Troubleshooting Jaringan

3 min read

Troubleshooting jaringan masih jadi salah satu topik yang cukup sulit untuk kebanyakan orang. Meskipun mereka memakai jaringan komputer entah itu di tempat kerja, sekolah atau rumah sendiri. Kebanyakan lebih memilih cara praktis dengan memanggil teknisi, padahal kadang masalahnya sepele.

Di jaman serba internet sekarang ini, network atau jaringan jadi hal yang penting. Karena komputer atau gadget perlu untuk terus dapat koneksi internet. Sayangnya kadang ada kendala sehingga komputer tak bisa terkoneksi, padahal rasanya sudah diatur dengan benar semua bagiannya.

Kamu yang sedang baca artikel ini mungkin juga salah satu yang sedang bingung. Tapi beruntungnya karena Kamu bisa baca ulasan di bawah tentang macam-macamtroubleshooting jaringan termasuk cara mengatasinya. Seperti apa pembahasannya? Simak sampai habis ya.

Troubleshooting jaringan LAN

Pertama, kita bisa bahas dulu mulai dari tipe jaringan kabel atau biasa juga disebut jaringan LAN. Di bawah ini beberapa masalah yang sering terjadi :

1.     Icon Network Connection Terus Berputar

Kalau Kamu alami masalah ini, potensinya karena komputermu belum dapat IP dari server atau memang IP yang diatur belum masuk jaringan yang sama. khususnya untuk Kamu yang pakai jaringan LAN, ini juga bisa terjadi karena kabel belum terhubung.

Icon Network Connection Terus Berputar
Icon Network Connection Terus Berputar

Solusi untuk masalah ini Kamu bisa cek bagian pengaturan IP, kalau server pakai layanan DHCP, kamu atur juga DHCP. Kalau tak pakai DHCP, kamu atur sendiri IP nya bebas, prinsipnya masih satu jaringan dengan server.

2.     Muncul Icon Network Connection dan Tanda Silang Merah

troubleshooting jaringan
Muncul Icon Network Connection dan Tanda Silang Merah

Sedangkan kalau yang Kamu alami adalahtroubleshooting jaringan yang satu ini, masalahnya pada kabel. Bisa jadi karena susunan warna di kabel UTP ada yang salah, Hub/switch belum nyala atau salah tipe kabel yang dipakai.

Kamu bisa mulai periksa dari kabelnya, cek warnanya, cek jenisnya (straight/cross) apakah sudah pas. Kalau sudah benar, bisa cek di bagian hub atau switch, pastikan sudah nyala dan tidak ada yang rusak. bisa kamu coba juga colokkan kabel ke port hub/switch yang lain.

Belajar juga: Tentang troubleshooting hardware

3.     Muncul Peringatan Kuning di Icon Network Connection

Selain dua masalah di atas, yang cukup sering terjadi pada jaringan juga masalah satu ini. Komputer sudah coba dikoneksikan ke jaringan, tapi tetap tidak mau terhubung ke internet. Peluangnya ini karena ada IP conflict atau server gagal memberi IP.

gangguan jaringan komputer
Muncul Peringatan Kuning di Icon Network Connection

Kalau Kamu alami troubleshooting jaringan ini, coba masuk ke pengaturan IP address komputer. Kamu ganti dengan IP address yang baru dan masih satu jaringan dengan server.

4.     Icon LAN atau Ethernet tidak tampil

Normalnya icon LAN muncul di menu Control Panel, tapi beberapa kasus tidak mau tampil. Peluangnya itu karena driver LAN Card yang dipakai komputer belum diinstall, LAN Card kendor, kotor atau rusak.

troubleshooting hardware
Icon LAN atau Ethernet tidak tampil

Kalau Kamu temui masalah ini, coba lakukan cara di bawah ini :

  • Bongkar CPU dan coba Kamu cek bagian LAN Kamu bisa coba pasangkan di komputer lain untuk pastikan kondisinya masih bagus atau tidak. Selain itu juga bisa Kamu bersihkan terutama bagian pin kuningannya pakai penghapus pensil.
  • Pasang lagi dengan benar, lalu coba Kamu install ulang driver LAN Kalau masih tak mau muncul, potensinya karena LAN Card memang sudah rusak. solusinya cuma satu, yaitu ganti yang baru.

Troubleshooting jaringan Wifi

Troubleshooting jaringan
Troubleshooting jaringan Wifi. (wifi lambat)

Kedua, kita bisa bahas masalah yang sering terjadi pada jaringan jenis nirkabel. Khususnya yang paling umum dipakai sekarang adalah jaringan Wifi. Di bawah ini beberapa yang mungkin Kamu alami :

1.     Koneksi Wifi Lambat

Pasti menjengkelkan kalau koneksi internet yang dirasakan terlalu pelan. Apalagi kalau sedang kerjakan tugas kantor atau sekolah, akhirnya habis waktu lebih lama. Padahal biaya untuk koneksi internet yang harus dibayar sama.

Biasanya masalah ini karena router terlalu jauh dari komputer. Jaringan Wifi dipengaruhi oleh jarak, kalau lebih dekat dengan router, koneksi komputer bisa lebih cepat, pun sebaliknya. Karena itu bisa Kamu coba dekatkan komputer ke router.

Selain itu sebisa mungkin router juga diletakkan di posisi yang tinggi, entah di rumah, kantor atau sekolah. karena dengan begitu jangkauannya bisa lebih luas. Kalau ada budget lebih, Kamu juga bisa coba alternatif tambah satu router lagi untuk perluasan area.

Peluang kedua, troubleshooting jaringan ini karena bandwith yang memang kecil atau besar tapi banyak dipakai. Misal seperti kantor atau kampus, karena banyak orang yang pakai biasanya koneksi lebih labil dibanding di rumah yang lebih sedikit orangnya.

2.     Wifi Tidak Muncul

wifi tidak muncul
wifi tidak muncul

Lebih membingungkan lagi kalau Wifi sudah disetting tapi tidak terdeteksi di komputer. Padahal jaraknya juga dekat dengan router. Masalah ini juga sering dialami terutama ketika ingin pakai fasilitas Wifi publik seperti di kafe, hotel, perpustakaan umum dan lainnya.

Biasanya masalah ini terjadi karena Wifi laptop atau komputer belum on. Kamu bisa coba masuk ke Control Panel, masuk ke menu Network and Connection, lalu coba lihat apakah jaringan Wifi muncul. Kalau posisi masih disable, kamu ganti jadi enable, terakhir coba refresh.

Sedangkan solusi troubleshooting jaringan untuk Kamu yang pakai modem, bisa dicek apakah kabel modem sudah terpasang dan tidak kendor. Kalau masih tak bisa, Kamu bisa coba reboot adaptor Wifi sekitar satu menit dan pasang lagi.

Baca juga: Sebab komputer restart sendiri dan solusinya

Kerusakan Perangkat Jaringan

Kerusakan Perangkat Jaringan
Kerusakan Perangkat Jaringan

Selain beberapa poin di atas, Kamu juga bisa coba perhatikan beberapa tanda kerusakan perangkat pada jaringan supaya lebih cepat untuk diagnosa masalah. Di bawah ini peringatan yang umumnya muncul :

  • Destination Host Unreachable

Kalau ketika Kamu tes koneksi dengan ping dan kemudian muncul pesan ini, maka peluangnya ada kabel pada jaringan yang rusak. Kamu bisa cek satu per satu karena kabel termasuk yang rentan digigiti tikus. Kalau sudah ketemu yang rusak, segera ganti yang baru.

  • Port NIC tidak menyala

Kalau tanda yang muncul ini, maka kemungkinan masalahnya ada di Ethernet Card yang rusak. Karena kalau normal, harusnya port NIC pada komputer menyala.

  • Port Switch atau Hub Menyala

Begitupun kalau port Hub atau Switch tidak menyala, jadi indikasi kerusakan pada perangkat jaringan itu. solusinya bisa diservis ke teknisi komputer atau ganti yang baru.

  • Request Time Out

Kalau Kamu tes koneksi lewat ping dan yang keluar tulisan ini, maka peluangnya yang jadi masalah adalah Firewall. Kamu bisa coba atasi dengan masuk ke windows firewall (search lewat kolom pencarian di start), lalu aktifkan.

Pelajari juga: Cara remote pc dari android

Itulah beberapa troubleshooting jaringan yang sering dialami berikut dengan solusinya. Kalau Kamu alami salah satunya bisa coba cara di atas untuk mengatasi atau misalkan Kamu tetap bingung, bisa konsultasikan ke teknisi jaringan. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Cara Download Lagu di komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *