Sejarah Komputer Lengkap

11 min read

Pada saat kalian sedang membaca tulisan ini, sadar nggak sih kalau teknologi sudah berkembang sangat pesat? Dengan kemajuan teknologi ini pula, sudah banyak pekerjaan manusia yang terbantu. Salah satunya adalah dengan kehadiran komputer. Sering menggunakannya, tapi tahukah kalian sejarah komputer?

Saat menyebutkan kata komputer, pernahkah kalian membayangkan berapa ukuran komputer saat pertama kali ditemukan dahulu?

Lalu, apa saja yang dapat dilakukan oleh komputer pertama di dunia? Berapa kira-kira bobotnya? Apakah seringan laptop yang kita jinjing kemana-mana?

Hampir semua pekerjaan manusia berhubungan dengan komputer. Belajar, bekerja, bersosialisasi, dan masih banyak kegiatan lainnya. Komputer pun tidak hanya digunakan orang-orang tertentu. Masyarakat luas kini dapat dengan mudah menggunakannya.

Ada yang memilikinya secara personal ada pula disediakan untuk kepentingan perusahaan dan publik. Laptop yang kalian bawa kemana-mana itu dulu tidak sekecil dan seringan itu. Komputer telah banyak mengalami transformasi. Perubahan ukuran, daya listri, bobot, dan juga biaya produksi.

Kini kita dapat dengan mudah mendapatkan komputer dan menggunakannya untuk mengakses informasi. Tetapi, tidak banyak yang mengetahui jika ditanya sejarahnya. Maka dari itu, tidak ada salahanya kita lebih mengenal benda yang sering kita gunakan.

Definisi Komputer

Menurut pengertiannya, komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut perintah yang telah diprogram. Pada awalnya, kata komputer merujuk pada orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika. Tetapi semakin lama kata komputer merujuk pada mesin itu sendiri.

Komputer tidak berdiri sendiri, melainkan kumpulan dari beberapa komponen seperti Monitor, CPU, Keyboard, Mouse, printer, dan alat pelengkap lainnya. Komputer digunakan untuk menghasilkan informasi. Jika dahulu digunakan hanya untuk perhitungan aritmatika sekarang komputer dapat melakukan banyak tugas.

Berikut ini adalah definisi komputer dari istilah bahasa dan para ahli:

  • Bahasa inggris, computer berasal dari kata to compute atau yang berarti menghitung.
  • Bahasa Yunani, yaitu computare. Kata computare merupakan gabungan dari kata com yang memiliki arti menggabungkan dan putare yang berarti memikirkan perhitungan.
  • Robert H. Blissmer: Komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti, menerima input dan memproses input tersebut sesuai dengan programnya, menyimpan hasil dari pengolahan, dan menyediakan ouput dalam bentuk informasi.
  • William M. Fuori:Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara Termasuk perhitungan aritmatika dan dasar operasi logika tanpa campur tangan manusia.
  • Computer Organization (V.C. Hamacher, Z. G. Vranesic, S. G. Zaky): Komputer adalah mesin penghitung elektrnik yang dapat menerima input digital, memprosesnya dengan program yang tersimpan di memori dan menghasilkan output.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa komputer adalah:

  1. Mesin atau alat elektronik
  2. Dapat menerima input data
  3. Mampu melakukan pengolahan data
  4. Menghasilkan informasi
  5. Menggunakan program yang tersimpan pada memori untuk mengolah data
  6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
  7. Bekerja secara otomatis

Yang disebut program adalah kumpulan instruksi terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan funsinya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulakn bahwa komputer memiliki 4 fungsi utama. Yaitu, menerima input berupa data atau informasi dari luar, memproses input, menyimpan input dalam memori internal, dan menyajikan input berupa output.

Pengolahan data menggunakan komputer disebut denngan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP). Data merupakan kumpulan kejadian yang diangkat dari fakta, dapat berupa angka, simbol, huruf, atau gabungan dari ketiganya.

Data belum dapat menghasilkan informasi tanpa melalui pengolahan terlebih dahulu. Pengolahan data adalah suatu proses manipulasi dari data ke bentuk yang lebih berguna, yaitu informasi. Informasi merupakan output atau hasil penginputan data.

Asal Usul Komputer

Jika kita belajar sejarah komputer, tentunya kita harus mengetahui siapa orang di balik benda yang sekarang menjadi primadona masyarakat modern. Begitu juga hal apa yang membuat seseorang tersebut menciptakan sebuah alat untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Asal usul komputer berawal dari abakus taau sempoa yang sudah ada di Cina pada abad VI SM dan beberpa kawasan Mediterania di masa Yunani dan Romawi kuno.

Awalnya, sempoa berupa sebuah permukaan pasir sebak lili atau batu lebar dengan tanda yang menunjukkan letak bilangan dari kerikil yang digunakan sebagai penghitung. Kerikil tersebut biasa disebut orang romawi dengan istilah calculus. Dari sinilah asal muasal kata kalkulasi tercipta.

Pada tahun 1623, Wilhelm Shickard, teman seorang astronom Johannes Keppler menemukan kalkulator mekanik pertama di Jerman. Sembilan belas tahun kemudian, Blaise Pascal, seorang ilmuwan Prancis memodifikasi kalkulator mekanik menjadi kalkulator otomatis dengan delapan kolom digit.

Kalkulator otomatis ini belumlah sempurna. Karena hanya mampu mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan. Diantara tahun 1646-1716, seorang Ahli Matematika Jerman, Gottfriend Wilhelm Von Leibniz mengembangkan kalkulator tersbeut untuk pembagian dan perkalian.

Tahun 1801, Joseph Marie Jacquard, penenun Prancis menemukan alat tenun Jacquarcd yang dapat bekerja sesuai perintah berupa lubang di Punched card. Jarum akan lolos jika mendeteksi adanya lubang. Tetapi, alat ini tidak bisa mengaitkan benang bila permukaan katun rapat.

Alat temuan Jacquerd inilah yang menjadi inspirasi Charles Babbage.Seperti yang kita tahu, Charles Babbage, Ahli Matematika berkebangsaan Inggris ini adalah penemu komputer pertama. Ia menemukan komputer pada tahun 1833-1871.

Charles mendapatkan ide untuk mengemvankan komputer mekanis datau mesin analitis yang memiliki semua elemn dasar komputer otomatis.

cahrless babbage
cahrless babbage

Pada tahun 1790, Napoleon Bonaparte, seorang kaisar Perancis memerintahkan peralihan sistem perhitungan lama kekaisaran ke sistem perhitungan baru. Sejak saat iu sejumlah orang melakukan konversi perhitungan dan memasukkannya ke dalam tabel.

Sayangnya, Napoleon Bonaparte tidak pernah menerbitkan tabel-tabel itu dan hanya menumpuknya.

Charles Babbage mengunjungi Paris pada tahun 1819. Ia melihat tabel-tabel yang tidak diterbitkan oleh Napoleon Bonaparte. Hal ini membuatnya berfikir, ada cara untuk dapat meghasilkan tabel seperti itu lebih cepat dengan sedikit tenaga kerja dan sedikit kesalahan.

Pada tahun 1821, saat Charles Babbage kembali ke Inggris, ia segera membuat mesin seperti yang ia pikirkan. Mesin hitung pertama ini diberi nama Difference Engine. Mesin ini hanya dapat melakukan perhitungan matematika dengan sistem penambahan dan pengurangan saja.

Tahun 1832, Charles Babbage, mendapatkan ide untuk mengembangkan mesinnya supaya dapat menyelesaikan berbagai jenis operasi matematika. Mesin ini diberi nama Analytical Engine yang dimaksud sebagai mesin manipulasi simbol umum dan mempunyai karakteristik dari komputer modern.

Vannervar Brush, insinyur listrik berkebangsaan Amerika Serikat, mengembangkan mesin untuk meyelesaikan persamaan diferensial pada tahun 1930. Mesin ini dianggap sebagai komputer analog yang andal.

Empat belas tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1944, komputer digital dalem bentuk awalnya berhasil dirancang oleh Howard Aiken. Beliau adlaah seorang profesor di Harvard university. Komputer digital tersebut diberi nama Mark I. komputer ini mampu melakukan tiga penjumlahan per detik.

Perkembangan Komputer dari Awal Sampai Sekarang

Dari awal terciptanya komputer hingga sekarang, tentunya sejarah komputer selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Jika dahulu komputer pertama hanya dapat digunakan untuk menghasilkan operasi matematika penjumlahan dan pengurangan, kini bisa pula untuk hal yang lebih kompleks seperti mendesain.

Dalam perkembangannya komputer telah terjadi beberapa perubahan generasi komputer, dari komputer generasi pertama, komputer generasi kedua, komputer generasi ketiga, komputer generasi keempat, dan komputer yang kini kita kenal termasuk dalam komputer generasi kelima.

Masing-masing generasi tentunya memiliki sejarah tersendiri. Berikut sejarah sistem komputer setiap generasinya

  • Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Setelah tahun 1940, komputer generasi pertama dibuat dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar pembutannya. Sayangnya tabung vakum ini dianggap tidak efisien karena cepat sekali panasdan juga memerlukan daya istrik yang sangat besar.

Electronic nemrical integrator and computer (ENIAC) merupakan salah satu contoh komputer generasi pertama. J. Presper Eckert dan John Mauchly membangun ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum di Universitas of Pennsylvania.

Memakan waktu 3 tahun untuk membuat program ENIAC. Meski sudah dirancang sejak tahun 1942, namun baru mulai dibuat tahun 1943 dan selesai pada tahun 1946.

Bentuk dari program ENIAC sangatlah besar hingga memerlukan ruang seluas 500m2. Selain itu ENIAC menggunakan 75.000 relay dan saklar, 18.000 tabung, 70.000 resistor, dan 10.000 kapasitor.

Dalam pengoperasiannya, ENIAC memerlukan daya listrik yang sangat besar, yaitu 140kW. Bahasa yang digunakan pada komputer generasi pertama ini adalah bahasa mesin. Bahasa ini menjadi bahasa dasar dalam pemrograman dan hanya dimengerti komputer.

Untuk membuat ENIAC menghabiskan dana 1 juta dolar. Sayangnya, dengan dana sebanyak itu kemampuan komputer masih terbatas.

Ciri-ciri komputer generasi pertama :

  1. Memiliki hardware berukuran besar
  2. Instruksi operasi sangat spesifik dan hanya dapat melakukan tugas tertentu
  3. Program hanya menggunakan bahasa mesin
  4. Menggunakan silinder magnetic untuk menyimpan data
  5. Membutuhkan listrik yang besar
  6. Perlunya mesin pendingin
  7. Kapasitas penyimpanan kecil
  8. Kinerja lambat
  9. Menggunakan konsep stored program dan magnetic storage sebagai memori utama
  10. Menggunakan tabung hampa sebagai sirkuitnya
  • Komputer Generasi Kedua (1959-1965)

Komputer Generasi Kedua (1959-1965)
Komputer Generasi Kedua (1959-1965)

Sejarah komputer pada tahun 1959, tabung vakum yang menjadi komponen dasar komputer generasi pertama telah tergantikan dengan transistor. Penggantian komponen ini dilakukan karena transistor dianggap lebih efisien dibandingkan dengan tabung vakum.

Dengan menggunakan transistor, ukuran komputer pun menjadi lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan tabung vakum. Daya listrik yang digunakan untuk pengoperasiannya pun lebih kecil.

Dengan ukuran yang lebih kecil, komputer generasi kedua ini mulai digunakan di berberapa universitas, perusahaan hingga pemerintahan.

Teknologi ini pertama kali digunakan pada super komputer. IBM membuat super komputer degan nama Sprey-rand dan Stretch. IBM juga menjadikan komputer dengan nama LARC yang dikembangkan di laboratorium dengan menggunakan energi atom.

Tahun 1965, berbagai perusahaan besar mulai menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informaasi dengan keuangan bisnis.

Ciri-ciri komputer generasi kedua:

  1. Menggunakan operasi bahasa pemrograman tingat tinggi fortan dan cobol.
  2. Kapasita memori menggunakan magnetic dan storage.
  3. Menggunakan magnetic tape dan magnetic disk sebagai memori external.
  4. Dapat memproses secara real time dan real sharing.
  5. Ukuran jauh lebih kecil dibanding dengan komputer generasi pertama.
  6. Kinerja lebih cepat
  7. Daya listrik lebih kecil
  8. Penggunaan program pada aplikasi bisni dan teknik.
  • Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Sejarah komputer generasi ketiga dimulai tahun 1965. Pada tahun tersebut komputerdibuat menggunakan Integrated Circuit (IC).  Meskipun IC sebagai komponen dasar utama, transistor masih tetap digunakan. Tetapi ukurannya diperkecil.

Pada generasi inilah pertama kali digunakannya keyboard dan monitor dengan tampilan sistem operasi. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk membuat komputer generasi ketiga ini jauh lebih murah hingga dapat dijangkau masyarakat umum.

Dalam pengoperasiannya, transistir membuat kinerja komputer menjadi lebih cepat panas. Hal ini embuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.

Jika dibandinglan dengan pendahulunya, komputer telah mengalami perubahan yang sangat pesat. Dari segi ukuran, daya listrik yang diperlukan, hingga biaya pembuatan.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga:

  1. Daya listrik lebih kecil
  2. Harga terjangkau
  3. Memori lebih besar
  4. Komputer dapat melakukan multiprocessing
  5. Software meningkat
  6. Dapat terhubung dengan komputer lain
  7. Disket magnetic debagai penyimpanan external
  8. Memakai visual display dan dapat mengeluarkan suara
  9. Kecepatannya 10.000 kali dibandingkan dengan generasi pertama
  • Komputer Generasi Keempat (1971-2000an)

Komputer Generasi Keempat (1971-2000an)
Komputer Generasi Keempat (1971-2000an)

Komputer generasi keempat dibuat dengan tujuan pengembangan lebih jelas yaitu memperkecil ukuran sirkuit dan komponen.Generasi ini menggunakan komponen dasar Microprosesor. Seperti komputer yang masih banyak beredar sekarang.

Large Scale Integration (LSI) mampu memat ratusan komponen dalam sebuah chip. Tahun 1980, Very Large Scale Integration (VLSI) muncul dan mampu memuat ribuan komponen dalam chip tunggal.

sejarah komputer

Setelahnya, hadir Ultra Large Scale Integration (ULSI) yang mampu meingkatkan jumlah komponen menjadi jutaan dalam sebuah chip. Pemasangan semakin banyak komponen padamedia sebesar setengah keping uang logam itu pun membuat biaya operasi lebih terjangkau.

 

Perusahaan Intel merupakan perusahaan yang berpegaruh dalam perkembangan IC. Perusahaan ini mampu menciptakan intel 4004 yang menjadi asal mula perkembangan komputer dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer dalam sebuah chip yang sangat kecil.

Jika sebelumnya IC diciptakan untuk melakukan sebuah kegiatan yang lebih spesifik, maka kini IC dapat diproduksi lalu diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan manusia. Hal ini yang mendasari kemudia bermunculan oven, televisi, microwave, dan mobil dengan  electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan microprosesor.

 

Intel berhasil menggantikan komputer dengan ukuran besar menjadi ukuran kecil yang lebih efisien. Perkembangan ini memungkinkan orang biasa menggunakan komputer biasa. Hingga komputer tidak lagi mendominasi di perusahaan saja.

Tahun 1984, Apple memperkenalkan Macinthos pertama kali sebagai sebuah sistem operasi untuk dapat dijalankan dari perangkat komputer.

 

Komputer generasi keempat telah mengalami kemajuan yang sangat pesat hingga diciptakannya mouse, graphical user interface atau GUI, dan komputer jinjing yang kita kenal dengan sebutan laptop. Begitupula denga CPU yang mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Ciri-ciri komputer generasi keempat:

  1. Menggunakan Large Scale Ingetration (LSI)
  2. Digunaan untuk perorangan
  3. Efisien dan dapat dibawa kemana-mana seperti laptop
  4. Menggunakan semikonduktor dan mikro prosessor untuk memorinya
  • Komputer Generasi Kelima (sekarang-masa depan)

Komputer Generasi Kelima (sekarang-masa depan)
Komputer Generasi Kelima (sekarang-masa depan)

Untuk mendefiniskan komputer generasi kelima cukup sulit. Karena kompuetr ini masih dalam proses pembuatan. Gambaran imajinatif dari komputer generasi ini adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clake dengan judul 2001: Space Odyssey.

Dalam buku ini HAL9000 menampilkan fungsi yang diharapkan dari komputer generasi kelima dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI). Dengan kecerdasan ini HAL9000 akan mampu melakukan komunikasi dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan mampu belajar dari pengalamannya sendiri.

 

Meski dalam proses pembuatan, kini beberapa komputer telah dapat menjalankan salah stau fungsi tersebut seperti mampu menerima instruksi secara lisan. Yang kita kenal dengan sebutan Siri untuk sistem operasi iOS dan Google Voice pada android.

Banyaknya kemajuan dalam bidang teknologi memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima seprti HAL9000 dapat terealisasi. Kemajuan rekayasa yang utama adalah kemampuan pemrosesan paralel yang akan menggantikan model non Neumann.

Kemajuan lainnya adalah teknologi superkonduktor yang mampu membuat aliran listrik tanpa adanya hambatan. Kemajuan ini akan dapat mempercepat informasi.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

  1. Menggunakan LSI
  2. Fitur semakin banyak
  3. Kecepatan pemrosesan informasi meningkat
  4. DampakPerkembangan Komputer Untuk Manusia

Setiap perkembangan teknologi, pastinya menimbulkan dampak positif dan negatif. Perkembangan komputer sendiri telah mampu membantu meringankan banyak pekerjaan manusia.

Tidak hanya meringkankan pekerjaan manusia, perkembangan komputer kini juga mampu penyediakan sarana hiburan untuk semua kalangan. Video game yang dapat dimainkan oleh anak-anak hingga orang tua merupakan hasil dari perkembangan komputer.

Perkembangan sejarah komputer kini telah mampu masuk kedalam setiap aspek kehidupan kita. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.Sayangnya, dari semua kemudahan dan kesenangan yang didapatkan masyarakat, tak terlepas dari dampak negatif yang ditimbulkan.

Dalam penggunaannya, komputer memiliki beberapa dampak negatif dalam kehidupan sehari-hari. Dari dampak sosial masyarakat, hukum, pendidikan, juga kesehatan.

Lalu, apa dampak perkembangan komputer untuk manusia? Berikut ini uraiannya.

Pelajari juga: Virus virus komputer yang jinak

Aspek Sosial Masyarakat

Komunikasi merupakan peranan penting dalam kehiudpan manusia. Karena pada pada hakekatnya manusia merupakan makhluk sosial. Berkat perkembangan sejarah komputer kehidupan bersosialisasi pun semakin mudah.

Dahulu kita harus bertemu atau mengirim surat jika ingin berkomunikasi. Itupun memerlukan waktu yang cukup lama jika jaraknya jauh. Kini semuanya serba lebih cepat. Kita hanya perlu menelepon dan mnegirim pesan digital. Selain endengar suara, kita juga bisa melihat wajah orang tersebut.

Kemudahan yang diberikan menjadikan masyarakat antisosial atau yang biasa disingkat menjadi ansos. Ansos merupakan salah satu dampak negatif dari perkembangan sejarah komputer di era ini. Pengguna komputer tidak lagi peduli terhadap lingkungan sekitar dan lebih cenderung memprioritaskan komputer.

Semakin sering seseorang berinteraksi dengan komputer maka seseorang tersebut akan menjadi lebih jarang berinteraksi dengan lingkungannya.Sehingga kemampuan interpersonal dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal.

Selain ansos, dampak negatif lainnya adalah ketergantungan. Komputer dengan segala fiturnya yang ada membuat semua hal dapat dilakukan dengan benda tersebut tanpa melibatkan komunikasi secara langsung dengan orang lain. Dan melahirkan interaksi manusia dan komputer.

Mereka yang hidup ketergantungan dengan komputer, saat merasa dilanda stress pun mereka akan tetap menggunakan komputer. Misalnya saat kita stress karena pekerjaan, kita bisa mendesai sesuatu dengan software Photoshop. Atau saat ingin berkeluh kesah kita akan membuka Microsoft Word dan mulai mengetikkan sebuah cerita.

Padahal, meski hal tersebut baik untuk menyalurkan emosi, namun akan lebih baik jika kita menyalurkannya dengan lingkungan sekitar kita. Misalnya menghubungi teman lama, travelling, atau kegiatan lain yang tidak melibatkan komputer.

Hal ini membuat semakin banyaknya orang yang individualis.

Aspek Pendidikan

Nyatanya banyak perubahan dalam proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan yang dipengaruhi perkembangan sejarah komputer terlebih saat masyarakat sudah mulai mengenal internet.

Kini banyak pengajar yang memberikan tugas kepada muridnya untuk mencari informasi melalui internet. Hal tersebut akan menjadi baik karena siswa akan dapat memproses informasi jauh lebih mudah. Tetapi, kemudahan itulah yang menyebabkan kemalasan.

Siswa yang sudah merasa nyaman dengan komputer akan lebih memilih membuka internet daripada membuka buku. Didukung dengan beberapa aplikasi penyelesaian soal. Aplikasi ini akan menjadi dampak positif bila digunakan dengan semestinya.

Mereka yang sudah terlanjur malas akan mengandalkan aplikasi untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan pengajar. Hal tersebut akan membuat mereka untuk malas berpikir dan hanya ingin hasilnya saja.

Aspek Hukum

Perkembangan komputer membuat munculnya permainan virtual yang menyenangkan dan menghibur. Menghabiskan waktu disela-sela kegiatan dengan permainan pun menjadi keseruan tersendiri.

Hiburan pada komputer pun menjadi hal yang penting bagi sebagian orang. Hal ini membuat banyaknya aplikasi permainan yang dapat diunduh dengan mudah. Seseorang yang memiliki waktu senggang pun akan memainkan permainan yang ada di komputer.

Tetapi, ada beberapa permainan yang malah menunjukkan kekerasan. Anak-anak yang terlalu dini mengenal komputer pun bisa jadi ikut memainkannya. Terlebih mereka belum paham apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Yang mereka tahu hanya menyenangkan.

Dalam aspek hukum, dampak negatif dapat muncul dari banyaknya tindak kejahatan virtual. Penipuan marak bersamaan dengan banyaknya transaksi yang dapat dilakukan secara cepat melaui internet.

Aspek Ekonomi

Mobilitas yang tinggi membuat kita memerlukan alat berpindah tempat yaitu alat transportasi. Mobil, pesawat terbang, pesawat luar angkasa merupakan wujud dari perkembangan sejarah komputer.

Kini banyak kendaraan modern yang dilengkapi sistem komputer hingga penggunaan bahan bakarnya dapat diatur sampai tingkat efisien untuk perjalanan yang jauh sekalipun. Kontrol komputer yang tercanggih ada pada pesawat terbang dan pesawat luar angkasa.

Aspek Kesehatan

Berkat perkembangan sejarah komputer, banyak kegiatan penelitian yang terbantu. Dengan begitu banyak pula obat-obatan yang dibuat untuk menyembuhkan sebuah penyakit. Hal ini seharusnya membuat masyarakat jauh lebih sehat.

Tetepi, perkembangan sejarah komputer justru dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan pengguna komputer itu sendiri.

Mereka yang bekerja terlalu lama di depan komputer mempunyai resiko mengalami kaku otot dan perubahan bentuk tubuh. Tidak hanya itu, juga dapat menyebabkan nyeri pada bagian tubuh.

Tidak heran jika mereka yang bekerja terlalu lama dengan komputer akan mengeluhkan kesehatan yang semakin lama semakin menurun. Gejalanya pun bermacam-macam. Mulai dari nyeri punggung, migran, kesemutan, dan lain sebagainya.

Posisi tubuh saat menggunakan komputer pun perlu diperhatikan. Buatlah tubuh senyaman mungkin saat bekerja tetapi jangan lupakan pencahayaan ruangandan posisi peralatan komputer.

Jika ditelaah dari sejarah komputer, perkembangan sejarah komputer sangat pesat. Komputer generasi pertama yang diciptakan oleh Charles Babbage telah berkembang sangat signifikan. Dari awalnya yang menggunakan tabung vakum kemudian dikembangkan oleh beberapa ilmuwan hingga pada generasi keempat menggunakan microprosesor.

Komputer pertama yang memerlukan luas ruang 500m2 kini hanya berukuran segengaman tangan orang dewasa. Perubahan ini tentunya didukung oleh kebutuhan manusia yang semakin lama semakin kompleks.

Komputer yang dahulu hanya bisa menghitung penjumlahan dan pengurangan, kini dapat melakukan banyak hal. Mengetiikan jurnal, mendesain gambar, mengedit, bahkan hingga membuat program.

Dengan peran teknologi yang semakin canggih, dampak yang ditimbulkan pun mulai beragam. Meski banyak kemudahan yang didapatkan, tentunya hal tersebut selalu diikuti dampak negatif jika tidak digunakan dengan baik dan bijaksana.

Perlunya mengetahui perkembangan sejarah komputer menjadi tugas dari kita semua. Terutama untuk mengajarkan bagaimana menggunakan komputer atau teknologi yang lain dengan baik dan sesuai fungsinya. Maka dari itu tidak ada salahnya kita mempelajari sejarah komputer agar lebih tahu benda yang kita bawa.

Pelajari selanjutnya: cara mengembalikan fileyang terhapus di flashdisk

 

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *