Cara Aktivasi Office 2010

3 min read

Cara Aktivasi Office 2010

Apakah kamu pernah sedang asyik mengerjakan tugas tiba-tiba Office tidak bisa dipakai karena minta aktivasi? Hal seperti memang menjengkelkan sekali. Nah, kali ini penulis mau berbagai tutorial untuk aktivasi Office 2010 khusus untuk kamu.

Meskipun Office 2010 ini sudah tergolong jadul, jumlah pemakainya masih cukup banyak. Apakah kamu juga termasuk salah satunya? Kalau iya, mending simak artikel ini sampai habis. Setelah itu, kamu bisa coba cara-cara di bawah ini untuk mengaktifkan Office 2010 di laptop atau komputer.

Cara Aktivasi Office 2010 Jadi Full Version

Aplikasi Office termasuk ke dalam jenis aplikasi berbayar. Kamu diharuskan untuk membayar biaya langganan tahunan kepada Microsoft untuk bisa menggunakan semua fitur dan aplikasi Office. Namun untuk 30 hari pertama, kamu akan mendapatkan masa percobaan atau trial gratis.

Ketika masa trial habis, kamu harus melakukan aktivasi Office 2010 agar menjadi full version. Caranya bisa kamu simak di bawah ini.

  1. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membeli product key Office 2010. Kamu bisa mendapatkan produk tersebut dari situs resmi Windows atau e-commerce.
  2. Setelah selesai melakukan pembayaran, penjual akan mengirimkan produk kepada kamu. Wujud produk yang dikirimkan juga berbeda, ada yang mengirimkan secara fisik dan digital.
  3. Apabila produk dikirimkan dalam bentuk DVD, kamu bisa menemukan product key di kotaknya. Sedangkan untuk pembelian secara online, kamu akan mendapatkan product key di email yang dikirimkan oleh penjual.
  4. Setelah menemukan product key yang berjumlah 25 karakter, sekarang kamu bisa memasukkan product key tersebut ke Office 2010. Tepatnya di opsi “I already purchased Office 2010”, lalu klik tombol Activate.

  1. Setelah itu, ketik 25 karakter product key yang sudah Anda miliki.
  2. Sekarang Anda sudah bisa menikmati seluruh aplikasi dan fitur di Office 2010 dengan tenang.

Sayangnya, pihak Microsoft telah menghentikan dukungan untuk Office 2010. Jadi, kamu tak bisa lagi membeli product key melalui situs resminya. Tapi tak perlu panik, dengan cara-cara di bawah ini kamu tetap bisa mendapatkan Office 2010 full version.

Cara Aktivasi Office 2010 Tanpa Software

Metode pertama yang bisa kamu praktikkan untuk aktivasi Office adalah menggunakan Command Prompt. Kamu tentu sudah tahu apa itu Command Prompt, bukan? Yap, Command Prompt atau CMD adalah sebuah aplikasi bawaan Windows untuk menjalankan perintah berbasis teks.

Dengan aplikasi bawaan ini, kamu nggak perlu install aplikasi lain dari pihak ketiga. Yuk, simak tutorialnya di bawah ini.

  1. Pertama, kunjungi https://pastebin.com/raw/hfdpDFRs.
  2. Kemudian copy semua kode yang ada pada halaman tersebut.

  1. Buka aplikasi Notepad. Kamu tidak perlu install aplikasi tersebut karena sudah tersedia secara default di Windows.
  2. Paste kode yang sudah dicopy ke aplikasi Notepad.
  3. Simpan dokumen tersebut dengan nama Office2010.cmd (untuk Windows 7, 8, dan 8,1) atau Office2010.bat (khusus Windows 10).

  1. Pada kolom document type, pilih All types. Kemudian klik Save.
  2. Tutup aplikasi Notepad, kemudian buka Windows Explorer. Cari file yang sudah Anda buat menggunakan Notepad tadi.
  3. Klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih Run As Administrator. Klik Yes.
  4. Command Prompt akan terbuka dan menjalankan prosesnya. Tunggu saja sampai selesai.
  5. Jika proses berhasil, tutup CMD kemudian gunakan Office 2010 seperti biasa.

Aplikasi Untuk Aktivasi Office 2010

Gagal aktivasi Office dengan menggunakan CMD? Kamu masih bisa menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini. Kamu bisa download salah satunya kemudian gunakan aplikasi tersebut untuk mengaktifkan Office 2010.

KMS Pico

Di urutan pertama ada aplikasi yang sudah sangat populer yaitu KMS Pico. Aplikasi yang satu ini bisa kamu pakai untuk mengaktifkan Office 2010. Tak hanya itu, kamu juga bisa aktivasi Windows dengan KMSPico.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Setelah kamu mendownload KMS Pico dari website resminya, langsung saja install di PC. Buka aplikasi tersebut, tekan satu tombol, dan Windows atau Office kamu sudah berubah jadi full version.

AAct Portable

Rekomendasi aplikasi kedua yang bisa kamu pakai adalah AAct Portable. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan dengan mudah, sama seperti KMS Pico. Justru AAct Portable ini lebih sederhana dibandingkan dengan KMS Pico.

Kata “Portable” dalam nama AAct memiliki arti bahwa aplikasi yang satu ini tak perlu diinstall. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya, setelah itu aplikasi bisa langsung dipakai untuk mengaktivasi Office 2010.

KMSAuto Lite

Selain dua aplikasi di atas, ada KMSAuto Lite yang dapat kamu pakai untuk aktivasi Office 2010. Ini dia tutorial lebih lengkapnya.

  1. Pertama, unduh file installer terlebih dahulu di https://bit.ly/2ARkzuQ.
  2. File yang kamu download masih berbentuk file arsip atau archived, kamu perlu ekstrak terlebih dahulu. Untuk proses ini, kamu bisa menggunakan aplikasi WinRAR atau 7Zip.
  3. Setelah file selesai diekstrak, lanjutkan dengan menjalankan software.
  4. Klik kanan pada file installer lalu pilih Run As Administrator.
  5. Klik Yes jika muncul pop up untuk konfirmasi.
  6. Ketika aplikasi KMSAuto Lite sudah terbuka, pilih tab Main Window.
  7. Sekarang klik pada opsi Install GLVK. Opsi ini ada di bagian tengah jika kamu bingung melihat tampilannya.
  8. Beralih ke bagian atas sisi kanan, beri tanda centang pada opsi Forcibly.
  9. Setelah itu, kamu bisa klik tombol Office Key.

  1. Tunggu prosesnya berjalan sampai selesai.
  2. Jika proses ini berhasil, kamu akan melihat tulisan Key Installed Succesful.
  3. Langkah terakhir dari tutorial ini adalah klik pada tombol Activate Office yang ada di sisi kiri.
  4. Tutup aplikasi KMSAuto Lite kemudian kamu bisa menggunakan Office 2010 untuk selamanya.

Office 2010 Toolkit

Satu lagi aplikasi yang bisa kamu pakai untuk aktivasi Office 2010 yang sangat populer adalah Office 2010 Toolkit. Cara menggunakan aplikasi ini juga tak begitu sulit. Kamu bisa mengikuti tutorial yang ada di bawah ini untuk menggunakan Office 2010 Toolkit.

  1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mematikan semua aplikasi antivirus yang ada di komputer. Contoh anti virus antara lain Avira, AVG, Avast, termasuk Windows Defender. Kamu tak perlu uninstall aplikasi tersebut, cukup disable saja untuk sementara waktu.
  2. Sekarang kunjungi link https://bit.ly/3cIcnds untuk mendapatkan file installer.
  3. Seperti biasa, ekstrak terlebih dahulu file yang sudah didownload.
  4. Klik kanan pada aplikasi installer, kemudian pilih opsi Run as Administrator.
  5. Ketika aplikasi Office 2010 Toolkit sudah terbuka, klik opsi EZ-Activator.

  1. Tunggu sebentar sampai prosesnya selesai.
  2. Jika berhasil, layar hitam di bagian bawah akan menampilkan pesan Office 2010 was successfully activated.

Mudah banget kan cara untuk aktivasi Office 2010? Sekarang kamu nggak perlu ragu lagi untuk mempraktikkan tutorial di atas. Kalau Office sudah activated, kamu pun bisa mengerjakan tugas atau menyelesaikan pekerjaan dengan lebih tenang.

Cara Instal Windows 7

Sabi
3 min read

Aktivasi Windows 10

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *