Cara Mengatasi Komputer Lemot

4 min read

cara mengaatasi komputer lemot

Computer atau yang biasa kita kenal dengan singkatan PC merupakan kebutuhan utama bagi mereka yang selalu bekerja berhubungan dengan komputer seperti pegawai kantoran, jurnalis, editor, programmer, designer, dan banyak lagi. Bagi mereka yang awam, pastilah kebingungan bagaimana cara mengatasi komputer lemot yang tepat.

Seringkali kita mengalami komputer yang tiba-tiba hang saat ditengah mengerjakan pekerjaan kita. Hal ini tentunya membuat kita cemas apakah pekerjaan kita aman atau akan hilang. Untuk mendukung pekerjaan yang cepat dan efisien tentunya dibutuhkan pc yang memadai. Kriteria tersebut salah satunya adalah tidak lemot.

Menghadapi komputer yang lamban memanglah bukan hal yang menyenangkan. Selain dapat membuat pekerjaan tak kunjung selesai juga seringkali membuat kita jadi malas untuk berhadapan dengan komputer itu sendiri. Untuk itu kita perlu mengetahui aspek dari penyebab komputer lemot tersebut.

Berikut ini kami akan berikan solusi cara mengatasi komputer lemot.

  1. Cek Space Memori Harddisk

cara mengatasi komputer lemot

Tanpa sadar saat kita bekerja menggunakankomputer, kita lupa untuk mengecek apakah masih ada ruang kosong di harddisk komputer kita? Semakin banyak ruang kosong pada memori maka kinerja komputer pun akan semakin cepat. Maka cara mengatasi komputer lemot kita ini bisa sekali dengan cara seperti ini.

 

Untuk melakukan pengecekkan sisa memory harddisk kalian bisa mengklik pada menu ‘My Computer’ pada windows 7 keatas. Lalu klik kanan pada salah satu harddisk yang akan kalian cek. Pilih ‘Properties’.

 

Akan muncul jendela baru yang memperlihatkan sisa space pada harddisk kita. Setidaknya, komputer harus memiliki free space sebesar 15%. Jika kurang dari prosentase tersebut, kalian harus melakukan pembersihan pada file-file yang tidak dibutuhkan.

 

Jika file itu di rasa penting, kalian bisa memindahkan file tersebut pada harddisk yang masih tersisa ruang banyak. Umunya komputer memiliki dua lokasi penyimpanan (harddisk).  Tetapi jika kedua harddisk tersebut penuh, maka kalian bisa memindahkannya kedalam harddisk external atau flashdisk.

 

Agar tidak terjadi hang, sering-seringlah untuk mengecek kapasitas memory harddisk laptop kalian.

 

  1. Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Bersihkan file

Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Bersihkan file
Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Bersihkan file

Kadang jika kita membutuhkan sebuah file, seringkali kita mengunduh berbagai macam file. Setelah diunduh dan membuka file tersebut, tidak jarang file itu bukanlah file yang kita butuhkan. Lantas kita pun kembali mengunduh file yang lain. Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Bersihkan file lebih juga bisa kamu lakukan untuk kinerja komputer kamu.

 

Ternyata perilaku sperti inilah yang termasuk salah satu penyebab ruang dalam memori kita penuh. Asal mengunduh tanpa tahu bahwa file tersebut memakan space yang cukup besar. Atau jika memang hanya memakan space yang kecil, tapi jika banyak sekali file yang kita unduh maka akan tetap memakan ruang.

 

Hapuslah file-file yang tidak digunakan. File yang salah mengunduh dan file lama yang memang sudah tidak pernah dibuka kembali. Jangan lupa untuk mengklik kanan pada recycle bin lalu pilih menu ‘Empty RecycleBin’ untuk menghapus file secara permanen.

 

  1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak aplikasi yang semakin berkembang. Memunculkan versi terbaru dengan beberapa fitur yang lebih menarik. Karena kebutuhan pekerjaan, kita pun harus mengikuti kemajuan teknologi. Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Mau tidak mau kita harus selalu update dalam menggunakan software. Ketika mengunduh sebuah aplikasi versi terbaru, secara tidak sadar kita tidak lagi menggunakan aplikasi yang lama. Karena di aplikasi yang terbaru sudah komplit.Padahal aplikasi tersebut cukup memakan ruang penyimpanan komputer kita.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang ada di laptop kita, kalian bbisa cek di Control Panel. Di dalam Control Panel terdapat menu Program. Klik ‘Program’ > ‘Programs and Features’. Kemudian akan muncul deretan aplikasi yang ada di komputer kalian. Klik kanan pada aplikasi yang akan di hapus, lalu akan muncul menu uninstall.

Dengan begitu aplikasi yang tidak digunakan akan terhapus secara permanen di komputer kalian.Lakukan hal ini rutin jika kalian mengunduh aplikasi yang sama dalam versi terbaru. Supaya tidak menumpuk.

 

  1. Batasi Aplikasi Startup

Batasi Aplikasi Startup
Batasi Aplikasi Startup

Ketika komputer dinyalakan, kita bisa mendeteksi apakah komputer kita baik-baik saja atau tidak dengan lamanya waktu startup. Jika komputer kalian memakan waktu 2-3 menit dengan waktu loading yang lama, dapat dipastikan penyebab utamanya adalah aplikasi yang berjalan saat proses startup.

 

Banyaknya aplikasi yang berjalan membuat RAM bekerja keras mengalokasikan ruang yang dimiliki pada apliasi yang sedang berjalan. Tentunya hal inilah yang membuat kinerja RAM meningkat dan menyebabkan komputer yang lemot.

 

Untuk membuat laptop kalian kembali normal, kalian perlu mematikan startup yang dirasa tidak perlu dan memakan ruang cukup besar. Ketikkan ‘msconfig’ pada menu start, lalu pilih tab startup dan matikan beberapa program startup yang memakan banyak ruang seperti Tune Up Utilities jika ada.

 

  1. Browser Terlalu Berat

Browser Terlalu Berat
Browser Terlalu Berat

Saat kita sedang mencari informasi, tentunya tanpa sadar kita sering membuka tab yang banyak. Dengan seperti ini memang kita akan lebih mudah mendapat informasi secara bersamaan. Tetapi, tahukah kalian, ini merupakan salah satu faktor penyebab utama komputer lemot.

 

terlebih lagi jika browser yang kalian gunakan adalah Google Chrome. Jika kalian membuka lebih dari 10 tab sekaligus, jangan heran jika komputer kalian akan mendadak lemot banhkan hang. Seringkali broswer akan menutup sendiri. Karena browser akan memakan RAM hingga 500 MB.

 

Solusi dari penyebab yang satu ini adalah kalian harus memilih browser yang lebih ringan seperti Mozilla Firefox atau browser yang ringan lainnya. Jika kalian merasa lebih cocok dengan Google Chrome, kalian harus memilah untuk membuka tab secara bergantian.

 

  1. Terinfeksi Virus

Terinfeksi Virus
Terinfeksi Virus

Malware atau yang biasa lebih kita kenal dengan istilah virus, sangat berbahaya untuk komputer kita. Selain berbahaya, virus juga dapat membuat kinerja komputer kita menjadi lemot. Selain lemot, virus juga bisa meyebabkan kita kehilangan file.

 

Untuk mengatasinya, kalian harus menginstal software anti-virus yang terpercaya. Di internet sudah banyak beredar anti virus yang dapat diunduh secara gratis. Umunya yang sering digunakan adalah Smadav dan Avira.

 

Biasanya untuk Windows 8 keatas, akan ada anti-virus bawaan tersendiri. Kalian bisa menggunakan Windows Defender yang sudah terpasang untuk melindungi kommputer kalian.

Lakukan scan anti virus sesering mungkin, terlebih jika kalian sering mengunduh file dari internet.

Pelajari juga: interaksi manusia dengan komputer dalam kehidupan sehari hari

  1. Tambahkan Kapasitas RAM

Tambahkan Kapasitas RAM
Tambahkan Kapasitas RAM

Ketika dirasa komputer atau laptop kalian mulai lemot. Cobalah untuk mengecek apakah memory RAM sudah sesuai dengan aplikasi yang kalian gunakan.

 

Jika kalian menggunakan komputer untuk mendesain menggunakan aplikasi yang besar tentunya RAM 1 atau 2 Gb tidak akan cukup. Kondisi seperti membuat komputer kalian lemot. Memakan waktu loading time yang lama bahkan bisa sampai hang.

 

Menambahkan Ram merupakan solusi yang baik untuk mengatasi komputer yang lemot. Hal ini tentunya setelah kalian mempertimbangkan apakah menambakn kapasitas RAM dirasa perlu atau kalian ternyata hanya perlu melakukan 6 hal diatas.

 

Nah, begitulah 7 cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah komputer yang lemot. Cara-cara ini bisa diaplikasikan untuk komputer kalian yang menggunakan Windows XP, 7,8, dan 10. Jadi jangan gegabah dulu untuk ganti komputer ya! Semoga bermanfaat!

Apakah kamu tahu tugas pranata komputer?, pelajari di sini.

 

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *