Cara Melihat Password Wifi di Windows 10

3 min read

https://techscsi.com/wp-content/uploads/2020/08/how-to-find-wifi-password-on-windows-10-thumbnail.png

Sudah pernah terhubung ke wifi tapi lupa passwordnya? Kamu bisa mengetahui password wifi tersebut melalui fitur yang ada di Windows 10. Namun tak banyak orang yang mengetahui cara ini. Cara melihat password wifi di Windows 10 ada dua metode.

Cara yang pertama adalah menggunakan menu Network and Sharing Centre. Sementara cara kedua memakai Command Prompt. Pada dasarnya, password dari sebuah wifi yang sudah pernah tersambung akan disimpan di sistem Windows. Oleh karena itu, kamu bisa melihatnya kembali.

Melalui Network and Sharing Center

Network and Sharing Center merupakan salah satu fitur yang terdapat di Windows, termasuk Windows 10. Di dalam fitur ini terdapat banyak tools yang bisa dipakai untuk mengubah pengaturan, mengontrol, dan memeriksa semua hal terkait dengan jaringan dan file sharing.

Salah satu fungsi dari Network and Sharing Center adalah melihat password wifi yang sudah pernah terhubung dengan laptop atau komputer kamu. Fitur ini bisa kamu akses melalui Control Panel.

Inilah penjelasan selengkapnya tentang cara melihat password wifi di Windows 10 dengan Network and Sharing Center. Sebelumnya perlu kamu ketahui bahwa tutorial ini hanya bisa dipakai untuk melihat password wifi yang sedang terhubung dengan laptop atau PC.

Buka Network & Sharing Center

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka Network & Sharing Center ketika tengah terhubung dengan wifi yang ingin diketahui passwordnya. Caranya ada di bawah ini.

  • Klik kanan di ikon wifi yang ada di taskbar bagian samping.
  • Setelah klik kanan ditekan, biasanya akan muncul menu. Di sini kamu harus memilih opsi atau menu Open Network & Internet Settings.

Cara Melihat Password Wifi di Windows 10

  • Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman settings, lebih tepatnya di menu Network & Internet.
  • Klik pada sub menu Status untuk melanjutkan.
  • Gulir halaman tersebut ke bagian bawah sampai kamu menemukan menu Network & Sharing Center. Klik pada menu tersebut.

Lihat Password Wi-Fi yang Terhubung

Dengan mengeklik link Network & Sharing Center tadi, kamu akan otomatis diarahkan ke Control Panel. Lebih tepatnya pada halaman Network & Sharing Center.

  • Lihat di sisi kanan halaman tersebut, kemudian klik pada link Wi-Fi (nama wifi).
  • Ketika link tersebut diklik, kamu akan melihat tampilan dialog box yang berisi keterangan mengenai jaringan wifi tersebut.
  • Tahap berikutnya yaitu klik pada tombol Wireless Properties.

  • Windows 10 akan menampilkan sebuah dialog box baru yang memiliki 2 tab.
  • Klik pada tab bernama Security.
  • Di tab tersebut, kamu bisa melihat jenis pengamanan wifi yang tengah terhubung dengan laptop atau PC.
  • Klik pada kotak Show characters untuk melihat passwordnya dengan jelas. Setelah itu, ingat-ingat password tersebut dan gunakan dengan bijak.

  • Jika sudah, klik OK.

Cara melihat password wifi di Windows 10 ini sangat mudah dan sederhana. Kamu juga bisa mempraktikkan cara ini untuk Windows generasi terdahulu seperti Windows 8.1, 8, maupun Windows 7.

Melihat Password Wifi Windows 10 dengan CMD

Cara di atas mengajarkan kamu untuk bisa melihat password wifi yang sedang terhubung dengan laptop atau PC. Bagaimana jika kamu ingin melihat password wifi yang sudah pernah tersambung dengan laptop atau PC, namun saat ini kamu berada di tempat lain?

Untuk mengetahui password dari semua wifi yang pernah terhubung dengan laptop atau PC menggunakan Command Prompt.

Kamu tentu sudah tahu apa itu Command Prompt kan? Yap, Command Prompt atau CMD merupakan salah satu fitur di Windows untuk menjalankan perintah berbasis teks. Dengan CMD, kamu bisa mengeksekusi banyak perintah yang tak ditemukan di menu Windows.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan CMD adalah mengetahui semua password wifi. Penasaran? Ini dia cara yang bisa kamu praktikkan.

Buka Command Prompt

Pertama, kamu harus membuka Command Prompt terlebih dahulu. Namun untuk membukanya tidak menggunakan cara biasa. Kamu harus membuka Command Prompt sebagai seorang administrator. Untuk menjalankan ini, kamu bisa menggunakan salah satu dari dua cara berikut.

Berikut ini cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengakses Command Prompt sebagai seorang admin.

  • Pertama, klik pada tombol Search yang ada di bagian samping Windows Button.
  • Kamu juga bisa mengakses fitur Windows Search menggunakan kombinasi dua tombol keyboard, yaitu Windows dan S.
  • Setelah itu, ketik Command Prompt atau CMD.
  • Ketika kamu melihat Command Prompt di hasil pencarian, jangan klik.
  • Gunakanlah klik kanan untuk menampilkan opsi dari aplikasi tersebut.
  • Pilih Run as Administrator.

https://www.easypcmod.com/wp-content/uploads/2020/04/Enable-Built-In-1-1200x1747.png

  • Ketika muncul User Account Control, klik pada opsi Yes.

Selain dengan cara di atas, kamu juga bisa mempraktikkan cara berikut ini.

  • Klik kanan pada Windows button yang ada di sudut layar. Langkah ini dipakai untuk menampilkan menu.
  • Kamu juga dapat menampilkan menu tersebut dengan kombinasi dua tombol keyboard, yaitu Windows dan X.
  • Berikutnya, pilih pada opsi Command Prompt (Admin).

  • Setelah kamu memilih opsi tersebut biasanya akan muncul User Account Control. Sama seperti sebelumnya, kamu harus klik Yes.

Tanda bahwa kamu berhasil masuk CMD sebagai seorang admin adalah keterangan di layar CMD itu sendiri. Apabila di sana tertera C:\windows\system32> disusul dengan kursor yang terus berkedip untuk mengetikkan perintah.

Menampilkan Seluruh Nama Wi-Fi

https://miro.medium.com/max/981/1*TgucxX-iO_97oT_WRj0sOQ.png Sekarang kamu harus mengetikkan perintah untuk mengetahui semua nama wifi yang pernah terhubung dengan laptop atau PC. Perintahnya adalah seperti di bawah ini.

netsh wlan show profiles

Kamu harus mengetik perintah sama persis seperti di atas. Setelah itu, tekan enter untuk mengeksekusi atau menjalankan perintah. Sesaat kemudian, layar CMD akan menampilkan semua SSID atau nama wifi yang sudah pernah tersambung dengan laptop dan disimpan oleh sistem.

Cara Melihat Password Wifi di Windows 10 yang Sudah Terhubung dengan Cek Profil Wi-Fi

https://jagad.id/wp-content/uploads/2019/11/Cara-Melihat-Password-Wifi-Melalui-CMD-4.png

Langkah kedua di atas baru bisa untuk menampilkan nama wifi atau SSID saja. Untuk melihat identitas SSID secara lengkap, kamu harus memasukkan perintah lanjutan seperti di bawah ini.

netsh wlan show profile name=”nama wifi yang diinginkan” key=clear

Untuk menjalankan perintah di atas, kamu harus mengingat nama wifi atau SSID-nya terlebih dahulu. caranya adalah dengan mencari nama wifi yang diinginkan melalui perintah yang ada di langkah sebelumnya.

Variabel “nama wifi yang diinginkan” harus diisi dengan nama wifi sesuai ejaannya. Jika salah atau typo dalam menuliskan nama wifi, perintah tersebut tidak bisa dieksekusi. Jangan lupa tekan enter untuk menjalankan command.

Melihat Password Wi-Fi

https://www.free-wifi-hotspot.com/file/Find-the-Password.png

Ketika perintah pada nomor 3 dijalankan, layar Command Prompt akan menampilkan profil wifi tersebut dengan lebih jelas. Password wifi bisa kamu lihat di bagian entitas Key Content. Ingat password tersebut dan catat bila perlu.

Cara melihat password wifi di Windows 10 yang sudah dijelaskan tadi sangat efektif untuk kamu yang lupa password. Namun perlu diingat, cara-cara tersebut tidak untuk membobol password wifi yang sebelumnya memang tidak kamu ketahui.

Aktivasi Office 2019

Sabi
4 min read

Cara Instal Windows 10

Sabi
3 min read

Aktivasi Office 2016

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *