Cara Merawat Komputer

3 min read

cara merawat komputer

Menggunakan komputer rutin setiap hari akan membutuhkan kesadaran bahwa kamu perlu merawatnya agar awet dan tidak mudah rusak. Mungkin selama ini kamu tahu cara merawat komputeryang baik tapi belum maksimal.

Merawat komputer tak hanya melulu mengenai merawat perangkat kerasnya saja seperti merawat mesin, merawat motherboard, LCD, maupun keyboardnya, namun juga perlu diperhatikan juga cara merawat software atau perangkat lunak di dalam komputer itu sendiri.

Untuk lebih mengetahui bagaimana cara merawat komputer dengan baik dan benar, secara software dan hardware, berikut adalah tata cara dalam merawat komputer serta beberapa tips mudahnya :

 

Cara Merawat Komputer dengan Merawat Hardware

Cara Merawat Komputer
Cara Merawat Komputer dengan Merawat Hardware

Satu hal yang mudah dilakukan dalam merawat hardware adalah bahwa hal ini mudah dilakukan karena mudah dilihat oleh mata.Cara merawat komputer yang satu ini hanya memerlukan kemauanmu saja demi menjaga kebersihan komputer dan perangkatnya.

 

Membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada komputer perlu dilakukan paling tidak 3 bulan sekali. Debu yang menpempel apabila tidak segera dibersihkan maka akan menjadi keras dan semakin sulit untuk dibersihkan.

 

Untuk bagian luar dari komputer mungkin debu mudah dilihat dan mudah dibersihkan, namun bagaimana dengan debu di dalam PC? Kamu hanya perlu menggunakan kuas cat yang kecil atau sikat yang halus untuk membersihkan bagian dalamnya.

 

Kamu tidak memerlukan cairan pembersih apapun. Hanya dengan menggunakan sikat dan kuas, maka debu yang menempel akan mudah dibersihkan dan kebersihan PC kamu akan tetapt terjaga.

 

Hal yang kamu perlu perhatikan juga untuk merawat komponen komputer adalah membersihhkan keyboard. Ingat, keyboard menyimpan banyak bakteri karena selalu bersentuhan dengan jari-jari kamu yang mungkin saja kotor.

 

Selanjutnya jangan sembarangan meletakkan benda diatas PC apalagi yang berbobot berat. Hindari juga meletakkan makanan berkuah atau air minum manis di sebelah komputer kamu untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan dari tumpahan air.

Coba baca: cara remote desktop komputer

Menjaga Aliran Listrik

cara menrawat komputer dengan Menjaga Aliran Listrik
Menjaga Aliran Listrik

Menjaga aliran listrik juga perlu kamu ketahui loh, guys. Kamu disarankan menggunakan stavolt atau UPS (Uninterruptible Power Supply) saat menggunakan komputer.

 

Stavolt banyak digunakan orang karena fungsinya yang dapat emnstabilkan daya listrik pada komputer. Sedangkan UPS adalah alat yang dapat menyediakan daya cadangan saat listrik padam.

 

Keduanya sangat penting untuk dapat menstabilkan aliran listrik di dalam komputermu, guys. Hal ini supaya tidak terjadi kerusakan ketika listrik padam saat komputer tengah bekerja.

 

Jangan lupa juga gunakan kipas angin di dekat CPU dan monitor, hal ini untuk mencegah komputer menjadi tidak cepat panas. Suhu komputer juga perlu kamu perhatikan jika ingin komputermu tetap awet.

 

Menjaga aliran listrik ini merupakan salah satu cara untuk merawat komputer kamu dari sisi luar atau hardware.

 

Bersihkan File yang Tidak Perlu

cara merawat komputer Bersihkan File yang Tidak Perlu
Bersihkan File yang Tidak Perlu

Cara menjaga dan merawat komputer yang selanjutnya adalah dnegan melakukan pembersihan pada file-file yang sudah tidak diperlukan lagi, dengan kata lain file sampah.

 

File yang menumpuk akan mempengaruhi kinerja komputer menjadi sangat lambat dan tidak optimal untuk bekerja. Jika dibiarkan terlalu lama, maka file-file ini akan menghabiskan ruang penyimpanana di dalam komputer.

 

Dampaknya, komputer akan bekerja dengan sangat lambat. Penghapusan data juga tidak terhenti pada langkah pertama penghapusan saja karena file-file ini nanti akan masuk ke Recycle bBin.

 

Maka yang perlu kamu lakukan adalah juga membersihkan Recycle Bin dari file-file yang sudah tidak kamu butuhkan kembali.

Baca juga: cara bagaimana menormalkan layar komputer & laptop

 

Scan Antivirus

cara merawat komputer dengan mengaktifkan Scan Antivirus
Scan Antivirus

Langkah selanjutnya untuk merawat sistem di dalam komputer kamu adalah dengan melakukan scan ativirus yang terupdate. Sistem komputer kita merupakan sistem yang mudah sekali terserang virus.

 

Jika kamu merasa dengan menginstall 1 antivirus saja sudah cukup, sebaiknya kamu pikir kembali. Bahkan antivirus yang sudah kadaluarsa pun dapat berubah menjadi virus di dalam sistem komputermu.

 

Selalu update antivirus di dalam komputermu supaya iapun makin pptimal bekerja dalam mengamankan komputermu dari serangan virus, malware, spyware atau program berbahaya yang lain.

 

Defrag Harddisk

Defrag Harddisk
Defrag Harddisk

Selain menghapus file-file sampah secara manual, kamu juga perlu melakukan harddisk defragment. Defragment ini fungsinya untuk mengakses file dengan lebih cepat dengan cara memproses penulisan ulang data atau file yang terpisah menjadi satu bagian yang utuh.

 

Defragment ini dapat dilakukan secara terjadwal di Windows 7 dan Windows yang diproduksi setelahnya. Namun kamu juga dapat melakukan defragment secara manual.

 

Kamu hanya memerlukan aplikasi bernama Disk Defragmenter.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka menu Start
  • Klik All Programs
  • Pilih Accessories
  • Pilih System Tools
  • Klik Disk Defragmenter

 

Namun jangan lupa, sebelum kamu melakukan proses defragment, kamu perlu melakukan analisa terlebih dahulu terhadap file yang akan kamu defrag karena tidak semua file perlu didfragment.

 

Klik tombol Analyze pada file yang kamu ingin cek untuk mengetahui tingkat fragmentasinya. Kamu dapat melakukan proses defragment jika tingkat fragmentasinya lebih dari 10%. Jika kurang dari 10%, kamu dapat melakukannya di lain waktu.

 

 

Uninstall Aplikasi atau Program yang Sudah Tidak Dipakai

Uninstall Aplikasi atau Program yang Sudah Tidak Dipakai
Uninstall Aplikasi atau Program yang Sudah Tidak Dipakai

Langkah selanjutnya yang merupakan salah satu cara merawat komputer yang paling berhasil adalah dengan cara uninstall aplikasi atau program yang sudah tidak kamu pakai di dalam komputermu.

 

Sama dengan file-file yang sudah tidak kamu gunakan, aplikasi dan program yang lama pun perlu kamu bersihkan dengan cara uninstall atau dilepas pemasangannya.

Jika kamu masih menyimpan aplikasi atau program yang sudah tidak kamu pakai, maka hal ini akan menghambat pekerjaan harddisk dalam membaca program yang sedang berjalan. Akibatnya beban kerja harddisk makin berat dan dapat membuat harddisk cepat rusak.

 

Cara menguninstall seluruh program dan aplikasi yang sudah tidak terpakai sangat mudah, yaitu dengan cara berikut :

  • Buka Control Panel
  • Pilih Programs
  • Klik uninstal programs
  • Pilih program atau aplikasi yang menurut kamu sudah tidak diperlukan lagi
  • Klik tombol Uninstal

Mudah bukan?

Pelajari juga: fungsi processor lengkap

Aktifkan Sistem Restore Komputer

Aktifkan Sistem Restore Komputer
Aktifkan Sistem Restore Komputer

Cara merawat komputer terakhir yang akan kita pelajari adalah dengan mengaktifkan sistem Restore pada komputer kita. Hal ini sangat penting untuk  menjaga performa komputer agar tetap baik dan stabil.

 

Caranya hanya dengan klik kanan pada bagian icon my desktop computer, kemudian klik bagian Properties. Disitu akan langsung terlihat Tab Sistem Restore.

 

Disitu akan muncul tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, kamu hanya perlu mengklik untuk menghilangkan tanda centang pada bagian samping kirinya. Setelah itu sistem Rstore akan aktif dan bekerja dengan optimal di dalam komputer kita.

 

Kita sudah mempelajari 7 cara merawat komputer yang mudah untuk kamu aplikasikan dan tidak membutuhkan usaha yang besar untuk melakukannya. Semoga ilmu ini dapat bermanfaat untuk kamu ya.

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *