Mengenali Sistem komputer

4 min read

sistem komputer

Komputer merupakan perangkat yang paling banyak digunakan di era ini. Hampir semua kegiatan masyarakat menggunakannya sebagai alat untuk bekerja, belajar, maupun mencari hiburan. Komputer tentunya berhubungan erat dengan sistem komputer itu sendiri. Selama menggunakan komputer, kita pasti pernah mendengar istilah hardware, software, dan brainware.

Ketiga hal ini merupakan bagian dari sistem komputer yang saling membutuhkan satu sama lain demi berjalannya proses penggunaan komputer.

Setiap komputer yang digunakan pasti memiliki sistem di dalamnya yang digunakan untuk melaksanakan perintahnya dan prosesnya masing-masing. sistem dalam komputer yang saling berhubungan akan menghasilkan informasi dari data yang telah diolah. Maka dari itu sebuah komputer tidak dapat berdiri sendiri.

Sebagian dari kita mungkin masih belum begitu paham mengenai apa itu sistem komputer beserta komponen yang berhubungan dengannya. Maka dari itu, kami akan memberikan penjelasan singkat mengenai sistem komputer beserta fungsi dan komponen pendukungnya.

 

Pengertian Sistem komputer

 Sistem komputer
Pengertian Sistem komputer

Secara harfiah, sistem berasal dari bahasa latin (systema) dan bahasa yunani (sustema)yang berarti suatu kesatuan yang terdiri komponen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, energi, dan materi. Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data yang telah di rumuskan.

Awalnya, komputer digunakan untuk menyebutkan orang yang melakukan perhitungan aritmatika. Namun, istilah tersebut bergeser kepada mesin yang digunakan.

 

Jadi, penjelasan lengkapnya adalah sistem komputer merupakan kumpulan dari banyak perangkat komputer yang saling berhubungan satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data sehigga dapat menghasilkan sebuah informasi yang diinginkan oleh penggunanya.

 

Sistem informasi ini meliputi hardware, software, dan brainware. Ketiga komponen ini memiliki perannya masing-masing begitupula fungsinya dalam sebuah sistem komputer untuk mengolah data.

 

Software tidak akan berfungsi tanpa adanya hardware, pun sebaliknya. Kedua komponen tersebut tidak akan bermanfaat menghasilkan informasi jika tidak ada brainwareyang menoperasikan dan memberikan perintah pada kedua komponen.

 

Fungsi Sistem komputer

fungsi sistem komputer
fungsi sistem komputer

Setelah mengerti apa itu sistem komputer, lalu apa fungsinya dari ketiga komponen utama tersebut?Sistem komputer memiliki 4 fungsi dasar yang sangat berguna bagi kegiatan kita, yaitu:

 

  • Menginput Data.

Fungsi yang pertama dari sistem komputer adalah untuk menginput data yang dimiliki kedalam komputer. Kegiatan menginput data tentunya dengan bantuain hardware seperti mouse, keyboard, flashdisk, dan sebagainya.

 

  • Memproses Data

Setalah menginput data, fungsi selanjutnya adalah memproses data. Data yang dimasukkan oleh pengguna adalah berupa data yang masih mentah. Belum dapat memberikan informasi yang diinginkan pada pengguna.

 

Dalam memproses data, komponen sistem informasi yang bernama software yang akan bekerja.

 

 

  • Menghasilkan Data

Setelah data berupa input di proses oleh Software, muncullah output atau informasi yang diinginkan oleh pengguna. Output dapat berupa informasi, gambar, video, suara, atau tulisan yang sejak awal hanyalah berupa data mentah.

 

  • Menyimpan Data

Proses selanjutnya setelah output didapatkan adalah menyimpan data tersebut. Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan output kedalam memory komputer yang sudah ada atau memory external seperti flashdisk atau harddisk.

 

Komponen Dalam Sistem komputer

Komponen Dalam Sistem komputer
Komponen Dalam Sistem komputer

Sistem komputer terbangun atas hardware, software, dan brainware. Ketiga komponen tersebut tentunya bekerja saling mendukung satu sama lain. Berikut penjelasan lengkapnya,

 

Hardware (perangkat keras)

Hardware (perangkat keras)
Hardware (perangkat keras)

Hardware adalah perangkat keras yang dapat kita lihat wujud fisiknya. Yang merupakan hardware adalah mouse, keyboard, printer, memory, power supply, dan perangkat pendukung lainnya. Hardware dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

 

  • Input (perangkat masukan)

Input/perangkat masukan adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam koputer sesuai perintah. Contoh dari perangkat masukan adalah scanner, mouse, keyboard, web can, barcode, dan lain-lain.

 

  • Output (perangkat keluaran)

Output/oerangkat keluaran adalah perangkat yang digunakan untuk menampiilkan data yang telah diproses. Contoh dari perangkat keluaran adalah printer, monitor, projector, dan lain-lain.

 

  • Processing (perangkat pemroses)

Processing/perangkat pemroses adalah perangkat pada komputer yang digunakan untuk mengolah data yang sering kita kenal dengan central processing unit (CPU). Perangkat pemroses ini akan melakukan interaksi dengan perangkat input, output, dan storage.

 

  • Storage (perangkat penyimpanan)

Storage/perangkat penyimpanan adalah sebuah perangkat yang berguna untuk menyimpan data berupa input ataupun output. Di dalam CPU terdapat storage berupa harddisk yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data.

 

Software (perangkat lunak)

Software (perangkat lunak)
Software (perangkat lunak)

Perangkat lunak atauyang lebih sering kita sebut dengan software merupakan sebuah program dan aplikasi yang ada dalam komputer. Berbeda dengan hardware, software tidak memiliki bentuk fisik.

 

Ada beberapa jenis software, yaitu:

 

  • Operating System (sistem operasi)

Sisntem operasi komputer merupakan program utama komputer yang digunakan untuk menghubunkan pengguna (brainware) dengan perangkat keras (hardware).

Sistem operasi berfungsi untuk mengontrol dan memanajemen hardware dan perintah yang dilakukan oleh sistem. Selain itu sistemoperasi juga berfungsi untuk menjalankan aplikasi yang terinstall di komputer. Contoh sistem operasi seperti Linux, Microsoft Windows, Mac, dan lain-lain.

 

  • Aplication Program (program aplikasi)

Prorgam aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang digunakan user untuk menyelesaikan tugas tertentu. Dapat dikatakan, program aplikasi adalah software pelengkap yang digunakan sebagi sarana pengolahan data.

 

Pada setiap komputer memiliki program aplikasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari user. Contoh dari program aplikasi adalah MicrosoftWord, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Adobe Photoshop, Chrome, Adobe Premiere, dan lain-lain.

 

  • Utility Program (program tambahan)

Program ini adalah sebuah program yang digunakan untuk menyelesaikan tugas tambahan. Program tambahan dapat disebut dengan program pendukung yang memiliki fungsi sendiri. Contoh dari porgram tambahan adalah data recovery, screenserver, backup, dan lain-lain.

 

  • Program Language(bahasa program)

Bahasa program adalah sebuah program yang diguakan user untuk berinteraksi dan memberikan perintah tertentu pada komputer yang merupakan standar bahasa instruksi. Contoh bahasa program adalah HTML, PHP, Java, dan lain-lain.

Waspada; Beberapa Virus ini yang bisa menyerang sistem komputer

Brainware (pengguna komputer/user)

Brainware (pengguna komputer/user)
Brainware (pengguna komputer/user)

Brainware adalah pengguna yang menjalankan sebuah komputer. Pengguna memegang peran penting dalam sistem komputer agar dapat berjalan.

Brainware terbagi menjadi beberapa macam:

  • Programer

Programer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai beberapa bahasa pemrograman. Programer dapat membuat suatu program untuk pengolahan data yang dibutuhkan komputer.

 

Seorang programer bisa berasal dari seseorang yang telah lulus dari jurusan sistem komputer atau bisa pula mereka yang belajar secara otodidak dengan mendalam. Saat ini banyak perusahaan membutuhkan programer karena hampir semua aspek kehidupab kita berhubungan dengan komputer.

 

  • Sistem Analis

Sistem analis adalah orang yang bertugas melakukab penelitian, perencanaan, dan merekomendasikan software, hardware, dan sistem yang dinilai sesuai dengan kebutuhan pengguna. Baik secara perorangan, organisasi, ataupun perusahaan.

 

Karena peran sistem analis sangat penting, seorang sistem analis harus memiliki 4 keahlian yaitu, analisis, teknis, manajerial, dan komunikasi secara personal ataupun interpersonal.

 

Kemampuan analisis dibutuhkan untuk memahami perilaku struktur organisasi agar dapat melakukan identifikasi kemungkinan yang terbaik untuk penyelesaian masalah yang sedang dihadapi.

 

Sedangkan kemampuan teknis dibutuhkan untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Keahlian manejerial digunakna untuk membantu proses pengolahan data suber daya. Kemampuan komunikasi dibutuhkan untuk melakukan interaksi dengan user.

 

  • Administrator

Administrator adalah seseorang yang mengelola suatu sistem operasi dan beberapa program yang sedang berjalan.

 

  • Operator

Operator adalah orang yang mengunakan aplikasi tertentu untuk mengolah data.

 

Begitulah penjelasan mengenai sistem komputer beserta elemen-elemennya. Sistem komputer merupakan satu kesatuan dari hardware, software, dan brainware yang saling mengukung satu sama lain. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam struktur sistem komputer untuk menghasilkan informasi/output.

Setelah mengetahui sistem komputer secara singkat, apakah kamu tertarik bekerja dalam bidang ini?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *