Aplikasi Edit Foto di Komputer

4 min read

aplikasi edit foto di komputer

Di jaman yang serba canggih ini, pasti kalian semua sudah tidak asing lagi dengan photo editing. Apalagi sekarang sudah banyak beredar macam-macam aplikasi edit foto di komputer. Ada yang berbayar maupun bisa diunduh secara gratis untuk pemuladan professional.

Terutama untuk mereka yang bekerja di bidang design. Jelas butuh banget software yang serba komplit. Foto yang biasa pun bisa berubah jadi foto yang sedap dipandang. Udah bukan masalah lagi kalo mau foto pake kamera hp. Semua bisa diatasi dengan kumpulan software yang memang diciptakan untuk itu.

Selain mengedit foto, beberapa aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendesain logo dan poster. Banyak fitur yang disediakan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan kalian.

Terlampau banyaknya aplikasi, seringkali kita jadi bingung aplikasi mana yang cocok untuk di download. Nah,supayatidak bingung lagi, kali ini kami akan berikan beberapa referensi aplikasi edit foto di komputer yang paling banyak digunakan.

1. Aplikasi edit foto di Komputer dengan Adobe Photoshop

aplikasi edit foto di komputer
MacRumors

Tidak ada yang tidak kenal dengan aplikasi edit foto yang satu ini. Adobe photoshop merupakan aplikasi edit foto di pc yang paling banyak digunakan semua kalangan. Mulai dari pemula hingga professional. Dengan tampilannya yang mudah digunakan, tidak heran aplikasi ini menjadi aplikasi edit foto terbaik.

Meski termasuk salah satu aplikasi yang berbayar, dengan kepopulerannya, di internet sudah banyak beredar aplikasi bajakannya yang dapat di download gratis.

Setiap tahunnya aplikasi ini semakin berkembang dengan berbagai versi. Mulai dari versi CS hingga CC. Tidak hanya bisa mengedit foto atau mengganti background,  Adobe Photoshop juga bisa digunakan untuk membuat poster, banner, dan karikatur.

Selain photoediting, software ini juga mampu membuat gambar bergerak seperti plotagraf dan juga gift dari sebuah foto saja. Aplikasi ini dapat memenuhi kreasimu.Tidak hanya untuk windows, aplikasi ini juga tersedia untuk para pengguna mac.

2. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom
Fstoppers

Untuk mereka yang suka bermain dengan warna, Adobe Lightroom jawabannya. Kelebihan dari aplikasi ini sendiri ada pada detail warnanya. Berbeda dengan Adobe Photoshop, aplikasi ini tidak dapat berkreasi dengan bentuk (memanipulasi foto).

Meskipun begitu, aplikasi ini juga termasuk aplikasi yang  banyak digandrungi. Selain sudah ada preset yang disediakan, kamu juga bisa membuat presetmu sendiri lalu menyimpannya. Sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot menyamakan warna dengan foto yang pernah kamu buat.

Dengan Adobe Lightroom dapat dilakukan proses pengambilan gambar dan tranfer file secara live menggunakan usb yang sudah tersambung dengan kamera. Seperti yang dilakukan para fotografer professional jika sedang melakukan sesi pemotretan di studio. Dengan begitu akan mendapatkan hasil lebih cepat.

Jika biasanya kita hanya bisa melakukan pengeditan dengan satu foto, di Adobe Lightroom kita bisa melakukan pengeditan sekaligus. Tentunya dengan syarat foto tersebut memiliki komposisi yang sama. Hal ini membuat Lightroom lebih efisien.

Berbeda dengan Adobe Photoshop, Adobe Lightroom mampu membuka file dengan extention RAW tanpa plug in. Aplikasi ini dapat di dowload free.

3. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator
Adobe Illustrator

Kalian yang hobi design pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Ya, keluarga Adobe lainnya yang cukup terkenal di kalangan para design grafis adalah Adobe Illustrator.

Adobe Illustrator memiliki fungsi sama dengan CorelDraw. Bedanya, jika CorelDraw tidak menggunakan layer, Adobe Illustrator menggunakan layer seperti Adobe Photoshop. Hal ini memudahkan designer untuk menghapus bagian tertu saja.

Berbeda dengan Adobe Photoshop. Jika Adobe Photoshop menghasilkan gambar berbasis pixel, Adobe Illustrator menghasilan gambar berbasis vektor. Dengan begitu maka gambar yang dihasilkan pun jauh lebih tajam dengan resolusi lebih besar.

Karena berbasis vektor, aplikasi ini cocok digunakan untuk mendesain logo, poster, banner, bahkan membuat karikatur sekalipun. Tools yang beragam membuat aplikasi ini menjadi standar untuk mendesain skala professional. Gambar yang dihasilkan tidak akan pecah jika di cetak ukuran besar.

Tetapi, meskipun banyak kelebihan dari aplikasi ini, tidak banyak tempat percetakan yang paham dan menguasainya. Karena Adobe Illustrator mempunyai banyak fitur hingga dianggap tidak user friendly.

4. CorelDraw

CorelDraw
CorelDraw

Aplikasi Edit Foto di Komputer berbasis vektor ini lebih dikenal masyarakat Indonesia karena fiturnya yang mudah untuk digunakan. Tampilannya yang ramah memudahkan pemula untuk belajar. Didukung dengan shortcut yang mudah dihafal.Selain fiturnya yang mudah, aplikasi ini juga ringan digunakan semua sistem operasi komputer.

Kalau kalian baru mulai belajar design, aplikasi ini yang cocok untuk kalian. Dengan bantuan menu hints yang dapat memunculkan tutorial singkat,kalian tidak perlu repot membuka video tutorial. Hal ini membuat aplikasi ini lebih banyak dikenal daripada Adobe Illustrator yang terkenal lebih kompleks dan belum banyak tutorial yang beredar.

Jika Adobe Illustrator tidak bisa membuka file berformat CDR. CorelDraw dapat membuka file berformat AI. Itulah sebabnya banyak percetakan yang lebih memilih menginstall aplikasi CorelDraw daripada Adobe Illustrator.

Meskipun begitu, CorelDraw memiliki beberapa kekurangan. Karena aplikasinya yang ringan, aplikasi ini terbilang lambat dalam memproses gambar. Selain itu, fiturnya tidak selengkap Adobe Illustrator. Meskipun begitu, CorelDraw dapat digunakan untuk windows dan mac

5. Photoscape

Photoscape

Berbeda dengan beberapa aplikasi diatas yang berbayar, aplikasi ini berlisensi freeware. Jadi aman digunakan dimanapun dan kapanpun.

Photoscape tergolong Aplikasi Edit Foto di Komputer yang mudah digunakan karena fiturnya yang terbatas. Disertai beberapa filter instant yang sudah tersedia membuat mengedit foto jadi menyenangkan. Cukup satu kali klik foto kalian akan terlihat lebih bagus.

Photoscapehanya dapat mengedit foto sebatas pencahayaan, efek, dan transformasi. Meskipun begitu Photoscape menghasilkan foto yang cukup bagus dengan resolusi yang kecil. Melakukan cropping dan resize pun jauh lebih cepat kalau dibandingkan dengan Adobe Photoshop.

Photoscape menyediakan beberapa fitur seperti, mengedit warna dan efek pada foto, membuat kolase dengan layout yang sudah tersedia, membuat gif dan screenshot.

Memory yang rendah membuat Photoscape ringan diinstall semua komputer dan laptop bahkan notebook. Aplikasi ini hadir sebagai solusi mereka yang ingin mengedit foto dengan memory yang ringan. Tapi sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk windows.

Aplikasi semua ini, semata mata untuk memudahkan kita (manusia) berinteraksi dengan kinerja lebih efisiensi dari semua pandanga, efesiensi waktu dll.

6. GIMP

aplikasi edit foto di komputer GIMP

GIMP termasuk salah satu aplikasi freeware. Berbeda dengan Photoscape, GIMP bahkan hampir setara dengan Adobe Photoshop. Maka dari itu Aplikasi Edit Foto di Komputer ini sangat direkomendasikan untuk para designer dan fotografer.

Selain mampu mengedit foto dengan beberapa efek, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendesain logo. Banyak plug-ingratis menjadikan aplikasi edit foto yang satu ini andalan semua kalangan.

Aplikasinya yang ringan membuat GIMP dapat digunakan di komputer yang spesifikasinya rendah. Meskipun begitu, aplikasi ini dapat menerima semua jenis file foto atau gambar.

Aplikasi ini tersedia untuk semua sistem operasi seperti windows dan mac.

7. DxO Photolab

DxO Photolab

Aplikasi Edit Foto di Komputer terakhir yang kami rekomendasikan untuk kalian mengedit di komputer secara professional adalah DxO Photolab. Fitur pada aplikasi satu ini cukup rumit. Hingga membuat para pemula kebingungan.

Mereka yang terbiasa melakukan photo editing akan merasa puas dengan DxO Photolab. Aplikasi ini didukung gengan fitur yang mumpuni dengan berbagai tools tambahan membuat hasil foto kalian lebih tajam.

Itulah 7 aplikasi edit foto di komputer yang kami rekomendasikan untuk kalian yang pemula maupun professional. Semoga tidak memberatkan sistem komputer kita, Tinggal pilih saja mau yang berbayar atau gratis diunduh. Nah, jadi gimana nih? Sudah tahu bakalan install aplikasi yang mana?

Troubleshooting Jaringan

Sabi
3 min read

Troubleshooting Hardware

Sabi
3 min read

Cara Membuat Aplikasi Komputer

Sabi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *