Fungsi CD ROM

4 min read

fungsi cd rom

Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan komputer pasti tak asing lagi dengan istilah CD ROM. Dalam artikel ini kita akan membahas apa sih jenis dan fungsi CD ROM yang mungkin masih belum jelas bagi kamu yang awam akan dunia komputer.

Untuk menambah pengetahuan kamu semua mengenai CD ROM kita akan membahas tuntas pengertian dan fungsi CD ROM, mulai dari fungsi, cara kerja dan kemudian jenis-jenisnya yang mungkin kamu tidak ketahui sebelumnya.

Pengertian CD ROM

fungsi CD rom
Pengertian CD ROM

Kita akan mulai dulu dengan ROM. ROM yang merupakan singkatan dari Read Only Memory adalah perangkat keras atau hardware pada komputer yang berupa chip memori yang hanya bisa dibaca.

Berbeda dengan mesin RW yang berarti Re-Write, ROM belum memiliki kemampuan untuk dapat menulis atau menulis ulang data yang ada.

ROM pun berbeda dengan RAM (Random Access Memory) walaupun dua komponen ini sebenarnya memiliki kesamaan dapat diakses seraca random atau acak.

ROM sendiri memiliki sifat yang permanen dimana semua data yang disimpan didalam ROM tidak akan hilang atau berubah meskipun tidak ada daya listrik yang masuk ke CPU.

Ada beberapa jenis ROM seperti

  1. Mask ROM,
  2. PROM (Programmable Read Only Memory),
  3. EPROM (erasable programmable read only memory),
  4. EAROM (Electrically Alterable Read Only Memory) dan masih banyak lagi.

Sejatinya, bentuk awal ROM adalah sirkuit-sirkuit yang terpadu dan dengan menggunakan swtich transistor mengkodekan data secara fisik ke dalam rangkaian. Data di dalam ROM benar-benar hanya read only.

Itu tadi adalah sejarah ROM yang sangat mendasar. Selanjutnya kita akan masuk ke pengertian CD ROM. CD ROM dapat digunakan untuk membaca CD. Ingat, hanya membaca saja. Ada 2 tipe dari CD ROM ini yaitu:

  • ATA/IDE dengan kecepatan 100-133Mbps
  • SCSI dengan kecepatan 150Mbps

Baca juga: fungsi heatsink

Komponen CD ROM sendiri merupakan piringan berwarna perak. Cara membuatnya adalah dengan meletakkan selembar lapisan plastik yang kemudian disinari oleh sinar laser. Sinar laser itu kemudian akan membentuk lubang-lubang berukuran mikro.

Lubang-lubang mikro tadi akan membuat deretan kode yang berisi data. Kemudian lapisan plastik tadi akan ditutup dengan plastik cair yang tujuannya untuk melindungi dan sebagai pemantul. Sekilas cara membuatnya seperti membuat martabak.

CD-ROM yang beredar di pasaran saat ini biasanya terbuat dari polycarbonate atau resin yang dilapisi dengan permukaan yang sangat reflektif.

Lalu apa perbedaan CD dan CD ROM? Jadi CD ROM adalah mesin yang dapat digunakan untuk membaca CD. Itulah kenapa kita tidak bisa asal memasukkan CD ke mesin ROM karena semua sudah didesain dengan sangat kompatibel.

CD hanya dapat dibaca di CD-ROM begitu juga DVD hanya dapat dibaca di DVD-ROM. Semua komponen memilki tugas dan fungsi masing-masing.

 

Perbedaan Fungsi CD ROM dengan DVD ROM

Perbedaan Fungsi CD ROM dengan DVD ROM
Perbedaan Fungsi CD ROM dengan DVD ROM

DVD ROM hampir sama dengan CD ROM, bedanya kualitas film dan audio yang dimiliki oleh DVD biasanya lebih baik. Data yang dimiliki oleh DVD pun lebih banyak dan prosesnya lebih cepat dibanding dengan fungsi CD ROM.

 

DVD ROM memang memiliki keunggulan tersendiri, dimana dia dapat memainkan piringan atau disc DVD yang memiliki kapasitas yang lebih besar hingga 4GB.

 

Ada dua bagian yang sangat penting dalam DVD yaitu Physical Formats (Format Fisik) dan Application Format (Format aplikasi).

 

Format fisik yang dimaksud disini adalah seperti DVD ROM, DVD-R/RW, DVD+R/RW, dan DVD-RAM. Sedangkan format aplikasi adalah DVD video, DVD Audio, DVD Stream Recording dan Super Audio CD (SACD).

 

Selain itu, DVD juga memiliki format aplikasi yang dapat digunakan untuk games seperti Sony Play-Station 2 atau Microsoft Xbox.

 

Dari sini sudah tahu ya perbedaan keduanya dan tentunya memang tidak sama untuk fungsi dan cara kerjanya pada CPU atau komputer kamu.

 

Jika ingin menonton film atau membutuhkan gambar serta suara yang lebih tajam di komputer tentu kamu akan menggunakan DVD ROM namun jika hanya perlu mendengarkan musik, kamu bisa menggunakan CD-ROM.

Pelajari juga: fungsi processor

 

Fungsi CD-ROM

Fungsi CD-ROM
Fungsi CD-ROM

Fungsi CD ROM pada dasarnya adalah membaca data atau menulis data ke dalam CD. Ini berarti komputer dapat membaca CD yang memiliki data atau lagu di dalam komputer. Namun hanya membaca saja tanpa melakukan penulisan.

Selain sebagai mesin yang dapat membaca CD, CD ROM juga memiliki fungsi lain yang biasa digunakan untuk menginstal sebuah Operating System (OS) di dalam komputer. Biasanya berupa game ataupun software.

Dari fungsi inilah kita mengetahui apa sih sebenarnya fungsi CD ROM itu sebelum kita mengetahui lebih dalam lagi mengenai jenis-jenisnya.

 

Cara Kerja CD-ROM

Cara Kerja CD-ROM
Cara Kerja CD-ROM

Cara kerja CD-ROM ini sangat unik karena menggunakan teknik penyinaran. CD yang ada akan disinari oleh laser dioda dan setelah itu akan dipantulkan kembali.Nah untuk dapat memantulkan cahaya kembali, CD ini memiliki lapisan atas yang dapat memantulkan cahaya.

Untuk dapat membaca CD-ROM, maka alat yang diperlukan adalah CD Drive.Ketika sedang membaca sebuah CD, CD-ROM akan berputar dengan kecepatan sudut yang tinggi.

Itulah kenapa pola yang dicetak di dalam CD harus memiliki presisi yang tinggi karena bila tidak maka data yang disimpan akan salah atau terjadi penyimpangan.

CD-ROM biasanya memiliki 4 buah bagian yaitu:

  • Label
  • Protective layer
  • Reflective layer
  • Polycarbonate plastic

Pada masa sekarang ini CD-ROM sudah banyak mengalamiperkembangan sehingga memungkinkan CD untuk dapat ditulis ulang berulang kali yang disebut dengan CD-RW (CD Rewrite).

Belajar juga: Cara remote desktop

Jenis CD-ROM

Sejak tahun 1983 sejarah CD-ROM sudah banyak berubah sejak ia pertama kali diciptakan. Diinformasikan bahwa biasanya CD ROM dapat menyimpan hingga 600MB meskipun saat ini sudah meningkat ke ukuran Gigabyte.

Berikut adalah jeni-jenis CD-ROM yang beredar di pasaran:

  • TDK Veldoc

TDK merupakan produsen CD-ROM yang baru di beberapa tahun belakangan ini. Namun teknologi yang ditawarkan sudah tergolong mutakhir.

Kemampuan CD-ROM yang dimiliki TDK dapat membaca 16x. Dan untuk CD-RWnya dapat mencapai kecepatan menulis 9x dan membaca 40x.

Hal ini tergolong cepat untuk ukuran produsen CD-ROM yang baru muncul di pasaran. Animo masyarakat pun lumayan banyak akan kehadiran di CD-ROM TDK Veldoc ini.

 

  • Hewlett Packard

Merupakan salah satu produsen CD-RW tertua di dunia, Hewlett Packard kini memprodukasi HP Surestore.

Hewlett Packard
Hewlett Packard

Saat ini Hawlett Packard memiliki kecepatan pembacaan di angka 8x dan tulis 4x. Dibandingkan dengan TDK mungkin Hawlett Packard terlihat lebih lambat, namun brand yang satu ini tetap banyak peminatnya.

 

  • Optical Disk

Jenis terakhir adalah Optical Disk. CD-ROM yang satu ini memang kurang populer di kalangan pengguna karena harganya yang mahal. Bentuknya menyerupai laser disk dan didesain modern.

Namun tidak banyak pengguna yang mau menggunakan CD-ROM tipe ini di pasaran karena mahal.

Optical Disk
Optical Disk

Mengerti ilmu komputer memang tidak ada habisnya apalagi di masa yang sudah sangat modern ini. Perkembangan komputer yang begitu pesat membuat kita juga mau tidak mau harus mengikutinya supaya tidak ketinggalan dengan teknologi yang ada.

Demikian informasi mengenai jenis dan fungsi CD ROM bagi kamu semua. Semoga informasi yang diberikan berguna ya.

 

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *