Cara Membuat Komputer Multi Monitor

3 min read

Cara membuat komputer multi monitor

Bagi penikmat film science-fiction, penampilan komputer dengan banyak monitor pasti sering kita temui. Nyatanya hal ini juga dapat kita lakukan sendiri di rumah. Khusunya bagi kalian yang memiliki dua monitor atau lebih. Cara membuat komputer multi monitor sendiri cukup mudah dilakukan.

Pemanfaatan 1 PC banyak monitor akan memberikan keuntungan dan kemudahan. Kalian dapat mengontrol dua pekerjaan yang berbeda menggunakan sistem yang sama.

Apalagi pada windows 10 fungsi ini memiliki peningkatan yang sangat drastis. Tak hanya untuk komputer pengguna laptop juga dapat memanfaatkan fungsi ini dengan baik.

Kelebihan Menggunakan PC Multi Monitor

Kelebihan Menggunakan PC Multi Monitor
Kelebihan Menggunakan PC Multi Monitor

Sebelum kita beranjak ke langkah mengatur multi monitor pada Windows 10, akan dibahas keunggulan dari penggunaan multi monitor sendiri.  Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut:

  • Mempermudah pekerjaan
  • Mempersingkat waktu
  • Multi tasking
  • Memudahkan proses input data
  • Berguna bagi desainer untuk menguji resolusi layar
  • Ketika layar laptop rusak sangat berguna sebagai monitor tambahan

Kelebihan tersebut tentunya akan meningkatkan performa pekerjaan kalian. Selain itu pekerjaan dapat selesai lebih mudah dan cepat. Pengguna tak perlu lagi harus meminimize pekerjaan mereka, untuk melihat data pada layar yang lain.

Baca juga: cara mengecilkan layar komputer

Perlengkapan yang Dibutuhkan

Cara membuat komputer multi monitor
Perlengkapan yang Dibutuhkan

Dalam memanfaatkan fungsi multi monitor tentunya membutuhkan beberapa perlengkapan ekstra. Salah satunya adalah lebih dari satu monitor. Fungsi ini tentunya hanya bisa dimanfaatkan bagi kalian yang memiliki monitor ekstra di rumah atau di kantor.

Alat selanjutnya yang wajib dimiliki untuk menggunakan lebih dari satu monitor adalah alat konektor. Kabel konektor seperti splitter berguna untuk menghubungkan beberapa monitor dengan PC utama. Kabel yang sering kali dijumpai adalah tipe HDMI dan VGA.

Tak hanya kabel konektor dan monitor tambahan, kalian juga harus memastikan bahwa port usb pada monitor sesuai dengan komputer. Untuk menangani konektor yang tidak sesuai, kalian bisa menggunakan adapter atau conveter yang mampu menghubungkan keduanya.

Perlengkapan selanjutnya yang dibutuhkan adalah video card atau VGA. Tidak semua VGA di dalam PC mampu digunakan untuk multi monitor. Hal itu tentu mengharuskan kalian membeli VGA tambahan untuk dipasangkan di PC. Sekarang sudah banya beredar VGA murah yang support lebih dari lima monitor di pasaran.

Baca juga: cara mengecilkan layar komputer

Cara Membuat 3 Monitor dalam 1 PC

Cara membuat komputer multi monitor
Cara Membuat 3 Monitor dalam 1 PC

Cara membuat komputer multi monitor cukup muda dilakukan. Adapun persayaratan yang harus dilakukan dalam melakukan multi monitor lebih dari dua adalah sebagai berikut:

  • Monitor yang digunakan harus memiliki resolusi yang sama dan memiliki Port DVI dan Display. Terkadang apabila resolusi layar berbeda akan terjadi hang pada laptop atau PC.
  • VGA atau video card yang digunakan harus mendukung untuk multi monitor. Kalian bisa menggunakan video card sesuai kebutuhan. Sekarang sudah banyak tersedia VGA murah namun bisa digunakan untuk banyak monitor, seperti AMD dan Nvidia.
  • Siapkan software untuk menginstal VGA yang digunakan. Pastikan PC atau laptop support pada software VGA
  • Kerangka untuk rangkaian 3 monitor
  • Kabel konektor, yang berupa kabel untuk port display dan dua kabel DVI to DVI kabel video

Cara Memasang 3 Monitor

Cara Memasang 3 Monitor
Cara Memasang 3 Monitor

Setelah peralatan yang dibutuhkan lengkap selanjutnya adalah memasangkan 3 monitor  1 Laptop atau PC. Hal pertama yang harus dilakukan untuk Cara Membuat Komputer Multi Monitor adalah memastikan semua monitor sudah terhubung dengan kabel konektor.

Apabila port pada monitor tidak sesuai seperti yang dijelaskan sebelumnya, kalian bisa memasang adapter atau converter.Selanjutnya hubungkan semua monitor ke video card yang telah disediakan.

Hubungkan dua monitor dengan kabel DVI dan yang pada monitor laptop dengan kabel display.  Kalian juga bisa menghubungkan ketiga monitor menggunakan kabel display apabila ketiganya memiliki port display.

Langkah terakhir adalah aktifkan software video card atau VGA yang telah diintal di Laptop atau PC kalian.

Baja juga: cara membuat password

Cara Setting Multi Monitor di Windows 10

Cara Setting Multi Monitor di Windows 10
Cara Setting Multi Monitor di Windows 10

Menggabungkan dual monitor atau lebih pada laptop atau PC menggunakan Window 10 tidaklah sulit. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan sambungan monitor dengan PC telah sesuai.
  • Selanjutnya klik kanan pada layar dekstop dan pilih menu Display Setting.
  • Pada Display kalian akan melihat dua layar yang diberi nomor. Artinya komputer dan monitor sudah terkoneksi. Pastikan kedua layar monitor memiliki tampilan yang sama.
  • Jika salah satu layar monitor memiliki kualitas yang rendah atau buruk, lakukan upgrade driver atau Configuring the display with display driver. Hal ini akan membuat kedua layar kembali normal.
  • Langkah terakhir adalah pilih Multiple Display pada menu Display Setting. Sesuikan pengaturan layar sesuai kebutuhan kalian. Lalu pilih Apply.

Pilihan Multiple Monitor

Pilihan Multiple Monitor
Pilihan Multiple Monitor

Saat melakukan setting PC multi monitor pada menu Multiple Display terdapat beberapa pilihan. Adapun penjelasan singkat dari beberapa pilihan pada Multiple Display yang bisa kalian pilih:

1. Duplicate

Pilihan ini digunakan untuk memroyeksikan layar yang mirip dengan komputer. Sehingga tampilan monitor 1 dan monitor 2 sama. Pilihan ini banyak digunakan saat melakukan presentasi.

2. Extend

Pada pilihan ini layar akan dibagi menjadi dua monitor. Pilihan ini merupakan salah satu cara membuat komputer multi monitor yang paling banyak digunakan.Extend juga memudahkan kalian dalam mengatur monitor. Karena dapat melakukan dua pekerjaan berbeda dari satu komputer..

3. Show Desktop Only 1

Pada pilihan ini, hanya monitor satu yang aktif. Sedangkan monitor 2 akan dimatikan. Hal ini dapat digunakan jika kalian ingin fokus pada pekerjaan yang ada di monitor 1 saja misalnya. Pilihan ini juga bisa digunakan ketika layar laptop rusak sehingga hanya membutuhkan monito pengganti saja.

4.Show Desktop Only 2

Pilihan ini merupakan kebalikan dari pilihan sebelumnya. Apabila sebelumnya hanya monitor 1 yang hidup, maka pada pilihan ini monitor 2 akan hidup dan monitor 1 mati.  Pelajari juga: fungsi harddisk

Menkonfigurasi Monitor Kedua

Menkonfigurasi Monitor Kedua
Menkonfigurasi Monitor Kedua

Konfigurasi merupakan langkah terakhir sebagai cara membuat komputer multi monitor. Pada Windows 10, konfigurasi dilakukan apabila sebelumnya pada Multiple Display, User memilih menggunakan extend.

Pengaturan konfigurasi pada setiap monitor di Windows 10 dapat dijalankan secara terpisah, sehingga kalian bisa mengubah setiap monitor sesuai kebutuhan. Bahkan wallpaper pada setiap monitor dapat kalian ubah agar berbeda.

Konfigurasi ini berfungsi untuk mengatur monitor kedua dan pertama agar nyaman digunakan. Kalian dapat mengatur tinggi dan resolusi pada monitor sesuai kebutuhan. Bahkan pada konfigurasi monitor ini, user juga bisa mengubah monitor utama dengan memilih Make this my main display pada Display.

Monitor utama dalam multi monitor memiliki rincian yang lebih banyak dibanding monitor lainnya. Pada monitor utama pengaturan yang dilakukan juga lebih lengkap. Meski monitor kedua juga memiliki pengaturan yang sama, namun monitor utama dapat diakses lebih mudah.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara membuat komputer multi monitor dan cara settingnya menggunakan windows 10. Semoga cara tersebut dapat membantu kalian yang sedang kebingungan.

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *