Cara Membersihkan Komputer

3 min read

cara membersihkan komputer

Cara merawat dan menjaga performa laptop selain rajin membersihkannya dari debu adalah dengan membersihkan file sampah yang menumpuk. Tak jarang hal ini membuat laptop atau komputer menjadi lemot. Cara membersihkan komputer dari file sampah dapat dilakukan sendiri.

Setiap aktifitas dari Windows secara otomatis akan membentuk file-file sampah atau biasa disebut temporary file. Penumpukan file sampah tentu akan memperberat kerja RAM komputer kalian. Oleh karenanya performa laptop atau komputer menjadi menurun.

Lalu bagaimana cara membersihkan komputer dari file sampah? Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk membersihkan komputer. Langsung saja simak penjelasanyan di bawah ini.

Cara Merawat dan Menjaga Komputer

Cara Membersihkan Komputer
Cara Membersihkan Komputer

Sebelum  kita membahas cara membersihkan komputer perlu diketahui bahwa menjaga dan merawat komputer sangatlah penting untuk dilakukan. Hal itu tentunya dapat memperpanjang usia komputer atau lapto kalian.  Karena seringnya gadget berusia pendek akibat perawatan buruk.

Membersihkan kondisi fisik laptop atau komputer kalian merupakan salah satu cara yang dapat wajib dilakukan. Debu pada PC dapat menjadi sangat menggangu. Bahkan bisa mengurangi performa hardware yang terpasang. Misalnya pada kipas pendingin laptop.

Kipas pendingin yang dipenuhi dengan debu tentu tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal ini dapat menyebabkan masalah serius pada laptop. Selain itu debu yang terdapat pada keyboard dan layar juga dapat menganggu aktifitas kalian. Selain tidak sehat juga dapat menganggu sistem operasi.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam menjaga PC kalian adalah membersihkan file sampah secara berkala. Meski terlihat sepele hal ini bisa berdampak buruk apabila tidak dilakukan. Sistem operasi pada PC kalian dapat terganggu.

Baca juga: cara mengecilkan layar komputer

Menghapus Cache di Windows

Menghapus Cache di Windows
Menghapus Cache di Windows

Menghapus sampah sistem pada komputer atau laptop tidaklah sulit. Terdapat dua cara sederhana yang bisa kalian terapkan. Adapun caranya adalah menggunakan software bawaan Windows atau menggunakan software pihak ketiga. Berikut adalah penjelasannya:

·         Menggunakan Windows + Run

Bagi pengguna Windows cara pertama ini adalah yang paling mudah dan cepat. File-file sementara yang menumpuk menjadi sampah bisa dibersihkan menggunakan cara. Adapu langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Win+R secara bersamaan pada keyboard.
  2. Setelah muncul jedela Run ketik %temp% lalu tekan enter.
  3. Kemudian akan muncul jendela yang menampilkam seluruh file cache atau file sementara.
  4. Tekan Ctrl+A pada keyboard untuk menghapus cache di windows dengan cepat.
  5. Untuk menghapus file sampah lainnya pada jendela Run kalian bisa mengetikkan prefetch, lalu tekan enter.

·         Menggunakan Disk Clean up

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk membersihkan sampah pada laptop adalah dengan Disk Clean up. Fitur yang terdapat pada Windows ini memudahkan penggunanya untuk membersihkan temporary file yang menumpuk.

Menggunakan Disk Clean up
Menggunakan Disk Clean up

Disk cleanup bahkan bisa membersihkan file sisa upgrade Windows yang memiliki ukuran besar. Hal ini tentunya akan mencegah komputer atau laptop kalian dari yang lambat. Adapun langkah-langkah menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut:

  1. Jika ingin menghapus file sampah di Drive C. Klik kanan pada Drive C (untuk pengguna Windows 8), lalu pilih Properties.
  2. Pada menu ini akan muncul opsi Disk Cleanup. Pilih opsi tersebut.
  3. Pada jendela Disk Cleanup akan muncul beberapa file sampah yang terdapat dalam komputer.
  4. Centang file sampah yang ingin dihapus, lalu pilih OK
  5. Terakhir pilih Delete Files ketika muncul jendela pertanyaan.

·         Menggunakan Aplikasi CCleancer

Menggunakan Aplikasi CC Cleancer
Menggunakan Aplikasi CC Cleancer

Aplikasi pihak ketiga yang paling populer untuk membersihkan file sampah adalah CC Cleanser. Selain ringan, aplikasi ini juga ampuh membersihkan berbagai sampah. Berikut adalah cara membersihkan komputer dari sampah menggunakan aplikasi ini:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstall aplikasi CC Cleanser pada komputer kalian.
  2. Setelah itu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Centang file-file yang hendak dibersihkan dari file sampah.
  4. Pilih Anallyze untuk menganalisa sampah pada file yang telah dipilih sebelumnya.
  5. Klik Runs Cleaner untuk menghapus file sampah secara permanen dari laptopmu.

Membersihkan Komputer dari Virus

Tak hanya file sampah, virus dan malware yang bersarang di komputermu juga harus segera dibersihkan. Selain mengancam sistem operasi dan data yang tersimpan pada komputer, virus dan malware juga dapat membuat PC menjadi lemot. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

·         Membersihkan dari virus shortcut

Cara Membersihkan Komputer
Membersihkan Komputer dari Virus dari shortcut

 

Shortcut yang sering muncul tiba-tiba pada storage adalah akibat dari infeksi virus. Virus jenis ini tidak berbahaya bagi file maupun sistem operasi. Namun, virus ini apabila dibiarkan akan terus memakan memori harddisk yang menyababkan performa PC menurun.

Menghapus virus ini cukup mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi antivirus yang terpasang di laptop. Namun tak jarang virus ini tidak terdeteksi, maka cara manual harus kalian gunakan untuk membasminya.

Cari dan temukan file di memori penyimpanan kalian yang terlihat aneh. Biasanya file ini memiliki ekstensi .ink. Langsung hapus file tersebut dari komputer kalian secara permanen. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan virus tersebut

·         Membersihkan Komputer dari Malware

Membersihkan Komputer dari Malware
Membersihkan Komputer dari Malware

Malware berbeda dengan virus. Namun kebanyakan orang menganggapnya sama. Malware yang bersarang di komputer dapat merugikan karena bisa membuat data corrupt. Tak hanya itu malware biasanya dibuat untuk mencuri data dari pengguna.

Cara mencegah atau membersihkan komputer dari malware adalah dengan sering membersihkan temporary file. Karena malware biasanya bersarang di sana. Malware biasanya menyerang komputer melalui internet atau spam iklan pada suatu website.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah scanning secara keseluruhan pada laptop menggunakan antivirus pada Safe Mode. Safe Mode memungkinkan malware yang bersarang menjadi tidak aktif sehingga mudah dihapus.

Selain menggunakan antivirus, hal lain yang dapat dilakukan untuk mencegah malware adalah dengan tidak mendownload file sembarangan. Karena malware sering disisipkan pada file yang dapat dengan mudah diunduh oleh pengguna internet.

Baca juga: cara mengatasi komputer hang

Menginstall Ulang Sistem Operasi

Cara Membersihkan Komputer
Menginstall Ulang Sistem Operasi

Menginstall ulang sistem operasi merupakan cara terkahir yang bisa ditempuh untuk membersihkan laptop atau komputer dari sampah dan virus. Meski terbilang cukup beresiko, cara ini ampuh untuk membuat laptop atau komputer menjadi bersih dan seperti baru.

Melakukan install ulang terkadang perlu dilakukan seperti halnya membersihkan komputer. Hal ini akan merefresh seluruh sistem omperasi dalam komputer sehingga terasa seperti baru lagi. Meski sangat ampuh sebelum melakukannya pastikan sudah memindahkan file penting.

Hal ini karena saat install ulang tidak hanya file sampah yang terhapus. Tetapi juga file yang terdapat dalam Drive C. Karena install ulang merupakan pembersihan sistem secara keseluruhan.

Baca juga: Fungsi harddisk

Itulah beberapa cara membersihkan komputer dari sampah yang bisa kalian terapkan. Menjaga dan merawat komputer merupakan hal yang wajib dilakukan bagi setiap penggunanya. Karena itu lakukan pembersihan secara berkala baik pada sistem maupun fisiknya.

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *