Up Data DVR

cara melihat DVR dari komputer
Cara Melakukan Back Up Data DVR

Backup hasil rekaman CCTV melalui DVR penting dilakukan. Tak hanya untuk instansi tertentu saja, hal ini juga sangat penting bagi pengguna CCTV rumahan. Adapun tips yang dapat kalian lakukan untuk melakukan backup pada DVR adalah sebagai berikut:

1.      Mengunakan Fitur Mirroring

DVR telah memiliki berbagai fitur yang memudahkan penggunanya. Salah satunya fitur mirroring. Fitur ini memungkinkan DVR mengkopi hasil rekaman secara otomatis ke dalam penyimpanan. Oleh karennya pada DVR perlu dipasang harddisk lebih dari satu.

Hal ini bertujuan agar DVR dapat menstransfer data backup ke harddisk yang lain ketika harddisk utama telah penuh. Harddisk tambahan di sini berfungsi sebagai mirror atau cadangan.

2.      Menyediakan Harddisk Tambahan

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah harddisk tambahan. Apabila kalian hanya menggunakan satu harddisk, kalian harus memastikan harddisk yang telah penuh segera diganti dengan harddisk baru.

Namun, setelah mengganti harddisk data backup sebelumnya tidak dapat berpindah ke harddisk baru. Jadi melakukan backup dengan mengganti harddisk memungkinkan kalian untuk tetap menyimpan file yang lama. Karena cara ini tidak menggunakan fitur mirroring.

3.      Menghindari Penggunaan USB

Ketika melakukan bacupk data pada DVR sangat tidak dianjurkan menggunakan kabel USB. Hal ini karena kecepatan transfer USB yang sangat rendah. Selain memakan waktu yang lama cara ini juga dapat menyebabkan laptop atau komputer kalian error.

Backup melalui USB juga mengharuskan kalian untuk menghentikan perekaman. Karena apabila dilakukan backup dan perekeman secara bersamaan dipastikan lapto atau komputer kalian akan bekerja lebih berat.

Namun jika terpaksa menggunakan USB disarankan untuk hanya mengkopi video yang berdurasi singkat saja. Fitur DVR yang telah memiliki interval waktu berdasarkan event memungkinkan kalian dapat mudah mencari video yang hendak di backup.

Itulah penjelasan singkat mengenai DVR dan berbagai fungsinya. Semoga artikel ini dapat mempermudah kalian untuk mengetahuibagaimana cara melihat DVR dari komputer, serta hubungannya DVR dengan CCTV sebagai sistem keamanan.

 

 

Cara Membuat Password Komputer

Sabi
3 min read

Cara Mempercepat Komputer

Sabi
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *