Cara Mempercepat Komputer

4 min read

cara mempercepat komputer

Komputer atau laptop yang lemot saat digunakan tentunya mengganggu aktifitas kalian. Tak hanya itu, saat terhubung dengan koneksi internet komputer sering menjadi lemot. Pada artikel ini kita akan mengetahui bagaimana cara mempercepat komputer yang ampuh. Kalian tidak perlu buru-buru mengganti laptop atau komputer karena performanya yang menurun atau menjadi lemot.

Terdapat bererapa trik yang bisa kalian terapkan untuk meningkatkan performa laptop atau komputer.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara mempercepat kinerja komputer dan cara mempercepat koneksi internet pada komputer. Simak penjelasanya berikut ini.

Cara Mempercepat Komputer dengan Menghapus File sampah

Cara Mempercepat Komputer
Cara Mempercepat Komputer dengan Menghapus File sampah

Cara mempercepat komputer pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menghapus file sampah. File sampah yang menumpuk pada Recycle Bin dapat menurunkan kinerja komputer. Selain mengosongkan file sampah di Recycle Bin kalian juga melalukan Disk Cleanup.

Disk Cleanup akan membantu kalian menghapus seluruh file sampah yang terdapat pada disk. Seperti temporary file, file chace, dan sampah sisa di Recycle Bin. Caranya pun cukup mudah, kalian tinggal masuk ke menu Properties pada disk dan melakukan Disk Cleanup.

Cara lain yang bisa kalian gunakan untuk mengahpus file sampah pada laptop adalah dengan menggunakan software. Kalian bisa menggunakan CCCleaner atau software pembersih lainnya untuk menghapus file-file sampah yang menumpuk.

Baca juga: cara membuat password komputer dengan simple dan cepat.

Minimalkan Program Startup

Minimalkan Program Startup
Minimalkan Program Startup

Starup merupakan aplikasi yang tidak terpakai namun terus berjalan  di dekstop kalian. Program Startup yang terlalu banyak dijalankan juga dapat menyebabkan komputer kalian lemot. Agar tidak lemot, kalian perlu mematika beberapa program yang berjalan.

Caranya tekan Win+R untuk masuk ke menu Run. Lalu ketik msconfig. Pada jendela yang muncul pilih Startup. Selanjutnya kalian bisa mencentang program-program yang akan kalian nonaktifkan.

Sebelum mematikan program Startup yang berjalan pastikan bahwa aplikasi yang kalian matikan bukan program bawaan Windows. Karena jika kalian mematikan program yang bawaan Windows yang penting, laptop bisa menjadi hang.

Install Antivirus

Install Antivirus
Install Antivirus

Virus terkadang dapat menyebabkan laptop menjadi lemot. Cara untuk mengatasai laptop lemot akibat virus tentunya dengan menginstall aplikasi antivirus.

Namun, perlu diperhatikan untuk menginstall software antivirus yang tepat. Karena bisa jadi antivirus yang kalian install justru membuat lapto semakin lemot.

Jika kalian merasa software antivirus yang kalian install menyebabkan performa laptop menurun. Kalian bisa memanfaatkan antivirus bawaan Windows, yaitu Windows Defender. Aplikasi ini bisa digunakan pada Windows 8 hingga Windows 10.

Melakukan Defrag pada Harddisk

Melakukan Defrag pada Harddisk
Melakukan Defrag pada Harddisk

Disk Defragmenter juga merupakan salah satu tool yang dapat meningkatkan performa laptop kalian. Laptop yang lelet terkadang terjadi akibat Drive kita melakukan fragmentasi pada data sehingga membuatnya bekerja lebih keras.

Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan Disk Defragmenter ini. Tool ini akan membantu menyusun file sejenis dalam satu tempat yang sama. Sehingga sistem tidak bekerja terlalu keras untuk mencari data yang tersebar.

Cara melakukannya pun cukup mudah. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan masuk ke menu Properties pada Drive yang ingin kalian defrag. Selanjutnya pilih menu Tools, lalu klik Defragmen Now.

Tunggu hingga prosesnya selesai, maka laptop akan normal kembali. Sangat disarankan untuk melakukan defragmentasi pada harddisk secara berkala. Sehingga meminimalisir terjadinya bug atau error pada disk kalian.

Pelajari juga: Bagaimana cara melihat DVR dari komputer

Menggunakan Regedit

Menggunakan Regedit
Menggunakan Regedit

Kalian juga bisa mempercepat komputer dengan Regedit. Regedit atau Registry Editor pada dasarnya berfungsi untuk mengatur sistem pada Windows. Hal ini bisa kalian manfaatkan untuk meningkatkan performa laptop kalian.

Meski cara ini cukup mudah kalian perlu berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan saat melakukannya. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah masuk ke menu Run dengan menekan Win+R. Pada jendela Run ketik regedit, kalian akan otomatis masuk ke jendela menu Regedit.

Selanjutnya pilih menu File lalu Export. Setelah diexport kalian akan menemukan berbagai file registry. Untuk mempercepat kalian bisa memasukan value seuai dengan kebutuhan kalian untuk mempercepat kinerja komputer.

Memanfaatkan Visual Effect Minimalis

Memanfaatkan Visual Effect Minimalis
Memanfaatkan Visual Effect Minimalis

Efek visual pada lapto atau komputer memiliki pengaruh yang besar terhadap performanya. Apalagi jika kalian menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah. Untuk mengatasi masalah ini kalian bisa meminimalisir penggunaan efek visual yang berlebih pada laptop.

Caranya masuk ke menu Control Panel, pilih System dan Security. Selanjutnya pilih System, kemudia masuk ke Advance system settings.  Mauk ke Performance Settings pada jendela Advanced. Pada menu ini silahkan pilih Custom.

Selanjutnya kalian bisa melakukan uncheck pada efek visual yang tidak terlalu diperlukan. Kalian bisa memutuskan efek visual pada laptop yang sekiranya penting untuk tidak di uncheck.

Setelah selelasi mengatur efek visual yang hendak dihilangkan kalian bisa mengklik Ok atau Apply. Cara ini cukup efektif sebagai salah satu cara mempercepat komputer.

 

Memperbesar Kapasitas RAM dan Harddisk

Memperbesar Kapasitas RAM dan Harddisk
Memperbesar Kapasitas RAM dan Harddisk

Cara mempercepat komputer lainnya yang dapat kalian lakukan adalah dengan menambahk kapasitas harddisk dan RAM. Harddisk dan RAM yang terpasang di komputer atau laptop kalian sangat mempengaruhi performa keecepatannya.

RAM yang berguna untuk menyimpan file-file sementara saat laptop berjalan sangat penting pada proses multitasking. Semakin besar kapasitas RAM kalian tentu semakin cepat pula kinerja laptop atau komputer kalian.

Selain itu, kalian juga perlu memperhatikan kapasitas harddisk kalian. Sebagai komponen penyimpanan utama, harddisk tentunya penting dalam menjaga performa laptop kalian.

Oleh karenanya menambah kapasitas dar harddisk dan RAM penting dilakukan khususnya jika laptop kalian telah berusia lama.

Lihat juga: bagaimana fungsi harddisk secara lengkap.

Menggunakan Command Prompt

Menggunakan Command Prompt
Menggunakan Command Prompt

Tidak hanya kinerjanya yang harus cepat, performa internet yang cepat pun sangat diperlukan. Jaringan komputeryang stabil tentu akan membuat kinerja laptop menjadi tidak lelet. Hal itu juga akan mempermudah pekerjaan kalian.

Cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan malakukan PING.Kalian bisa melakukan PING melui dua cara yaitu dengan memberi perintah pada cmd dan dengan menggunakan software mempercepat internet. Pada artikel ini kita akan melakukan PING dengan cmd.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan masuk ke menu Run dengan cara klik Win+R. Selanjutnya tulis perintah cmd.exe, kalian akan otomatis masuk ke jendela Command Prompt.

Lanjutkan dengan mengecek alamat IP kalian dengan cara mengetik ipconfig/all.Setelah mengetahui alam IP kalian, langkah selanjutnya adalah mengecek PINg koneksi internet kalian. Caranya ketik ping –l (alamat IP kalian) –t.

Selanjutnya cmd akan mengirimkan balasan. Kalian bisa meminimize jendela cmd dan koneksi internet kalian akan kembali stabil.Selama terhubung dengan koneksi internet jangan tutup jendela cmd tersebut.

Hal ini untuk memastikan bahwa koneksi kalian tetap berjalan. PING ini dapat kalian lakukan untuk mempercepat internet pada modem maupun koneksi wifi.

Itulah beberapa cara mempercepat komputer dan internet yang dapat kalian terapkan. Komputer yang berusia tua terkadang membutuhkan beberapa bantuan untuk meningkatkan kualitas performanya agar menjadi lancar.

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *