Cara Masuk Safe Mode Windows 10

3 min read

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Windows menyediakan sebuah fitur untuk menyelesaikan masalah atau troubleshooting yang disebut dengan safe mode. Safe mode bisa diakses dengan cara tertentu. Artikel ini akan membahas cara masuk safe mode Windows 10.

Safe mode sendiri bisa kamu pakai untuk mengatasi permasalahan seperti infeksi virus, black screen, atau program tidak normal. Ketika kamu masuk ke safe mode, Windows hanya akan menjalankan program utama saja. Dengan begitu, kamu bisa melakukan troubleshooting tanpa gangguan.

System Configuration

Kamu bisa mengakses safe mode dengan menggunakan System Configuration. Tool ini juga biasa disebut dengan istilah MsConfig. Fungsinya adalah untuk mengenali masalah yang terjadi di Windows terkait dengan startup.

Dari System Configuration ini pula kamu bisa mengakses Safe Mode. Tanpa harus berlama-lama, ini dia cara masuk safe mode Windows 10 menggunakan System Configuration.

Buka System Configuration

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka System Configuration. Caranya adalah dengan menekan Search button yang ada di samping Windows button. Kemudian ketik msconfig. Jika sudah muncul System Configuration di hasil pencarian, klik untuk membukanya.

Kamu juga bisa menggunakan cara alternatif, yaitu melalui Run. Caranya yaitu dengan menekan tombol Windows bersamaan dengan huruf R. Setelah itu ketik msconfig di kolom Open. Setelah itu, tekan OK.

Atur di System Configuration

Setelah System Configuration terbuka, kamu bisa melakukan pengaturan. Di langkah ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Pindahkan posisi ke tab Boot.
  • Beri tanda centang pada opsi Safe Boot di bagian bawah.
  • Pilih opsi Minimal di bagian bawah Safe Boot.

  • Langkah terakhir adalah tekan tombol Apply untuk menerapkan pengaturan baru.

Restart Komputer

Setelah kamu selesai melakukan pengaturan di atas dan menerapkannya, sekarang restart komputer. Kamu pasti sudah tahu bagaimana cara untuk restart komputer. Namun untuk lebih jelasnya, sebaiknya simak tutorial restart komputer dengan benar berikut.

  • Klik Windows button yang ada di bagian sudut layar laptop atau PC.
  • Kemudian klik ikon power.
  • Pilih Restart.

  • Kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol Windows dan X di keyboard. Setelah itu, klik Shut down or Sign out, pilih Restart.

Dengan cara di atas, kamu akan langsung diarahkan masuk ke safe mode ketika komputer mulai hidup. Jadi, tak perlu melakukan apa pun ketika komputer nyala. Cukup tunggu saja sampai komputer kamu masuk ke safe mode.

Tombol F8

Cara yang lazim dipakai untuk generasi sebelum Windows 10 adalah masuk safe mode dengan menekan tombol F8 secara terus menerus saat booting. Sayangnya, cara ini tidak bisa kamu pakai di Windows 10 karena dinonaktifkan oleh pihak pengembang.

Tenang, kamu masih bisa menggunakan cara masuk safe mode Windows 10 dengan F8. Namun kamu perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu lewat CMD. Caranya juga sangat mudah dan langkahnya juga tidak begitu panjang. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Aktifkan Fungsi F8 dengan CMD

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengubah setelah F8 di Windows dengan cara berikut ini.

  • Tekan tombol Windows dan huruf X di keyboard secara bersamaan untuk memunculkan menu.
  • Klik pada menu Command Prompt (Admin).
  • Selanjutnya akan muncul permintaan konfirmasi dari User Account Control. Di sini kamu harus pilih Yes untuk melanjutkan proses.
  • Ketika Command Prompt atau CMD sudah terbuka, ketik perintah ini:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

  • Setelah selesai mengetikkan perintah, tekan tombol Enter di keyboard.

Dengan cara di atas, tombol F8 sudah bisa digunakan lagi untuk masuk safe mode ketika komputer sedang booting. Jangan lupa untuk menutup jendela aplikasi CMD setelah kamu selesai melakukan konfigurasi di atas.

Masuk Safe Mode dengan F8

Restart komputer kamu dengan mengikuti tutorial yang sudah diberikan di atas. Ketika komputer sudah mulai booting, tekan tombol F8 beberapa kali sampai muncul opsi untuk masuk ke Safe Mode. Cara ini berlaku untuk Asus dan Acer.

Sementara untuk laptop dengan merek Lenovo, Toshiba, dan Dell, kamu harus menekan pula tombol Fn. Jadi, ada dua tombol yang harus ditekan yaitu Fn dan F8. Untuk tombol Fn, kamu bisa tahan. Sementara tombol F8 harus ditekan berulang-ulang.

Ketika di layar sudah muncul beberapa pilihan, gunakan tombol panah untuk memilih Safe Mode atau Safe Mode with Networking. Jangan lupa tekan Enter, ya.

Nonaktifkan Fungsi F8

Mengaktifkan fungsi tombol F8 ternyata bisa berpengaruh terhadap kecepatan booting di Windows 10. Sebaiknya kamu nonaktifkan saja fungsi itu ketika sudah tidak memerlukan tombol F8 untuk masuk ke safe mode. Berikut ini tutorial lengkap untuk menonaktifkan kembali fungsinya.

  • Kamu harus membuka CMD seperti sebelumnya, yaitu dengan Windows dan huruf X.
  • Kemudian pilih opsi Command Prompt (Admin).
  • Klik Yes.
  • Setelah layar CMD terbuka, ketik perintah berikut ini:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard

  • Tekan enter untuk mengeksekusi perintah.

Untuk membuktikan bahwa tombol F8 sudah tidak berfungsi, cobalah restart komputer atau PC kamu. Setelah itu tekan terus tombol F8 ketika booting dimulai. Pasti kamu tidak akan melihat menu untuk masuk safe mode lagi. Tentunya proses starting up akan berlangsung lebih cepat.

Advanced Startup

Cara masuk safe mode Windows 10 yang terakhir adalah melalui Advance Startup. Menu ini bisa kamu jumpai di bagian pengaturan Windows atau settings. Penasaran bagaimana caranya? Ini dia pembahasan selengkapnya.

Buka Menu Settings

  • Pertama, kamu harus klik Windows button yang ada di bagian layar laptop atau komputer.
  • Ketika menu Start sudah muncul, klik ikon roda gerigi atau Settings.
  • Di halaman Settings terdapat banyak menu, di sini yang harus kamu pilih adalah Recovery.

  • Selanjutnya lihat di bagian kanan halaman tersebut. Di bagian tengah kamu akan menjumpai Advanced startup.
  • Klik pada tombol Restart now di bagian tersebut.

Komputer Restart dan Masuk WinRE

https://winpreso.com/wp-content/uploads/2019/12/pilih-jenis-safe-mode-yang-dibutuhkan-1.jpg

Selanjutnya, komputer kamu akan mati dan nyala kembali secara otomatis. Proses ini disebut restart. Ketika komputer nyala, kamu akan dibawa ke WinRE atau Windows Recovery Environtment. Simak tutorialnya untuk mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan.

  • Klik pada menu Troubleshoot.
  • Setelah itu, klik lagi pada menu Advanced options.
  • Kamu akan kembali disuguhi menu-menu. Di halaman ini, kamu harus memilih Startup Settings.

  • Selanjutnya kamu akan diarahkan ke Startup Settings. Klik tombol Restart yang posisinya agak di kanan bawah layar.

  • Layar akan menampilkan beberapa mode yang bisa kamu pilih. Untuk memilih salah satunya, kamu harus menekan tombol F1-F9 sesuai kebutuhan kamu. Karena akan masuk Safe Mode, kamu bisa memilih antara 4 sampai 6.
  • Sebagai contoh kamu menekan tombol F4, maka kamu akan diarahkan ke Safe Mode.

Sekarang kamu sudah paham kan, bagaimana cara masuk safe mode Windows 10? Untuk kembali dari safe mode ke mode normal, kamu hanya perlu restart komputer. Tak ada hal khusus lainnya yang harus dilakukan.

Cara Instal Windows 7

Sabi
3 min read

Aktivasi Windows 10

Sabi
3 min read

Aktivasi Office 2019

Sabi
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *