Cara Belajar Komputer

Tips dan trik cara belajar komputer antara satu orang dengan orang lainnya lagi tentu saja berbeda, tidak bisa diseragamkan begitu saja. Hal ini disebabkan karena pola pikir, daya tangkap dan daya ingat masing-masing orang juga tidaklah sama.

Disamping itu, komputer, merupakan teknologi yang sangat membantu kinerja kita dalam melakukan kehidupan sehari-hari. Dan komputer sekararang bisa dibilang mustahil untuk bisa kita lepaskan dari kehidupan modern ini.

Maka untuk itu, berikut artikel untuk menambah wawasan kamu , bagaimana sekilas cara belajar komputersecara intensif & otodidak.

Sekilas Tentang Komputer

Cara Belajar Komputer
Sekilas Tentang Komputer

Seiring dengan perkembangan jaman yang sudah semakin maju di mana saat ini hampir semua bidang telah dihubungkan dengan dunia internet, kita selaku manusia yang dikaruniai oleh Tuhan Yang Maha Esa kemampuan untuk berpikir harus bisa mengikuti laju jaman tersebut.

Komputer sebenarnya merupakan sebuah ilmu praktis atau dengan kata lain ilmu praktek. Maksudnya di sini adalah komputer tidak hanya dipelajari lewat berbagai macam teori melainkan juga wajib di praktekkan secara langsung.

Justru memang di situlah letak atau inti dari mempelajari komputer.

Mempelajari Komputer Dengan Cepat

cara belajar komputer otodidak
Mempelajari Komputer Dengan Cepat

Untuk belajar komputer itu harus senang dan bahagia. Kamu akan menemukan cara bagaimana cara menghidupkan komputer hingga pengetahuan tentang hardware lengkap di website ini.

Bagi yang sudah bisa menguasai komputer baik secara atau berkat kursus yang diikutinya tentulah tidak akan gusar dalam menghadapi perkembangan dunia teknologi yang sudah sedemikian canggih.

Namun sebaliknya bagi mereka yang masih awam sekali dengan komputer lain soal.

Mereka yang masih belum memiliki pengetahuan dan pengalaman sedikitpun mengenai komputer, cara mengoperasikan juga belum bisa sudah pasti akan mengalami kesulitan.

Kalau sudah begitu harus dicarikan jalan keluarnya yang baik dan tepat.

Solusi terbaiknya adalah mempelajarinya dengan baik, dengan tahapan pembelajaran sebagai berikut :

  • Belajar teori dasar
  • Praktek langsung setelah tahap pembelajaran selesai dengan tuntas.

Perbedaan Cara Dalam Hal Mempelajari Komputer

cara belajar komputer microsoft office
Perbedaan Cara Dalam Hal Mempelajari Komputer

Tadi sudah disinggung sedikit di atas bahwa cara belajar komputer tiap-tiap orang tidak bisa disama ratakan, sudah pasti akan berbeda.

Antara saya dengan kemupun jika suatu saat diminta untuk kursus komputer di tempat yang berbeda tentu saja akan diajarkan dan dilatih dengan metode yang tidak sama.

Pengajar di tempat aku belajar komputer akan mengajarkan metode pembelajaran yang berbeda dengan tempat kursus komputer kamu.

Tetapi yang harus dicermati di sini ialah meskipun metoda atau cara pembelajarannya berbeda-beda masing-masing tempat kursus komputer memberikan materi yang sama.

Tahapan Mempelajari Komputer

Materi pembelajaran komputer di tempat kursus mana saja kurang lebih intinya sama. Yakni dimulai dari materi awal, yang masih mudah, sesudah itu berlanjut ke materi yang sulit.

Semua yang kursus harus melewati beberapa macam proses atau tahapan tersebut.

Terutama sekali bagi para pemula, yang notabene masih buta sekali akan komputer. Jika ingin pintar komputer maka si pemula tadi wajib belajar dengan serius dari nol, jangan dibuat main-main dan jangan setengah-setengah, harus tekun belajar dan berlatihnya.

Beberapa Fasilitas di Tempat Kursus Komputer

cara belajar komputer dengan mudah dan cepat
Beberapa Fasilitas di Tempat Kursus Komputer

Supaya tidak merasa kesulitan di tempat kursus komputer yang diikutinya para peserta kursus akan mendapatkan buku panduan tentang cara belajar komputer secara lengkap.

Tiap-tiap aplikasi komputer yang kamu pelajari sudah pasti akan ada buku panduannya, jangan khawatirkan tentang hal ini.

Tidak hanya buku panduan yang diterima oleh peserta kursus, mereka juga akan memperoleh fasilitas lainnya lagi, berupa jaringan komputer yang memadai.

Ini merupakan hal yang sangat penting karena salah satu berhasil pembelajaran komputer tergantung dari jaringan komputernya yang bagus.

Fasilitas yang lain yang harus ada di tempat kursus komputer jika ingin pembelajaran komputer bisa berlangsung dengan sukses, yaitu tenaga pengajarnya yang baik.

Dalam arti memiliki skill dan pengalaman yang bagus, bisa mengajarkan dengan jelas dan tidak bertele-tele serta sabar.

Tempat kursus yang nyaman di mana masing-masing ruangan yang dijadikan tempat untuk mengajar dilengkapi oleh pendingin ruangan yang selalu bisa bekerja dengan baik, perlengkapan PC (Personal Computer) yang terbaru juga merupakan fasilitas lainnya yang wajib tersedia.

Beberapa Cara Untuk Bisa Belajar Komputer

Agar cara belajar komputer aku dan kamu bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan maka harus ada semacam trik dan tips. Berikut dibawah ini uraiannya sebanyak 10 tips dan trik :

  • Harus menentukan terlebih dahulu tujuannya.
  • Di dalam diri harus ditunjukkan niat yang besar dan kuat.
  • Jika ada bisa belajar komputer melalui PC (Personal Computer) milik sendiri namun apabila tidak punya bisa belajar di tempat kursus yang terpercaya dan terjamin mutunya.
  • Baik itu belajar sendiri maupun belajar di tempat kursus komputer hal pertama yang dilakukan adalah belajar dulu dari buku.
  • Belajar komputer tidak harus berdasarkan dari satu sumber saja melainkan dari berbagai macam sumber. Dari bermacam-macam media yang ada saat ini di samping dari tempat kursus yang kamu ikuti juga bisa kamu jadikan sumber materi untuk mempelajari komputer dengan baik dan benar.
  • Sangat disarankan untuk memakai metode yang tidak bertele-tele. Carilah metode pembelajaran komputer yang praktis-praktis saja. Semakin praktis metode pembelajarannya akan semakin memudahkan kamu belajar tentang ilmu-ilmu komputer secara keseluruhan.
  • Cara mempelajari komputer yang baik tidak harus dari tempat kursus yang harga kursusnya mahal melainkan dari saudara, sahabat atau kerabat yang handal, yang sudah memiliki banyak pengalaman, yang memiliki pengetahuan tentang hampir semua aplikasi komputer di atas rata-rata. Dengan menjadikan mereka sebagai guru kamu karena hubungannya sudah dekat sebelumnya akan lebih mudah untuk mempelajari komputer, dari yang tadinya tidak bisa sama sekali menjadi pintar, bahkan bisa dibilang ahli.
  • Apabila sudah mempunyai bekal dan pengetahuan tentang ilmu komputer yang cukup maka yang harus kamu lakukan adalah meneruskannya kepada mereka yang belum mengerti sama sekali tentang komputer, sama seperti kamu sebelumnya. Dengan begitu selain kamu bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi banyak orang juga ilmu komputer kamu akan semakin terasah, tidak diam di tempat. Dan bisa jadi dengan melatih dan mengajarkan ilmu komputer kamu kepada orang lain ilmu komputermu bisa semakin bertambah. Hal ini bisa dimungkinkan terjadi karena jika murid kamu menanyakan hal yang sekiranya kamu belum bisa menjawabnya kamu dapat mencari jawabannya dari banyak sumber. Dengan mendapatkan jawabannya bisa semakin meningkatkan ilmu komputer kamu bukan ?
  • Satu hal lagi yang harus kamu perhatikan dan kamu praktekkan dengan sungguh-sungguh di sini adalah bahwa kalau ingin pintar dan selalu bertambah ilmu komputer kamu haruslah konsisten dalam belajar. Walaupun merasa sudah mampu janganlah sombong, teruslah belajar. Tidak akan ada ruginya karena kamulah nantinya yang akan memetik hasilnya.
  • Jika sudah pintar, menguasai yang ilmu komputer dengan sangat baik, janganlah sekali-sekali lupa diri. Ilmu komputer yang sudah kamu kuasai sehingga menjadikan kamu ahli komputer tersebut harus ditularkan kepada mereka yang memang ingin belajar tentang komputer dengan serius, sama seperti diri kamu pada awalnya.

Cara lain dalam belajar komputer ada cara cepat sehubungan dengan cara belajar komputer, yakni dengan belajar di hp.

Dengan membuka beberapa pelajaran yang ada di internet atau di media sosial mana saja maka ilmu komputer bisa kamu pelajari sendiri.

 

1 thought on “Cara Belajar Komputer”

Leave a Comment