Fungsi Motherboard

Menggunakan komputer sudah merupakan bagian dari keseharian kita. Namun apakah kita mengerti betul soal seluk beluknya dan fungsi motherboard atau fungsi komponen lain yang merupakan komponen utama dari komputer?

Motherboard atau mainboard pada dasarnya adalah papan untuk tempat meletakkan komponen-komponen lain yang bekerja di dalam komputer.

Mengenal Fungsi Motherboard

Mengenal Fungsi Motherboard
Mengenal Fungsi Motherboard

Motherboard pun disebut dengan papan induk sebab memiliki peran utama di dalam pengoprasian sistem komputer.

Motherboard komputer memiliki chip bios (program penggerak) yang bekerja untuk menghubungkan masing-masing perangkat yang terpasang di motherboard ini untuk dapat bekerja dengan optimal.

Seluruh komponen yang terpasang di motherboard akan melakukan tugasnya masing-masing dan hasil yang kita lihat adalah bagaimana komputer kita bekerja saat kita menggunakannya.

Untuk lebih mengetahui apa fungsi motherboard, mari kita baca pada point berikut ini:

1. Mengatur Pemberian Daya Listrik

Fungsi motherboard yang pertama sebagai pengatur penggunaan daya listrik yang kemudian didistribusikan ke seluruh komponen di dalam komputer.

Motherboard juga mengontrol daya listrik supaya tidak terjadi ovevoltage pada setiap komponen komputer saat sedang bekerja. Inilah mengapa peran motherboard sangat penting.

Sebagai komponen utama di dalam komputer, motherboard pun tak lepas dari peranannya dalam menjaga stabilitas daya yang masuk dan keluar yang dibutuhkan oleh komputer untuk dapat bekerja dengan optimal.

2. Pusat Pengendali Semua Komponen

apa fungsi motherboard pada komputer
fungsi motherboard artinya

Motherboard juga merupakan tempat pengendali beberapa komponen di dalam komputer berkumpul. Dengan kata lain, motherboard lah yang memimpin dan mengontrol seluruh komponen yang ada di dalam komputer.

Komponen-komponen yang ada di motherboard adalah sebagai berikut:

  • Harddisk/SSD
  • VGA
  • CD-ROM
  • Keyboard
  • Mouse
  • Printer

Maka dari itu sudah terbayang kan fungsi bagian penting ini karena disinilah pusat pengaturan dari segala komponen yang ada di komputer yang biasa kamu gunakan.

Sebagai pusat pengendali, kinerja motherboard memang berat. Untuk itu penting kita tahu untuk dapat merawatnya secara berkala agar tidak terjadi kerusakan.

Baca juga: fungsi heatsink

3. Menghubungkan Seluruh Komponen di Dalam Komputer

Pusat Pengendali Semua Komponen

Fungsi motherboard yang selanjutnya adalah menghubungkan seluruh komponen di dalam komputer kamu.

Motherboard berfungsi untuk mengkomunikasikan bahasa code dari setiap komponen yang terpasang sehingga dapat bekerja bersama sesuai fungsi masing-masing.

Saking pentingnya fungsi motherboard ini, maka tidak dapat terbayangkan kalau misal ada kerusakan didalamnya maka akan mempengaruhi semua kinerja di komputer kamu, Dan akhirnya kamu tidak akan dapat menggunakannya.

Penting untuk diketahui bahwa motherboard memiliki peranan penting dalam susunan komponen komputer sehingga kamu perlu memperhatikan dan merawatnya supaya awet dan dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Pelajari juga: fungsi processor

Beberapa Komponen di Dalam Motherboard dan Fungsinya

Menghubungkan seluruh Komponen di Dalam Komputer
Menghubungkan seluruh Komponen di Dalam Komputer
  • Soket CPU

Soket ini digunakan untuk menginstall

  • Slot RAM

North Bridge ini letaknya selalu ada di dekat soket prosesor. North bridge ini merupakan titik fokus dari motherboard.

  • South Bridge

South Bridge ini terhubung dengan IDE Primer dan sekunder serta konektor SATA, konektor Floopy Drive, Slot PCI dan BIOS.

  • Slot AGP

Slot AGP ini adalah slot untuk memasukkan AGP card yang biasanya digunakan untuk bermain game 3D. Letak dari Slot AGP ini selalu didekat slot PCI.

  • Slot PCI

Slot ini digunakan untuk menyisipkan Add-on card pada komputer kamu. Apa sih add on card? Add on card adalah kartu external seperti kartu LAN, kartu sound atau kartu TV Tuner.

  • CMOS

CMOS atau Complimentary Metal Oxide Semicondutor adalah baterai yang gunanya power pada memori kecil pada motherboard yang fungsinya untuk menyimpan settingan konfigurasi komputer, waktu, tanggal, dll.

  • Primary and Secondary IDE

Komponen ini juga disebut dengan konektor PATA. Komponen ini lah yang mendukung perangkat harddisk, CD dan DVD Drive.

  • Konektor SATA

Seperti namanya, komponen ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat serial ATA pada komputer kamu.

Penyebab Kerusakan pada Motherboard

Beberapa Komponen di Dalam Motherboard dan Fungsinya

Sebagai pengguna komputer tentu saja kita perlu mengetahui cara merawat komputer kita terutama komponen-komponen penting yang ada di dalamnya supaya awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Banyak hal yang menyebabkan kerusakan pada motehrboard yang perlu kita antisipasi. Karena apabila kita biarkan sumbernya maka kerusakan ini akan semakin parah dan akhirnya data yang ada tidak akan bisa terselamatkan.

Sayang kan ketika hasil kerja kita yang sudah kita simpan lama akhirnya malah hilang hanya karena kita tidak menjaga atau mengantisipasi kerusakan pada motherboard kita.

Penyebab kerusakan motherboard yang paling umum adalah ketika ada kerusakan pada sistim BIOSnya, dimana motherbiard akhirnya tidak dapat mengirimkan code ke setiap komponen untuk bekerja.

Selanjutnya adalah processor yang terbakar karena overheating, inilah mengapa penting untuk selalu memantau kipas atau fan yang dapat kamu letakkan di dekat processor agar suhu processor tidak mudah panas.

Suplai listrik yang kurang maupun berlebihan juga merupakan salah satu penyebab kerusakan pada motherboard yang perlu kamu ketahui. Untuk itu selalu pantau kabel dan aliran listrik untuk motherbiard kamu ya.

Cara Merawat Motherboard

Beberapa Komponen di Dalam Motherboard dan Fungsinya

Selain mengetahui apa yang biasanya menyebabkan motherboard menjadi rusak, kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat motherboard supaya tidak mengalami kerusakan.

Sebetulnya cara merawat motherboard pun tidak perlu sulit karena banyak cara mudah yang dapat kamu lakukan. Hanya memerlukan ketekunan supaya keadaan motherboard ini tetap terjaga.

Pertama, bersihkan komputer secara berkala. Minimal 3 bulan sekali silakan bersihkan debu yang menempel. Caranya juga mudah karena hanya menggunakan sikat atau kuas kecil. Bersihkan bagian komputer, keyboard, LCD dan ini akan membantu untuk mencegah debu masuk ke motherboard.

Jaga motherboard dari benturan. Jangan sampai motherboard terbanting atau terjatuh ya guys. Sebaiknya kamu meletakkan komputer di ruang tertentu yang tidak menjadi satu dengan ruangan untuk beraktivitas lainnya.
Hal ini untuk menghindari hal yang mungkin saja terjadi dengan motherboard. Kemudian pastikan bahwa

motherboard tidak overheat. Ingat, pasang kipas di sekitar motherboard juga penting untuk menjaga suhunya agar tetap terjaga.

Jika memerlukan instalasi,download maupun upgrade yang dibutuhkan oleh komputermu, silakan jangan ragu untuk langsung menghubungi ahlinya ya, supaya kita tidak melakukan kesalahan pada saat proses tersebut.

Banyak pengguna komputer yang terkadang menginstal atau mendownload aplikasi atau program sesuai dengan keinginannya sendiri tanpa mengetahui spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankannya di komputer. Yang terjadi adalah rusaknya komputer sebelum dapat digunakan.

Yang terakhir adalah gunakan komputer sesuai dengan spesifikasi yang dapat dijalan oleh perangkat komputer kalian. Jangan memaksakan komputer untuk melakukan atau mengakses sesuatu diluar dari kemampuan komputer karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal pada motherboard kamu.

Sama seperti bagaimana manusia. Komputer pun memiliki batas kemampuan sesuai dengan bawaan masing-masing yang perlu kamu ketahui. Jadi, silakan disesuaikan dengan pemakaiannya ya.

Pelajari juga: cara download lagu di komputer

Nah itu tadi adalah fungsi motherboard dan beberapa komponen yang ada di dalamnya yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini membantu ya.

Leave a Comment